Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

7 Mobil Terbesar di Dunia, Ukurannya Jumbo!

by Firdaus Ali
Mobil terbesar di dunia

Ada beberapa mobil terbesar di dunia yang menarik untuk dibahas. Sebab, mobil-mobil dengan ukuran jumbo tersebut populasinya tidak banyak.

Di samping itu, mobil terbesar bahasan kami kali ini memang mayoritas tidak digunakan untuk kegiatan sehari-hari, namun lebih ke hobi atau ruang lingkup pekerjaan tertentu. Selain ukurannya yang besar, bentuknya juga tidak biasa alias tidak seperti pada umumnya mobil yang beredar di jalanan.

Nah, biar tidak penasaran mari kita simak ulasan mengenai 7 mobil terbesar di dunia berikut ini:

1. Bagger 288

Mobil terbesar di dunia

Bagger 288

Mobil terbesar di dunia yang pertama adalah Bagger 288. Mobil ini mempunyai ukuran yang sangat besar, yaitu mempunyai dimensi panjang 220 meter, lebar 46 meter, tinggi 96 meter dan berat 13.500 ton.

Bagger 288 merupakan mobil buatan tahun 1978 dan digunakan diarea pertambangan Hambach, Jerman. Hebatnya, Bagger 288 diklaim mampu menggali hingga 240.000 ton batu bara dalam sehari. Angka tersebut seukuran dengan 30 lapangan sepakbola dengan masing-masing kedalaman 5 meter.

Mengenai penampilan, mobil jumbo ini memang tidak seperti mobil-mobil yang beredar di jalanan umum. Terdapat beberapa alat besar yang menempel di mobil untuk kebutuhan menggali tambang. Jika dilihat sekilas, penampakannya seperti monster robot dalam film-film fiksi.

2. NASA-Crowler-Transporter

Mobil terbesar di dunia

NASA-Crowler-Transporter

Dilansir dari laman khplant, NASA-Crawler-Transporter dibuat oleh NASA pada tahun 1965 oleh NASA. Salah satu mobil terbesar di dunia ini digunakan untuk membawa roket ke landasan peluncuran.

Mobil besar ini mempunyai dimensi panjang 39.929 meter, lebar 34.747 meter, dan tinggi lebih dari 6.096 meter serta bobotnya 2.721 ton.

Awal 2016, NASA menyelesaikan modifikasi CT-2 (crawler transporter 2) menjadi “Super Crawler”. Super Crawler ini akan dipakai dalam program Artemis 2024 yang diharapkan bisa melihat wanita dan orang berkulit hitam pertama mendarat di bulan.

3. Caterpillar 797B

Mobil terbesar di dunia

Caterpillar 797B

Mobil terbesar di dunia selanjutnya adalah Caterpillar 797B. Yup, nama Caterpillar memang sudah mashur di dunia alat berat.

Caterpillar 797B adalah salah satu mesin monster yang dirancang dan diproduksi untuk mengangkut pertambangan. Tak hanya itu, kendaraan yang memang populer dalam kategori mesin monster ini bisa diaplikasikan untuk konstruksi tugas berat.

Mobil besar ini mempunyai spesifikasi kaki-kaki yang istimewa. Yaitu ban radial Michelin berprofil 59/80R63 XDR serta terdapat kandungan baja seberat 890 kilogram. Untuk total berat 1 ban yaitu 5.300 kg. Ban ini berukuran 4.03 meter dengan lebar 1.50 meter.

Sebagai informasi, Jumlah baja yang terkandung dalam 1 ban Caterpillar 797B tersebut bisa membuat dua mobil kecil dan 3.850 kg karet untuk menghasilkan lebih dari 600 ban mobil biasa.

4. Dodge Power Wagon

Mobil terbesar di dunia

Dodge Power Wagon

Berikutnya, mobil terbesar di dunia ada replika Dodge Power Wagon yang mempunyai ukuran 64 kali lebih besar dari Dodge Power Wagon aslinya. Mobil pikap jumbo ini mempunyai roda yang bersumber dari pengangkut rig minyak dan wiper kaca dari kapal laut.

Replika Dodge Power Wagon raksasa ini dibuat oleh Sheik Hamad pada tahun 1950-an dengan berat lebih dari 50 ton.

Mobil besar ini mempunyai konsep hunian berjalan. Dimana di dalamnya terdapat empat kamar tidur ber-AC, ruang taman, kamar mandi, dan teras bak truk. Tidak heran bila kendaraan ini memegang gelar truk pikap terbesar yang pernah dibuat di dunia.

5. BelAZ 75710

Mobil terbesar di dunia

BelAZ 75710

Mobil terbesar di dunia selanjutnya adalah BelAZ 75710 yang dibuat untuk salah satu perusahaan pertambangan di Rusia. Mobil tersebut mempunyai dimensi panjang 20 meter, lebar 10 meter dan tinggi 8 meter.

Untuk bobotnya, BelAZ 75710 tercatat 3660 ton. Dimana bobot terebut lebih berat dari pesawat penumpang Airbus A380 yang terisi penuh. Selain itu kapasitas untuk mengangkut hasil tambangnya juga mencapai 408.233 ton.

6. BigFoot 5

Mobil terbesar di dunia

BigFoot 5

Berikutnya ada BigFoot 5 yang merupakan salah satu mobil terbesar di dunia. BigFoot 5 dibuat tahun 1986, truk monster ini jadi yang paling tertinggi karena memiliki ban setinggi 10 kaki dari kendaraan militer bekas.

Truk raksasa ini mempunyai bobot 12.7 ton dan terkadang menggunakan ban ganda yang menambah berat truk sebesar 1 ton.

7. BigFoot 19

Mobil terbesar di dunia

BigFoot 19

Selanjutnya ada juga mobil besar yaitu BigFoot 19. Mobil ini adalah truk hasil modifikasi. Pemiliknya mengganti ban dan banyak manuver ekstra. Ini yang membuat pengendaranya harus memanjat suspensi belakang atau menggunakan tangga untuk masuk ke kabin mobil. 

Ukuran kabin mobil ini memang cukup standar. Namun, berat truk ini bisa mencapai 14 ton dengan kerangka dua rangka truk yang ditumpuk satu sama lain. Dengan mesin 460 kubik inci V-8, truk BigFoot ini menyediakan banyak daya.

Dilihat dari tongkrongannya, mobil ini masih bisa digunakan di jalanan umum. Namun tentunya dibutuhkan kejelian dan ekstra fokus saat mengendarainya.

Modifikasi truk dengan konsep BigFoot memang banyak peminatnya, namun sedikit yang mereralisasikan karena budget untuk modifikasinya tidak murah. Umumnya, mobil-mobil seperti ini dibangun untuk keperluan kompetisi perlombaan tertentu.

Moladiners, itulah ulasan mengenai beberapa mobil terbesar di dunia. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika