Sabtu, April 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Spesifikasi dan Harga GAC M6 Pro 2024, Calon Rival Innova Zenix

by Ivan
Spesifikasi dan harga GAC M6 Pro

Entah sungkan dengan nama besar Toyota Innova Zenix, cukup jarang kontestan di segmen Medium MPV Tanah Air. Namun setidaknya ada dua penantang Innova Zenix yakni Kia Carens dan Wuling Cortez, serta satu nama baru yang diproyeksi bakal bikin tensi memanas. Ini dia spesifikasi dan harga GAC M6 Pro 2024.

Sebelum mengulas lebih jauh, kita tentu bertanya apa sudah ada brand otomotif baru GAC? Jawaban kami tinggal menunggu waktu! Lantaran beberapa bocoran foto salah satu mobil GAC diketahui sudah tes jalan di ibukota. Mobil yang disinyalir sebagai GAC GS3 Emzoom siap bersaing di segmen Compact SUV yang dihuni nama-nama besar seperti Honda HR-V, Wuling Almaz, Daihatsu Terios dan Toyota Rush.

Brand GAC sendiri merupakan singkatan dari Guangzhou Automobile Group Co. Ltd, yang merupakan salah satu pabrikan besar di Cina. Bahkan nama mereka sudah dikenal cukup lama di Cina, dan rumornya memiliki fasilitas pabrik yang berdiri sejak 20 tahun lalu.

Spesifikasi Mesin GAC M6 Pro 2024

Spesifikasi mesin GAC M6 Pro calon rival Innova Zenix
Spesifikasi mesin GAC M6 Pro calon rival Innova Zenix

GAC M6 Pro 2024 adalah salah satu lineup terkini yang dihadirkan GAC Motor Filipina. Setelah kisi-kisi fotonya diumbar pada Desember tahun lalu, Medium MPV asal Cina ini akhirnya resmi hadir sebagai versi facelift dari MPV GAC GN6, dengan sederet perubahan di eksterior, interior hingga fitur.

Ia mendapat mesin empat silinder 1,5 liter turbocharged baru yang berasal dari Empow, GS3 Emzoom, dan Emkoo. Hasilnya keluaran tenaga sebesar 177 PS dan torsi 270 Nm – memberikan tenaga lebih dari cukup untuk mengangkut keluarga beserta muatannya. Tenaga tersebut kemudian disalurkan ke gearbox kopling ganda 7 percepatan yang menggantikan transmisi otomatis 6 percepatan.

Baca juga  GAC Trumpchi M8 2023 Meluncur, MPV Cina Mirip Alphard!
Innova zenix hybrid sudah diproduksi di dalam negeri
Innova zenix hybrid sudah diproduksi di dalam negeri

Adapun Innova Zenix memiliki dua varian mesin. Untuk Innova Zenix bensin bermesin TNGA 2.01 berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i merilis tenaga 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 205 Nm pada 4.500 – 4.900 rpm.

Sementara pada versi Zenix Hybrid bermesin TNGA 2.01 berkode M20A-FXS menghasilkan tenaga 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 187 Nm pada 4.400-5.200 rpm. Ketika melaju, kinerja mesin tersebut akan diperkuat oleh motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 21 Kgm sehingga menghasilkan tenaga gabungan 186 PS pada sistem.

Desain Bodi Elegan

Tampilan belakang GAC M6 Pro terlihat elegan dan simpel
Tampilan belakang GAC M6 Pro terlihat elegan dan simpel

Dari segi tampilan, GAC M6 Pro mendapatkan tampilan yang lebih dinamis dibanding pendulunya namun tetap dengan sentuhan elegan. Mobil ini mendapat gril baru, sepasang DRL LED yang menawan, lampu depan dan belakang LED dengan sedikit perubahan.

MPV ini hadir dengan satu set velg 18 inci yang merupakan kelengkapan standar pada varian GL tertinggi. Sebaliknya, model dasar GS hanya mendapat velg 16 inci.

Dimensi GAC M6 Pro tidak jauh berbeda dengan dimensi Innova Zenix
Dimensi GAC M6 Pro tidak jauh berbeda dengan dimensi Innova Zenix

Dari segi ukuran, MPV 7 tempat duduk ini berukuran panjang 4.793 mm, lebar 1.837 mm, dan tinggi 1.730 mm. Ukurannya tidak jauh beda dibanding Innova Zenix yang memiliki panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm serta tinggi 1.795 mm.

Baca juga  Mobil GAC Siap Invasi Indonesia, Satu Modelnya Tercepat Produksi Satu Juta Unit

Lalu untuk jarak sumbu roda GAC M6 Pro mencapai 2.810 mm dan kapasitas bagasi berkisar antara 324 liter hingga 1.100 liter jika kursi baris kedua dan ketiga dilipat. Berbicara tentang 7 kursi, M6 Pro memiliki layout tempat duduk 2+2+3. Benar sekali, MPV turbocharged ini hadir dengan Captain Seat seperti saudaranya yang lebih besar, GAC M8.

Fitur di Kabin GAC M6 Pro

Dasbor anggung dengan speedometer seluas 7 inci dan head unit lauar sentuh 10,25 inci
Dasbor anggung dengan speedometer seluas 7 inci dan head unit lauar sentuh 10,25 inci

Begitu pintu dibuka M6 Pro menyambut Anda di kabin dengan ruang yang luas. Di area pengemudi terdapat speedometer digital berukuran 7 inci dilengkapi dengan infotainment layar sentuh 10,25 inci yang mendukung konektivitas Apple CarPlay & Bluetooth dan dipasangkan ke sistem suara 4-speaker atau 8-speaker, tergantung varian yang dipilih.

Pada trim GAC M6 Pro GS hadir dengan jok berbahan kain sedangkan di versi flagship GL mendapat jok kulit sepenuhnya. AC dual zone juga menjadi kelengkapan standar di seluruh varian.

Ruang bagasi bisa bertambah lega saat bari ketiga dan kedua dilipat
Ruang bagasi bisa bertambah lega saat bari ketiga dan kedua dilipat

Selebihnya ada fitur lain yang tersedia pada M6 Pro 2024 antara lain panoramic sunroof, setir berbahan kulit, jok pengemudi elektris, ambient lightd LED, kaca spion yang dapat dilipat, jok depan berpemanas, baris ketiga jok bergaya stow-and-go, dan jangkar kursi anak ISOFIX.

Baca juga  Promo Toyota Ramadhan Spektakuler, DP Zenix Cuma 25 Persen!

“GAC Motor Philippines berupaya menyediakan beragam kendaraan yang memenuhi gaya hidup dinamis keluarga dan komunitas Filipina. Kami sangat antusias agar M6 Pro dapat dirasakan dan dinikmati oleh pelanggan di seluruh negeri. Ini adalah MPV keluarga baru yang hebat yang mewujudkan keahlian yang cermat, keunggulan teknik, teknologi mutakhir, dan janji kualitas tinggi yang menjadi ciri khas GAC Motor,” kata Franz Decloedt, Brand Head GAC Motor, Astara Filipina dikutip dari www.autoindustriya.

Jok tengah model captain seat
Jok tengah model captain seat

Semua model M6 Pro hadir dengan fitur keselamatan komplet, Mulai dari dual airbag depan, hill-hold control, hill-descent control, rem parkir elektronik dengan auto-hold, ESC, TPMS, sensor parkir belakang, dan cruise control.

Untuk kelengkapan berkendara ada teknologi ADAS termasuk adaptive cruise control, lane-departure warning, autonomous emergency braking dengan forward collision warning, lane-keep assist, high-beam assist, traffic jam assist, dan traffic sign recognition.

Harga GAC M6 Pro

Sejatinya akan ada dua model GAC M6 Pro, dan ini dia rentang harganya di negara tetangga Filipina :

  1. GAC M6 Pro GS : 1,230 juta Peso (Rp 344,7 juta)
  2. GAC M6 Pro GL : 1,598 juta Peso (Rp 448,1 juta

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika