Sabtu, April 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Harga dan Spesifikasi Honda Estilo Bagi Yang Berminat Memburunya

by Firdaus Ali
Harga dan spesifikasi Honda Estilo

Berikut akan kami ulas mengenai harga dan spesifikasi Honda Estilo. Yangmana hatchback ikonik ini memiliki pamor yang tak pernah turun, bahkan hingga saat ini selalu menjadi buruan para kolektor mobil pecinta JDM.

Bagi Car Enthusiast, tentu tahun nama besar Honda Estilo. Jika kita melihat di laman jual beli mobkas atau diler online yang sekarang sudah bertebaran di Instagram, tidak ada patokan khusus harga pasaran Honda Estilo bekas.

Dari penelusuran kami, harga paling murah Estilo bekas dibanderol tidak kurang dari Rp 190 juta. Bahkan jika kondisinya masih orisinil dan utuh mulai dari bodi, interior, mesin, keabsahan surat serta jenis warna yang langka bisa tembus Rp 300 jutaan.

Sejarah Honda Estilo di Indonesia

Sebelum kita mengulas lebih jauh mengenai harga dan spesifikasi Honda Estilo, ada baiknya kita mengetahui sejarahnya di Indonesia.

Honda Estilo mulai mengaspal di Indonesia pada tahun 1992, dua tahun setelah peluncuran Honda Genio. Keduanya punya desain yang sama, hanya saja kalau Estilo versi hatchback, sementara Genio versi sedan.

Baik Estilo dan Genio adalah generasi kelima dari Honda Civic Series. Keduanya bisa dibilang punya populasi yang tidak banyak untuk pasar Indonesia, karna hanya diproduksi sampai tahun 1995.

Sebelum hadirnya Honda Estilo, di tahun 1983 hadir lebih dahulu Honda Civic Series generasi ketiga dengan model hatchback 2 pintu bernama Honda Civic Wonder. Beberapa orang menyebutnya “Civic Setrikaan” karena bentuknya yang mengotak.

Honda Civic Wonder diproduksi dari tahun 1983 sampai 1987. Mobil ini dilengkapi mesin 1.500 cc, 4 silinder dari mesin D Series.

Pada 1987, Honda kembali merilis generasi terbaru dari Honda Civic, di mana lebih dikenal dengan nama Grand Civic di Indonesia dengan desain yang lebih modern. Produksinya berlangsung hingga 1991.

Bentuk body terlihat lebih modern. Kesan dominasi kotak sudah mulai dikurangi sehingga banyak penggemarnya. Civic generasi keempat ini dibekali mesin baru berupa mesin B16A dengan DOHC dan VTEC. Mesin tersebut berkapasitas 1.600 cc, 4 silinder yang mempunyai konsumsi bahan bakar cukup irit.

Performa Honda Civic Estilo

Ulasan harga dan spesifikasi Honda Estilo berlanjut dengan performa dapur pacunya. Honda Civic Estilo mengadopsi mesin yang sama dengan Honda Genio, yaitu mesin dengan kubikasi 1.590 cc.

Mesin tersebut diklaim punya tenaga sebesar 120 hp pada putaran mesin 6.300 rpm serta torsi puncak 140 Nm pada putaran mesin 5.500 rpm melalui transmisi manual 5-percepatan.

Punya spek mesin yang cukup mumpuni, aerodinamika body yang cukup bagus serta dimensi yang kompak membuat Honda Estilo dimanfaatkan untuk kebutuhan balap nasional. Salah satunya adalah pembalap muda David Djaja.

Mesin Honda Estilo berkode D16a kerap jadi sasaran modifikasi
Mesin Honda Estilo berkode D16a kerap jadi sasaran modifikasi

Untuk konsumsi bahan bakar, Honda Estilo bisa dibilang cukup efisien. Di atas kertas, mobil ini punya rata-rata konsumsi bbm harian di angka 1:10 untuk penggunaan di dalam kota. Sedangkan di luar kota, tembus angka 1:13.

