oleh

Spesifikasi Mitsubishi Xpander CVT, Istimewa?

Spesifikasi Mitsubishi Xpander CVT menarik untuk dibahas.Ssebab ubahannya cukup signifikan dibanding model lama. Mulai dari desain exterior, desain interior, serta fitur-fiturnya.

Xpander terbaru merupakan senjata baru dari Mitsubishi Indonesia di segmen mobil keluarga. Resmi meluncur di Indonesia pada 8 November 2021. Kehadiran opsi transmisi CVT merupakan salah satu yang menarik, karena sebelumnya menggunakan otomatis konvensional.

“Kami mendengarkan keinginan konsumen yang menginginkan pengalaman mengemudi yang lebih efisen dan nyaman, dan keduanya bisa didapatkan dengan transmisi CVT,” ungkap Hikaru Mii selaku Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dalam keterangan resminya beberapa waktu lalu.

Sebagaimana diketahui bahwa Transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) adalah salah satu jenis transmisi otomatis yang perpindahan giginya menggunakan pulley dan sabuk baja. Di mana sabuk baja ini menghubungkan dua buah pulley, yaitu drive pulley (yang menggerakan) dan driven pulley (yang digerakan).

Kedua pulley ini masing-masing dapat bergerak ke kanan dan ke kiri, sehingga lebar kedua pulley tersebut bisa berubah menyempit atau melebar. Diameter belt tersebut yang menjadi rasio gigi pada transmisi CVT.

Hasilnya perpindahan gigi menjadi lebih halus meski dengan kecepatan tinggi. Selain itu, karena tidak ada gear yang mengikat kecepatan mobil dengan kecepatan putaran mesin, maka CVT mampu meminimalkan kerja mesin untuk menghasilkan efisiensi bahan bakar.

Nah untuk mengetahui lebih jelas spesifikasi Mitsubishi Xpander CVT lebih jauh, sekaligus bahasan kelebihan dan kekurangannya. Mari simak ulasannya berikut ini, khususnya untuk varian Ultimate CVT.

Baca juga  7 Fitur Terbaru Mitsubishi Xpander Facelift

Desain eksterior lebih futuristik dan modern

Spesifikasi Mitsubishi Xpander CVT
Eskterior Xpander terbaru

Spesifikasi Mitsubishi Xpander CVT yang pertama adalah dari sisi desain eksterior. Tampilan luarnya terlihat lebih futuristik jika dibandingkan dengan Xpander sebelumnya.

Hal tersebut dapat terlihat dari desain grille depan yang baru dan modern dikombinasikan dengan desain lampu utama bergaya T-Shape. Kemudian pada bagian belakang tampilannya terlihat lebih simpel namun tidak menghilangkan kesan modern berkat penggunaan desain lampu bergaya T-Shape.

Oh ya, untuk menunjang penampilannya, Xpander CVT juga sudah dibekali pelek two tone berukuran 17 inci untuk varian Ultimate. Sementara varian di bawahnya pakai ukuran pelek 16 inci.

Mitsubishi Xpander CVT mempunyai dimensi panjang 4595 mm, lebar 1.750 mm, serta tinggi 1.750 mm (Ultimate, Sport, Exceed) 1.730 (GLS). Sementara untuk ground clearancenya 220 mm.

Interior lebih elegan

Spesifikasi Mitsubishi Xpander CVT
Interior Xpander terbaru menggunakan banyak komponen soft touch

Spesifikasi Mitsubishi Xpander CVT selanjutnya adalah dari bagian interior yang tampilannya lebih elegan yang mengusung kombinasi dua warna yang apik, hitam dan dark beige (varian Ultimate).

Material dashboardnya juga sudah mengadopsi material soft pad. Pun begitu juga pada bagian doortrim sudah menggunakan material soft touch. 

Sementara untuk varian Sport CVT interiornya mengusung warna black and brown. Sedangkan varian Exceed CVT dan GLS CVT mengusung warna hitam dengan aksen silver pada beberapa bagian.

Baca juga  Bocoran 4 Fitur Baru di Mitsubishi Pajero Sport Facelift

Kesan elegan juga terlihat dari disematkannya head unit dengan ukuran 8 inci (varian Ultimate dan Sport) dan 7 inci untuk varian Exceed dan GLS, dimana head unit touch screen tersebut mampu terkoneksi dengan ponsel serta dapat memutar radio, USB player, koneksi Bluetooth, serta voice recognition. Selain itu pengoperasian AC juga sudah digital (varian Ultimate dan Sport).

Kekurangan di interior Xpander terbaru adalah belum memiliki head rest di bangku tengah baris kedua. Alhasil Mitsubishi harusnya tidak bisa menyebut mobil keluaga ini sebagai 7-seater, melainkan 6-seater. Pasalnya penumpang tengah baris kedua, tidak akan bisa menyenderkan kepalanya karena tidak ada head rest.

Fitur semakin lengkap

Spesifikasi Mitsubishi Xpander CVT

Spesifikasi Mitsubishi Xpander CVT berikutnya adalah perihal kelengkapan fitur-fiturnya. Yup, pesaing ketat Avanza ini sudah mengadopsi engine start/stop dan electronic parking brake (varian Ultimate dan Sport).

Ada pula fitur ABS, EBD & BA, Dual SRS Airbag, ASC, HAS, sensor parkir dan kamera belakang (varian Ultimate dan Sport) serta Immobilizer dan cruise control (Ultimate).

Khusus cruise control memang tidak dipunya oleh kompetitior seperti Avanza, Xenia, dan Ertiga. Jadi ini merupakan kelebihan Xpander, sehingga lebih nyaman saat dipakai berkendara di jalan bebas hambatan.

Walau demikian, bukan berarti Xpander tidak punya kekurangan. Sebut saja fitur keselamatannya belum seistimewa Avanza dan Xenia terbaru yang sudah memiliki teknologi aktif. Daihatsu menyebutnya advanced safety assist (ASA) dan Toyota punya Toyota Safety Sense (TSS).

Baca juga  Sosok Toyota Kijang Retro Rp 130 Juta, Full Orisinal

Mesin makin irit

Spesifikasi Mitsubishi Xpander CVT

Spesifikasi Mitsubishi Xpander CVT selanjutnya dari sisi jantung pacu. Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa mobil ini sudah mengusung transmisi CVT agar lebih nyaman dan irit BBM. Adapun spesifikasi mesinya adalah 1.499 cc MIVEC DOHC 16 valve.

Tenaga maksimumnya di atas kertas mampu meraih angka 105 PS pada 6.000 rpm. Sementara torsi puncaknya adalah 141 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm. oh ya, untuk kapasitas tangki BBM-nya adalah 45 liter.

Harga Xpander Terbaru

Mitsubishi Xpander CVT ditawarkan dengan empat varian, yaitu Ultimate CVT, Sport CVT, Exceed CVT serta GLS CVT. Tersedia pula opsi transmisi manual 5-percepatan.

Sementara untuk pilihan warnanya ada Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver metallic, Deep Bronze Metallic (Ultimate dan Sport), Red Metallic (Ultimate dan Sport) serta Graphite Grey Metallic (Ultimate dan Sport).

Berikut daftar harga Xpander terbaru:

  • GLS MT Rp 228,03 juta
  • GLS CVT Rp 236,49 juta
  • Exceed MT Rp 240,36 juta
  • Exceed CVT Rp 248,3 juta
  • Sport MT Rp 258,43 juta
  • Sport CVT Rp 270,44 juta
  • Ultimate CVT Rp 272,58 juta

Harga tersbut berlaku OTR untuk wilayah Jakarta. Sudah termasuk insentif PPnBM 100% dari pemerintah yang berlaku hingga akhir Desember 2021.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Spesifikasi Mitsubishi Xpander CVT. Untuk informasi otomotif menarik lainnya simak terus Moladin.com.

Terbaru