oleh

All New Honda Civic Type R Prototype, Kapan Rilis ?

All New Honda Civic Type R Prototype siap diperlihatkan ke masyarakat umum untuk pertama kali. Dikatakan Honda dalam keterangan resminya, mobil sport ini akan tampil pertama kali ke publik pada event Tokyo Auto Salon (TAS), di Makuhari Messe, Jepang pada 14 -16 Januari 2022.

Sebelumnya, Honda telah melakukan pengujian pada All New Honda Civic Type R Prototype 2022 di Sirkuit Suzuka. Sayangnya terkait hasil performa masih dirahasiakan hingga sekarang.

Beberapa sumber menyebutkan, kemungkinan besar All New Honda Civic Type R Prototype akan diproduksi massal pada tahun 2023. Sedangkan saat ini progresnya, unit mobil berperforma tinggi tersebut masih dalam pengembangan dan penyempurnaan.

Honda membocorkan akan terus memangkas bobot pada bagian parts-parts dan suku cadang yang lebih ringan dan aerodinamis, serta pengaturan khusus untuk suspensi.

Civic Type R Pernah Pecahkan Rekor Kecepatan

All New Honda Civic prototype
All New Honda Civic Type R generasi sebelumnya.

Pada generasi sebelumnya, All New Honda Civic Type R pernah memecahkan rekor sebagai mobil penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD) tercepat di Sirkuit Suzuka, Jepang pada tahun 2020.

Baca juga  BMW M5 Competition 2021 Resmi Masuk Indonesia

Sedan tersebut berhasil mencatatkan waktu 2 menit 23.993 detik untuk melahap satu putaran Sirkuit Suzuka. Rekor yang diperoleh ini mengalahkan catatan waktu sebelumnya, yang diraih Renault Megane RS Trophy-R.

Sedangkan di November sebelumanya (2019), di sirkuit yang sama dengan dikemudikan oleh pembalap Laurent Hurgon, Renault Megane RS Trophy-R berhasil menjadi mobil FWD tercepat dengan waktu 2 menit 25.454 detik.

“Rekor baru ditetapkan pada bulan Februari 2020, selama tes kinerja akhir Type R. Saat memecahkan rekor, Type R Limited Edition dikendarai oleh pembalap Super GT Series Takuya Izawa dengan mobil yang memiliki spesifikasi untuk pasar Eropa,” kata seorang juru bicara Honda.

Khusus versi spesifikasi Eropa, mobil ini dibekali pelek alloy BBS ukuran 20 inci. Lalu agar bobotnya semakin ringan, Honda juga menghilangkan wiper belakang, head unit dan sistem pendingin udara (AC).

Terkait mesin, jika berkaca pada model sebelumnya atau Civic Type R Limited Edition dibekali mesin empat silinder VTEC Turbo 2.000 cc. Jantung pacu ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 316 dk pada 6.500 rpm dan torsi 400 Nm dari 2.500 hingga 4.500 rpm.

Baca juga  Sejarah Honda Civic di Indonesia, Sudah 11 Generasi!

Pastinya untuk Civic Type R terbaru atau All New Civic Type R akan lebih buas lagi. Entah itu pakai mesin baru, atau hanya mengurangi bobot.

Bicara pejualan ke depannya, diprediksi mobil sport terbaru tersebut juga akan dijual terbatas. Seperti tahun sebelumnya, Honda membatasi penjualan hanya 1.000 unit Type R Limited Edition. Negara yang paling banyak mendapat jatah adalah Amerika Serikat, dengan alokasi 600 unit.

Mobil hatchback ini memang laris diburu penggemarnya, bahkan di Kanada, sebanyak 100 unit ludes hanya dalam waktu empat menit. Di Indonesia, generasi terakhir dari All New Honda Civic Type R dijual dengan harga on the road Rp 1,1 miliar lebih.

Demikian ulasan terkait All New Honda Civic Type R Prototype 2022. Simak terus Moaldin.com untuk ulasan terbaru otomotif.

Terbaru