Fitur Standar Mobil Lansiran 1990-an

Berbicara kelengkapan fitur, Honda Estilo menyuguhkan fitur yang cukup terbilang modern di eranya waktu itu, yaitu tahun 1990 an. Salah satunya adalah setir Estilo sudah power steering.

Selain itu, Honda Estilo sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman yang didukung Pretensioner dan Force Limiter, Cental Lock, Power Window, teknologi Power Steering pada setir kemudi, dan Electric Mirror. Dan untuk menunjang kenyamanan kabin, terdapat AC dan panel audio yang bisa memutar radio dan kaset.

Tampilan Interior Sederhana, Khas Mobil 1990-an

Ulasan harga dan spesifikasi Honda Estilo selanjutnya adalah dari sisi tampilan kabin interior. Seperti diketahui, mobil-mobil yang hadir di era itu tampilan kabin interiornya sederhana, tidak seperti mobil sekarang yang “blink-blink”.

Panel cluster masih model analog, kemudian audio juga masih single din yang hanya bisa memutar radio dan kaset. Kemudian joknya juga masih dibungkus dengan bahan fabric. Soal kelir, baik jok, dashboard dan doortrim berwarna hitam.

Oh ya, meski mobil hatchback ini hanya punya dua pintu, terdapat jok baris kedua yang muat untuk 2 orang. Dan untuk memudahkan akses masuknya, terdapat tuas untuk menggeser dan melipat jok depan sebelah kiri.

Desain Eksterior Timeless

Desain eksterior Estilo tergolong timeless
Desain eksterior Estilo tergolong timeless

Honda Estilo mashur sampai sekarang karena salah satu faktornya adalah desain eksteriornya yang timeless. Yup, meski minim dengan lekukan yang agresif, tampilan Estilo justru banyak disukai pecinta otomotif.

Bagian depan tidak ada grill, head lamp model sipit seolah menyatu dengan ujung penutup kap mesin. Bumpernya juga punya desain yang tidak neko-neko, menyesuaikan bentuk bodi yang minim sudut tajam.

Tampilan belakang Estilo tetap terlihat sporty
Tampilan belakang Estilo tetap terlihat sporty

Pada bagian belakang, Estilo punya model lampu yang sama dengan Genio. Yaitu model kombinasi yang menggabungkan lampu rem dan dan lampu sein di satu rumah lampu.

Honda Civic Estilo punya dimensi panjang 4.070 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.350 mm. Selain itu, mobil tersebut juga memiliki ground clearance atau jarak terendah ke tanah 160 mm.

Kelebihan dan Kekurangan Honda Estilo

Ulasan harga dan spesifikasi Honda Estilo tentu kurang afdhol jika belum membahas kelebihan dan kekurangannya. Ada beberapa poin yang menarik untuk disimak.

Kelebihan Honda Estilo

Tampilan samping proporsional
Tampilan samping proporsional

Kelebihan Honda Estilo yang paling menonjol adalah harga yang stabil bahkan banderolnya gaib. Seperti sudah diungkapkan sebelumnya jika pasaran mobil ini tidak bisa ditebak. Para pemilik bukanlah mereka yang betul-betul berniat menjual Estilo, hanya jika ada tawaran menggiurkan barulah mobil dilepas.

Kemudian Estilo juga punya tampilan yang timeless, sehingga untuk dipakai untuk mejeng juga masih oke. Untuk mesin juga terbilang tidak rewel asal pemilik rutin melakukan servis berkala. Perawatan juga mudah dan sparepart masih tersedia dibanyak toko onderdil mobil.

Kekurangan Honda Estilo

Kekurangan Honda Estilo yang terlihat dengan kasat mata adalah minimnya cup holder di kabin interior. Sehingga akan sulit untuk menaruh tempat minum saat di dalam mobil.

Selanjutnya, kekurangan Estilo bekas adalah dibagian kaki-kakinya. Sebenarnya ini bukan karena kualitas, namun lebih ke faktor usia pakai. Jadi, jika berminat meminang Honda Estilo, selain mesin, body, interior dan kelistrikan, bagian kaki-kaki juga wajib dicek.

Moladiners, itulah ulasan mengenai harga dan spesifikasi Honda Estilo. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika