Minggu, April 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Tol Japek II Selatan Paket 3 Beroperasi Fungsional Saat Mudik Lebaran 2024

by Firdaus Ali
Tol Japek II Selatan

Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Paket 3 siap menjadi jalan tol fungsional saat musim mudik lebaran 2024 nanti. Tujuannya adalah untuk mengurai kemacetan dan memecah kepadatan arus lalu lintas.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Bina Marga, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) bersama dengan BUJT PT. Jasamarga Japek Selatan tengah mempercepat pekerjaan Tol Jakarta – Cikampek (Japek) II Selatan di Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

Nantinya setelah beroperasi, Jalan Tol Japek II Selatan ini akan menghubungkan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta di Jati Asih, Bekasi dengan Jalan Tol Purbaleunyi di Sadang, Purwakarta.

“Japek II Selatan ini merupakan jalan tol alternatif karena Jalan Tol Cikampek sangat padat sehingga diharapkan kepadatannya dapat terurai dan terdistribusikan. Nantinya masyarakat bisa pilih lewat utara (Cikampek) atau selatan (Japek II)” jelas Direktur Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga, Triono Junoasmono, seperti dikutip dari laman resmi Kementrian PUPR (17/3).

Khusus untuk Paket 3 ruas Sukabungah – Sadang, rencananya akan difungsionalkan pada Hari Raya Idul Fitri 1445 H dengan rute Sadang – Kutanegara sepanjang 8,5 km. Rute ini nantinya dapat dibuka situasional untuk kendaraan golongan 1 (non bus) arah Jakarta pada saat arus lalu lintas 1 arah dari Karawang Barat menuju Cirebon atau Bandung.

Baca juga  7 Daftar Lokasi Wisata di Semarang Saat Mudik Lebaran 2024, Harga Terjangkau!

Ruas jalan tol yang difungsionalkan sepanjang 8,5 km ini juga mempertimbangkan keselamatan pengguna jalan karena kondisi jalan dan jembatan ada yang masih dalam proses konstruksi.

Profil Tol Japek II Selatan

Tol Japek II Selatan ini dibangun dengan biaya konstrusi sebesar Rp 4,15 Triliun dan membentang sepanjang 62 km terdiri dari 3 paket pekerjaan yakni, Paket 1 ruas Jatiasih – Setu sepanjang 7,25 km masih menunggu kesiapan lahan.

Kemudian Paket 2 ruas Setu – Taman Mekar sepanjang 23,50 km dibagi menjadi Paket 2A Ruas Setu – Sukaragam sepanjang 10,50 km dengan progres konstruksi mencapai 10,36 % dan Paket 2B Ruas Sukaragam – Sukabungah sepanjang 13 km dengan progres konstruksi mencapai 17,06 %. Sedangkan untuk Paket 3  ruas Sukabungah – Sadang sepanjang 31,25 km saat ini progres konstruksinya telah 86,06%.

Kementerian PUPR mengungkapkan bahwa mereka berusaha untuk selalu memperhatikan kualitas konstruksi Jalan Tol Japek II Selatan ini supaya tidak cepat terjadi kerusakan setelah operasional dan aman dari kendaraan yang over dimension over load (ODOL).

Baca juga  Musim Mudik Lebaran 2024 Angka Kecelakaan Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat 15,9%

Selain itu, rest area Jalan Tol Japek II Selatan juga nantinya akan dikelola dengan profesional supaya memberikan manfaat peningkatan ekonomi bagi masyarakat sekitar jalan tol ini.

Lebih lanjut, Pemerintah pusat dan Kementrian PUPR juga berharap Pemda Jawa Barat dapat mendukung mempercepat pembebasan lahan agar pembangunan Jalan Tol Japek II Selatan ini tidak terhambat. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika