Minggu, April 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Koleksi Mobil dan Motor Gibran, Cawapres 2024!

by Firdaus Ali
Koleksi mobil dan motor Gibran

Koleksi mobil dan motor Gibran menarik untuk dibahas. Sebab pemuda asal Kota Solo ini sedang ramai dibicarakan karena sebagai calon Wakil Presiden 2024.

Sebelum membahas lebih jauh koleksi mobil dan motor Gibran, ada baiknya kita sedikit mengulas profil karirnya sebagai anak Presiden Jokowi.

Gibran Rakabuming Raka atau Gibran Raka merupakan Wali Kota Solo periode masa jabatan 2021-2024. Pria kelahiran Surakarta, 1 Oktober 1987 ini merupakan anak pertama dari tiga bersaudara pasangan Joko Widodo dan Iriana.

Pendidikan terakhirnya di Management Development Institute of Singapore pada 2007 dan Insearch di University of Technology Sydney (UTS Insearch), Australia pada  2010.

Kembali ke Indonesia, Gibran membuka usaha kuliner dan startup. Untuk karier di organisasi, Gibran pernah menduduki jabatan sebagai Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo. Selain itu, dia juga didapuk sebagai Komisaris PT Rakabu Sejahtera.

Pada 2020, secara mengejutkan Gibran memulai karier politiknya. Dia mendaftarkan diri sebagai anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di kantor dewan pimpinan cabang (DPC) Solo untuk mencalonkan diri sebagai Walikota Solo.

Tahun 2021 Gibran resmi dilantik sebagai Walikota Solo. Kemudian 22 Oktober kemarin Gibran resmi dicalonkan sebagai Wakil Presiden 2024 mendampingi Prabowo Subianto.

Dengan perjalanan karir politik yang cukup singkat dan cemerlang, apakah koleksi mobil dan motornya juga spektakuler? mari kita simak bahasan lengkap koleksi mobil dan motor Gibran berikut ini.

Koleksi Mobil dan Motor Gibran

Koleksi mobil dan motor Gibran

Koleksi mobil Gibran

Pertama akan kita ulas terlebih dahulu koleksi mobil dari calon Wakil Presiden 2024 ini. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), per 30 Januari 2023, Gibran memiliki 4 mobil dan 3 sepeda motor, yaitu:

Toyota Avanza 2012 dan 2016

Koleksi mobil pertama Gibran adalah Toyota Avanza lansiran 2012 dan 2016. Kedua mobil sejuta umat itu ditaksir harga Rp 60 juta dan Rp 90 juta.

Avanza memang mobil yang diminati semua kalangan, sebab kualitas mesin yang sudah teruji, kapasitas penumpang bisa 7 orang dan harga suku cadang yang murah menjadi daya tariknya. Selain itu, konsumsi BBM Avanza juga tergolong efisien.

Isuzu Panther 2012

Selanjutnya, putra sulung Jokowi ini juga punya Isuzu Panther lansiran 2012 yang ditaksir Rp 70 juta. Mobil ini mashur dengan durability mesin dieselnya serta irit konsumsi BBM nya.

Isuzu Panther mengadopsi mesin diesel 2.500 cc Turbo Diesel OHV direct injection. Di atas kertas, tenaganya mencapai 78 PS di 3.900 rpm. Kemudian untuk torsi puncaknya mencapai 182 Nm pada putaran mesin 1.800 rpm.

Daihatsu GranMax 2015

Koleksi mobil dan motor Gibran selanjutnya ada Daihatsu GranMax lansiran 2015 yang ditaksir harga Rp 60 juta. Lagi-lagi, koleksi mobil Gibran sama halnya dengan yang banyak dipakai orang pada umumnya, alias tidak ada yang spesial. Mungkin mobil ini dibeli untuk mendukung kebutuhan usaha kulinernya saat itu.

Daihatsu GranMax memang banyak diperuntukan untuk usaha, sebab dimensinya yang cukup bongsor. Diketahui GranMax punya panjang 4.045 mm, lebar 1.665 mm dan tinggi 1.900 mm.

Selain punya dimensi yang cukup luas, kelebihan Daihatsu GranMax adalah pakai pintu geser. Sehingga ini memudahkan untuk keluar masuk orang atau barang bawaan.

Mitsubishi Pajero Sport 2016

Dari deretan koleksi mobil Gibran, Pajero Sport yang punya harga paling mahal dan didukung dengan fitur yang modern. Selain tentunya punya tampilan yang gagah. Pajero Sport milik Gibran ini ditaksir harga oleh LHKPN senilai Rp 350 juta.

Mitsubishi Pajero Sport punya mesin diesel yang tangguh serta didukung fitur yang modern. Racikan mesin, kaki-kaki dan fiturnya menghasilkan mobil ini siap diajak kemana saja.

Koleksi Motor Gibran

Koleksi mobil dan motor Gibran

Koleksi motor Gibran

Selain mobil, Gibran juga punya koleksi sepeda motor. Beberapa diantaranya dimodifikasi oleh bengkel Katros Garage. Ini koleksinya:

Royal Enfield 500

Salah satu sepeda motor Gibran adalah Royal Enfield 500 lansiran 2014 dengan taksiran Rp 40 juta. Motor ini dimodifikasi oleh Katros Garage dengan gaya Bobber.

Adapun ubahannya dibagian lampu utama, setang, spion, footstep depan, jok, ban, knalpot serta spakbor depan dan belakang. Untuk ban menggunakan merek Shinko dengan ukuran 110/80 di bagian depan dan 130/90 di belakang.

Honda CB125

Koleksi motor Gibran berikutnya ada Honda CB125 lansiran 1974 yang ditaksir Rp 5 juta. Motor jadul ini juga dimodif oleh Gibran melalui bengkel custom Rich Richie Ride and Garage (RRRG) Works di Jalan Brigjen Katamso, Solo, Jawa Tengah.

Modifiaksinya cukup ekstrim, CB125 klasik ini diubah menjadi gaya caferacer. Dengan kata lain, mendapatkan perombakan total. Mulai dari bodi, rangka hingga kelistrikannya.

Menariknya, Honda CB125 milik Gibran ini juga pernah dipamerkan di beberapa ajang otomotif salah satunya di Indonesia International Motor Show (IIMS) beberapa waktu lalu.

Honda Scoopy

Selanjutnya ada Honda Scoopy lansiran 2015 dengan taksiran Rp 7 juta. Diantara yang lain, hanya Scoopy ini yang dibiarkan standar alias tidak dimodifikasi.

Honda Scoopy punya tampilan yang trendy dengan mesin 110 cc eSP. Skutik ini diklaim punya tenaga 8,7 PS pada 7.500 rpm dan torsi puncak 9,1 Nm pada putaran mesin 6.000 rpm.

Moladiners, itulah ulasan mengenai koleksi mobil dan motor Gibran. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

 

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika