oleh

7 Aliran Modifikasi Mobil di Indonesia

Banyak macam aliran modifikasi mobil di Indonesia. Mungkin salah satunya menjadi acuan kamu dalam merubah tampilan kendaraan agar makin keren.

Modifikasi mobil sendiri adalah merubah desain kendaraan pada eksterior atau interior, baik kecil maupun besar yang membuat kondisinya berbeda dari sebelumnya.

Kegiatan modifikasi berjalan mengikuti perkembangan jaman dan teknologi. Misalnya pada era pandemi yang sempat bergulir dua tahun kemarin.

Menurut Andre Mulyadi, Founder National Modificator and Aftermarket Association (NMAA), justru dengan adanya pandemi ada beberapa tren menarik.

Salah satunya industri hobby modifikasi sempat beralih sejenak ke modifikasi plug and play, yang bisa disematkan sendiri di rumah, dan tentunya fungsi menjadi sektor utama ubahan modifikasi.

“Contoh modifikasi lampu, tidak hanya look yang dikejar tapi function. Alhasil beberapa workshop seperti Market Leader modifikasi lampu, Yoong Motor, mendapatkan terobosan dan menjadi pandemi winner dengan ide dan konsep baru yg dibuatnya,” kata Andre pada saar dihubungi Moladin Senin (29/11/2021).

Yup, modifikasi mobil memang selalu menelurkan ide kreativitas-kreativitas baru yang tidak ada habisnya. Hal ini tentunya  menghasilkan kesenangan dan kepuasan tersendiri bagi penyuka otomotif.

Selain itu, banyak aliran-aliran modifikasi yang bisa kamu pilih, berdasarkan model kendaraan dan aliran modifikasinya. Di Indonesia sendiri, menurut Andre, aliran modifikasi yang masih digandrungi saat ini, adalah aliran modifikasi yang proper.

Baca juga  5 Model Bodykit Honda Civic FD yang Paling Keren!

“Artinya tepat guna sesuai fungsi dan dapat digunakan sehari-hari. Misal stance (with airsus), street racing, dan beberapa modifikasi alto look juga sedang disenangi, tapi semuanya adalah modifikasi yg diawal disampaikan, yang bisa digunakan sehari-hari dan tidak merepotkan pengguna,” tambah Andre.

Nah selain yang disebutkan Andre di atas, ada beberapa aliran modifikasi lain yang bisa kamu jadikan referensi. Berikut ulasannya.

1. Sleeper Car

Aliran Modifikasi Mobil
Modifikasi jenis ini memang fokus di mesin, dan tidak meninggalkan ciri tampilan standarnya, yang terlihat tenang tapi sebenarnya beringas.

Sesuai seperti namanya, sleeper car atau mobil tidur. Modifikasi jenis ini menarik, karena pada umumnya tidak mau menonjolkan bagian body dan interior. Semuanya dibiarkan terlihat standar pabrikan. Atau hanya ada sedikit ubahan untuk mendukung performanya.

Namun jika dilongok mesinnya, memiliki ubahan banyak. Semua itu ditujukan untuk membuat tenaganya jauh lebih beringas di banding mobil tampilan standar lainnya. 

Modifikasi jenis sleeper car ini memang fokus di mesin, dan tidak meninggalkan ciri tampilan standarnya, yang terlihat tenang tapi sebenarnya punya performa gila. Aliran modifikasi lumayan digemari, terutama anak muda enthusias kecepatan.  

2. Stance with Air Suspension

Aliran Modifikasi Mobil
Stance berfokus hanya di sektor kaki-kaki. Adanya ubahan pada body hanya pemanis.

Berbeda dengan aliran modifikasi mobil sebelmunya, stance punya beberapa perbedaan. Ciri khasnya ground clearance yang dibuat serendah-rendahnya. Ubahan ini berfokus pada bagian kaki-kaki mobil, yaitu shock, velg dan ban.

Baca juga  Modifikasi Mitsubishi Pajero Sport 'Berwajah' Alphard, Tampil Beda

Walaupun mobilnya dimodif ceper, tetapi tetap aman digunakan karena masih mengunakan air suspension yang bisa dipakai untuk menyesuaikan kondisi jalan. Seperti yang dikatakan Andre, aliran stance harusnya tepat guna dan bisa digunakan sehari-hari.

3. Camber

Aliran Modifikasi Mobil
Kemiringan pemasangan ban dan pelek pada modifikasi camber sengaja diciptakan dengan menyetel sudut-sudut geometri roda (wheel aligment).

Sedikit berbeda dengan stance, kalau aliran modifikasi mobil camber lebih ekstrim lagi, namun tetap di sektor kaki-kaki. Pada modifikasi camber, umumnya kaki-kaki mobil terlihat khususnya roda keluar dari fender serta posisi velg dan ban terlihat miring.

Kemiringan ini sengaja diciptakan dengan menyetel sudut-sudut geometri roda (wheel aligment). Ukuran fender body mobil di costum lebih lebar yang dinamakan wide body untuk menutup roda offset.

4. Street Racing

Aliran Modifikasi Mobil
ilustrasi aliran modifikasi street racing

Aliran modifikasi mobil berikutnya adalah street racing. ini menjadi tren di kalangan anak muda pecinta kecepatan. Ciri khas modifikasi Street Racing terlihat sangat sporty didesain menyerupai mobil balap touring sirkuit.

Menariknya aliran modifikasi mobil street racing juga bisa digunakan untuk harian. Mobil ini dibangun dari model kendaraan, yakni sedan, hatchback, MPV dan SUV.

5. VIP

Aliran Modifikasi Mobil
Ubahan yang dilakukan pada aliran modifikasi tersebut misalnya menambah interior dengan mini bar, TV berukuran besar, hingga sentuhan jok mewah.

Modifikasi jenis VIP banyak dilakukan untuk tipe mobil premium seperti Alphard, Mercedes-Benz, BMW. Intinya modifikasi ini adlah membuat mobil semakin mewah. Baik dinterior ataupun eksterior.

Baca juga  5 Rekomendasi Knalpot Mobil Racing Terbaik, Awas Salah Pilih

Ubahan yang dilakukan pada aliran modifikasi tersebut misalnya menambah interior dengan mini bar, TV berukuran besar, hingga jok yang mewah.

Umumnya velg mobil untuk aliran VIP memakai velg ukuran inch yang besar dan berwarna crome kinclong dengan profil ban tipis agar tampil mencolok

6. JDM, Aliran Modifikasi Mobil Khas Jepang

Aliran Modifikasi Mobil
Aliran modifikasi JDM mempunyai ciri khas, yaitu menggunakan komponen, sparepart dan aksesories pendukung lainnya yang berasal dari Jepang.

Aliran modifikasi mobil yang selalu banyak penggemarnya adalah Japanese Domestic Market (JDM). Karena aliran jenis ini sangat nyaman digunakan sehari-hari.

Tidak perlu terlihat ekstrim untuk mengubah mobil jadi beraliran JDM style. Ciri khasnya yaitu menggunakan komponen, sparepart dan aksesories pendukung lainnya yang berasal dari Jepang.

Selain itu, biasanya body dibuat lebih berwarna dan terlihat simpel dan bersih. Terdapat pula stiker-stiker ala Jepang untuk mempertegas aliran tersebut

7. Hot rod

Aliran Modifikasi Mobil
Ilustrasi aliran modifikasi mobil Hot Rod

Aliran modifikasi mobil berikutnya adalah Hot rod. Modifikasi ini umumnya dilakukan oleh mobil-mobil classic berkapasitas mesin besar buatan Amerika dan Australia.

Misal pada mobil Holden, aliran Hot rod umumnya menonjolkan mesin big block yang berada di atas kap mesin dengan velg berwarna chrome dipadu ban berukuran besar bulat yang dibuat keluar dari bodi.

Demikian ulasan dari Moladin.com terkait ragam aliran modifikasi mobil yang marak di Indonesia. Terkait bocoran tren modifikasi tahun depan, Andre Mulyadi mengatakan akan tetap seperti tema tahun ini.

“Modifikasi proper yang tepat guna, daily use dengan berbagai turunannya: street racing, stance dan ubahan sektor performa juga menjadi sektor modifikasi favorite ke depan,” tutup Andre.

Terbaru