by

3 Kelebihan Honda City Hatchback RS Dibanding Kompetitor

Bicara soal kelebihan Honda City Hatchback RS, mobil pengganti Jazz di Indonesia ini memang punya spesifikasi yang istimewa. Tidak hanya dari sisi desain, tapi juga performa mesin, hingga fitur.

Semuanya dirancang untuk melebihi Jazz sebagai pendahulunya. Kelebihan mobil hatchback tersebut juga dibuat dengan data, hasil dari survey pabrikan berlogo H ke masyarakat Tanah Air.

“Kami telah mempelajari kebutuhan dari konsumen muda hatchback dan berupaya keras dalam mengembangkan mobil yang sporty, stylish, dan sekaligus fungsional untuk memenuhi gaya hidup dari penggunanya,” kata President Director PT Honda Prospect Motor, Takehiro Watanabe saat peluncuran virtual, Rabu (3/3/2021).

Tidak ketinggalan, dalam membahas keunggulan ini kami juga menyertakan beberapa kompetitor seperti Toyota Yaris dan Mazda2 agar pembahasannya lebih komprehensif.

Buat kamu yang ingin tahu lebih detail soal kelebihan Honda City Hatchback RS, simak tulisan di bawah:

1. Desain Sporty yang Serba Hitam

Kelebihan Honda City Hatchback
Tampilan sporty dan serba hitam pada Honda City Hatchback RS jadi ciri khas

Hadir sebagai pengganti dari Honda Jazz, pada Honda City Hatchback RS ini sudah dibekali dengan desain yang atraktif dan sporty. Secara desain, pada tampilan depan mobil ini tampil agresif berkat adanya lampu depan yang meruncing.

Ditambah dengan grill yang kini lebih besar juga memberikan kesan yang sporty namun tegas. Hal tersebut juga terintegrasi dengan pengadopsian sistem penerangan yang semuanya mengandalkan LED.

Baca juga  Spesifikasi Honda BR-V Terbaru, Canggih!

Spesifikasi dimensinya juga memanjang dan melebar. Di atas kertas, panjangnya 4.349 mm, lebar 1.748 mm, tapi atapnya dibuat lebih rendah, kini 1.488 mm. Kalau dibandingkan dengan kompetitor, bodinya paling bongsor. Alhasil kabin juga terasa semakin lega. Inilah salah satu kelebihan Honda City Hatchback RS.

Tidak selesai di sana, Honda City Hatchback RS juga punya tampilan beda. Ada berbagai aerokit eksklusif khas tipe RS. Sebut saja Rear Bumper with Diffuser, Fog Garnish, Front Bumper, dan Lower Mesh Grille. Menariknya lagi, aerokit tersebut telah melewati pengujian terowongan angin oleh Honda Research & Development di Sakura, Jepang yang juga mengembangkan Formula-1.

Kemudian penggunaan pelek warna hitam pun jadi keistimewaan tersendiri. Pasalnya kompetitor seperti Yaris dan Mazda2 masih mengandalkan gaya pelek two tone. Cat hitam menghiasi juga beberapa komponen di eksterior mobil, sebut saja grille, lampu kabut, spion, shark fin antenna, dan lain-lain. 

Soal pilihan warna bodi, totalnya ada 6: Phoenix Orange Pearl, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Platinum White Pearl, dan Meteoroid Gray Metallic. 

2. Mesin Jadi Kelebihan Honda City Hatchback RS

kelebihan honda city hatchback rs
Performa mesin terbaru DOHC 1.500 cc milik City Hatchback RS merupakan yang terbaik di kelasnya

Kelebihan Honda City Hatchback RS yang pertama adalah performa mesin. Bicara mengenai jantung mekanis, mobil ini mendapat banyak revisi dibanding Jazz. 

Baca juga  Ini Alasan Mesin Honda City Hatchback RS Tanpa Turbo

Sekarang hadir dengan mengadopsi mesin bensin empat silinder berkapasitas 1.5 liter DOHC, tidak lagi SOHC. Dari mesin tersebut, tenaga yang mampu dihasilkan adalah 121 PS pada 4.300 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 6.600 rpm.

PT Honda Prospect Motor mengklaim bahwa torsi dan tenaga yang dihasilkan tersebut, menjadi yang terbesar untuk segmen hatchback di Indonesia. Tidak percaya? 

Coba saja bandingkan dengan mesin Toyota Yaris yang cuma bisa melontarkan torsi 140,2 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga 107 PS pada 6.000 rpm. Kemudian Mazda2 cuma bisa mengeluarkan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga 110 PS pada 6.000 rpm.

3. Fitur Remote Engine Start & 8 Speaker

kelebihan honda city hatchback rs
fitur unggulan bisa menghidupkan mesin dan AC melalui remote

Dengan segmentasi yang menyasar anak muda, maka PT Honda Prospect Motor sudah membekali Honda City Hatchback RS ini dengan beragam fitur mumpuni. Salah satu yang ditonjolkan adalah adanya remote engine start.

Berbekal remote  pintar ini, konsumen bisa langsung menyalakan mesin dan menyalakan AC melalui remote tersebut. Alhasil ketika masuk ke dalam kabin, sudah terasa sejuk.

Kehadiran remote engine start disebut sebagai kelebihan Honda City Hatchback RS, lantaran belum dipunya oleh Toyota Yaris dan Mazda2. Di mobil berlogo H sendiri, fitur itu sudah ada di Honda Accord dan Honda CR-V 2021.

Baca juga  Mobil Konsep Honda N7X Hadir di Surabaya

Fitur lain yang jadi kelebihan Honda City Hatchback RS adalah delapan speaker di dalam kabin. Alhasil setiap orang yang berada di dalam kabin bakal sangat dimanjakan ketika mendengar musik. Disebut keunggulan, karena kompetitor kebanyakan cuma punya 6 speaker.

Penerus Jazz ini juga memiliki head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang bisa terkoneksi smarpthone, Auto A/C with Red Illumination, dan multi-agle rear view untuk mempermudah parkir. Ada pula One Push Ignition System, paddle shiftCruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch dengan Voice Recognition.

Bicara keselamatan, tidak terlalu istimewa. Terlebih tidak ada Honda Sensing di City Hatchback RS. Di Indonesia, standarnya cuma pengereman anti-lock braking system (ABS), elctronic brake distribution (EBD), dan brake assist (BA).

Ada pula Brake Override System, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist, Parking Sensor, Seatbelt Reminder, Pretensioner with Load Limiter Seat Belt, Emergency Stop Signal hingga APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Fitur-fitur tersebut juga sudah dipunya oleh kompetitor.

Itulah bahasan lengkap kelebihan Honda City Hatchback RS dibanding para rival. Tertarik meminangnya? Untuk informasi otomotif terbaru, simak terus moladin.com

Terbaru