by

5 Cara Meningkatkan Performa Nmax Supaya Ngacir

Ada saja yang merasa tidak puas dan ingin meningkatkan performa Nmax. Padahal di atas kertas, motor matik ini bisa dikatakan salah satu yang terbaik di kelasnya.

Bagaimana performa Nmax tidak mantap? Mesin bawaan pabriknya, berkubikasi 155 cc. Sedangkan kompetitor seperti Honda PCX cuma 150 cc.

Lalu Yamaha Nmax 155 juga telah mengadopsi teknologi katup variabel (VVA). Alhasil performa terbaiknya bisa keluar di berbagai rentang putaran mesin.

Lewat berbagai kelebihan itu, torsi puncak yang bisa dilontarkan mencapai 13,9 Nm pada 6.500 rpm. Sementara tenaganya tembus 15,15 hp pada 8.000 rpm.

Walau sudah cukup oke, namun meningkatkan performa Nmax tetap dimungkinkan. Berikut lima cara yang bisa kamu aplikasikan:

1. Pakai Busi Iridium

cara meningkatkan performa nmax dengan busi iridium
Busi iridium bisa mengoptimalkan pengapian sehingga akselerasi lebih mantap dan motor irit BBM

Busi merupakan komponen penting yang berfungsi memantik pengapian di motor. Kalau ingin performa mantap, kuda besi tentu harus juga punya sistem pengapian optimal. Supaya hal itu terjadi, kamu bisa ganti busi Nmax bawaan pabrik dengan versi aftermarket.

Jangan gunakan busi racing, kalau motor cuma kamu pakai harian. Hal tersebut justru jadi sia-sia dan efek busi racing tidak bakal terasa ke performa. Lalu harus pakai busi apa untuk meningkatkan performa Nmax yang dipakai harian?

Baca juga  3 Kelebihan All New Honda Beat, Lebih Bertenaga dan Irit

Paling mudah, ganti dengan busi jenis iridium. Ini merupakan jenis dengan ujung inti elektroda terbuat dari material iridium alloy. Alhasil konduksi lebih baik dan tahan dalam kondisi ekstrem.

Kemudian bentuk inti elektroda yang meruncing membuat percikan api lebih fokus dan stabil. Tidak ketinggalan, busi iridium bisa mengurangi kebutuhan tegangan listrik.

Efeknya tentu respons gas jadi semakin baik, serta bahan bakar semakin efisien. Tidak ketinggalan, busi iridium juga punya usia lebih panjang, hingga 10 kali dibanding busi konvensional.

Sebagai informasi, busi standar Nmax adalah NGK CPR8EA-9. Kalau mau yang pakai versi iridium coba cek NGK Iridium IX CPR8EAIX9. Harganya sekitar Rp 100 ribuan.

2. Ganti Koil

koil usr untuk meningkatkan performa nmax
Koil USR merupakan salah satu pilihan yang bisa mendongkrak performa Nmax

Cara meningkatkan performa Nmax yang pertama adalah ganti koil motor dengan produk aftermarket. Di pasaran ada beberapa merek, salah satunya Blue Coil dari Ultra Speed Racing (USR) seharga Rp 450 ribu.

Koil ini sebenarnya bisa dipakai di semua motor injeksi sampai kapasitas 250 cc. Efek penggunaan Blue Coil USR, salah satunya api busi semakin besar. Kemudian membuat bahan bakar semakin irit, serta tentunya akselerasi meningkat.

Baca juga  5 Kelebihan Yamaha Gear 125, Masih Ragu Beli?

3. Upgrade CVT

CVT USR untuk meningkatkan performa nmax
Paket CVT dari USR bisa dicoba buat kamu yang ingin performa Nmax meningkat

USR Juga memiliki paket CVT untuk meningkatkan performa Nmax. Ada banyak komponen yang bisa diganti, mulai dari pulley, per CVT, hingga kampas kopling.

Khusus untuk pulley depan diberi tambahan ring tebal 1,5 mm. Kemudian roller diganti jadi lebih ringan yaitu 11 gram. Sementara per CVT pakai 1.000 rpm.

Tidak hanya itu, kampas kopling diganti supaya semakin menggigit. Ditambah lagi mangkok kampas kopling pakai yang bergerigi. Alhasil akselerasi Nmax jadi lebih mantap.

Menariknya lagi dengan ubahan koil dan CVT tersebut, performa Nmax di atas kertas juga naik drastis. Tenaganya bahkan meningkat hinga 2,59 hp dibandingkan versi standar.

4. Filter Udara

cara meningkatkan performa nmax
Ferrox sudah memiliki produk filter udara tahan karat untuk Nmax terbaru

Jika dibanding model lama, filter udara All New Yamaha Nmax sesungguhnya lebih besar. Hal ini dimaksud agar asupan udara ke ruang bakar jadi semakin optimal.

Walau demikian, kamu tetap bisa meningkatkan performa Nmax lebih hebat lagi dengan mengganti filter udara bawaan pabrik ke versi aftermarket. Salah satu yang menawarkan produk tersebut adalah Ferrox.

Baca juga  5 Perbedaan All New Honda BeAT vs BeAT Lama

Filter udara dari Ferrox terbuat dari anyaman baja tahan karat tipe 304. Hal tersebut memungkinkan pasokan udara ke ruang bakar mesin Nmax lebih besar. Kemudian yang juga menarik dari filter Ferrox, tidak perlu diganti seumur hidup.

Cara perawatannya cukup dibersihkan pakai air. Kemudian pasang lagi seperti biasa. Harga filter udara Ferrox untuk All New Nmax 155 Rp 550 ribu.

5. Gunakan Knalpot Aftermarket

knalpot aftermarket nmax
Selain membuat suara lebih menggelegar, knalpot juga bisa meningkatkan performa nmax

Terakhir yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan performa Nmax dengan pakai knalpot motor aftermarket. Jika cuma ganti knalpot, tentu peningkatan akselerasi tidak bakal terasa. Kamu cuma bakal mendapat suara berisik saja.

Namun kalau sudah ganti berbagai komponen seperti yang telah dibeberkan di atas, maka knalpot aftermarket di Nmax bakal menyempurnakannya. Terkait pilihan ada banyak, mulai merek WRX, Pro Speed, hingga Rob1. Soal harga, berkisar Rp 1-2 jutaan.

Selain lima cara meningkatkan performa Nmax di atas, kamu juga bisa mengakalinya dengan berbagai teknik lain. Ambil contoh ganti suspensi belakang Nmax pakai versi aftermarket agar bantingannya semakin berkualitas. Dapat pula aksesori peningkat aerodinamika, seperti winglet, windshield mungil, dan lain-lain.

Terbaru