by

Penjualan Honda Mobil Meningkat 265 Persen, Ini Alasannya!

Meski kondisi perekonomian belum sepenuhnya membaik, namun penjualan Honda mobil meningkat dengan cukup signifikan untuk periode bulan Maret 2021. Kenaikannya mencapai 256 persen.

Setidaknya ada dua faktor yang menjadi penyulut penjualan Honda mobil meningkat. Pertama adalah karena adanya rileksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Tidak dipungkiri sejak relaksasi PPnBM, banyak mobil yang jadi laris manis diborong masyarakat.

Kemudian yang juga jadi faktor pendukung naiknya penjualan mobil Honda adalah peluncuran produk baru yang langsung mendapat hati di masyarakat Indonesia.

Jika dijabarkan, ada tiga model yang telah diluncurkan oleh PT Honda Prospect Motor pada awal tahun 2021. Dalam kurun waktu kurang lebih dua bulan, Honda langsung menggempur pasar dengan menghadirkan beberapa model baru: New Honda CR-V, New Honda Brio RS Urbanite Edition, serta New Honda Odyssey yang resmi dirilis pada Februari 2021.

Kemudian tidak ketinggalan pada awal Maret, ada City Hatchback sebagai pengganti Jazz untuk pasar otomotif Indonesia.

Dua faktor tersebut sangat terasa manfaatnya buat PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai Agen Pemegang Merk (APM) Honda di Indonesia, terutama dalam kaitannya untuk penjualan.

Baca juga  Selamat Datang Honda City Hatchback 2021

Honda Brio Masih Sumbang Penjualan Terbesar

Penjualan Honda Mobil Meningkat
Honda Brio masih menjadi andalan PT Honda Prospect Motor

Penopang penjualan Honda mobil meningkat adalah berkat penerimaan yang baik dari masyarakat terhadap model-model yang dijagokan untuk konseumen Indonesia. Secara hitung-hitungan, SUV kompak mereka yakni Honda HR-V 1.5 L menjadi penyumbang terbesar lantaran terjual sebanyak 2.918 unit.

“Secara total, produk-produk Honda yang mendapatkan relaksasi PPnBM mencatat peningkatan penjualan sebesar 265% dibandingkan bulan Februari, dengan HR-V 1.5 mencatat peningkatan penjualan tertinggi, disusul oleh Brio RS, Mobilio, dan BR-V,” jelas Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing PT Honda Prospect Motor, dalam keternagan resminya.

Sementara untuk segmen city car, keluarga Honda Brio yang terdiri dari Brio Satya dan Brio RS, berhasil memberikan kontribusi dengan total penjualan 4.760 unit atau jika dijabarkan Honda Brio Satya terjual 2.612 unit, dan Honda Brio RS terjual 2.148 unit.

Sedangkan model paling laris keempat dari model andalan Honda adalah, Honda Mobilio. Dalam informasi yang dirilis secara resmi, mobil keluarga ini menyumbangkan penjualan terbaiknya sebanyak 1.078 unit.

Baca juga  Penjualan Turun, Honda Hentikan Aktivitas Produksi di Indonesia

Adapun model lain yang juga memberikan kontribusi penjualan sepanjang Maret 2021, adalah Honda BR-V sebesar 286 unit. Sedangkan Honda CR-V telah berhasil membukukan penjualan sebanyak 682 unit, Honda HR-V 1.8L sebanyak 132 unit, Honda Civic Hatchback sebanyak 60 unit, Honda Jazz sebanyak 41 unit, Honda Odyssey sebanyak 6 unit dan Honda City Hatchback sebanyak 1 unit.

“Sementara itu, kami juga mencatat peningkatan permintaan untuk produk terbaru kami yang pada awal April lalu mendapatkan relaksasi pajak yaitu New Honda CR-V dan Honda City Hatchback RS. Saat ini kami fokus untuk menjaga pasokan untuk dapat memenuhi permintaan konsumen dalam waktu secepatnya,” tandas Yusak Billy.

Untuk informasi terkini simak terus moladin.com

Terbaru