Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Wujuh Utuh Pikap Kabin Ganda BYD Terkuak, Pertama Plug-in Hybrid Lalu Full EV Menyusul

by Ivan
Bocoran foto pikap kabin ganda BYD

Menyusul bocoran gambar 3D yang beredar di dunia maya, kini terkuak jelas foto asli pikap kabin ganda BYD tanpa kamuflase diumbar oleh situs Korea, Autospy.

Foto ini memberikan visualisasi paling jelas pikap kabin ganda BYD yang siap diplot menjadi rival bagi Ford Ranger, Mitsubishi Pajero Sport atau Toyota Hilux meski mobil ini dipersiapkan sebagai kendaraan elektrifikasi.

Foto yang diambil memperlihatkan pikap kabin ganda BYD tengah dalam pengetesan. Secara jelas tersibak fascia dengan lampu depan berdesain huruf C menggunakan desain yang sama dengan Ford Ranger Raptor dihias logo BYD dipasang di tengah gril.

Penampakan terbaru dari pikap ini juga memperlihatkan sebagian isi kabin masih dibungkus plastik. Namun nampak jelas sepasang layar – satu untuk instrument cluster bagi pengemudi, dan layar lain merupakan layar infotainment.

Bocoran foto pikap kabin ganda BYD tanpa kamuflase juga interior

Bocoran foto pikap kabin ganda BYD tanpa kamuflase juga interior

Gambar spyshot juga memperlihatkan pikap kabin ganda BYD menggunakan setir kiri, kemungkinan hasil produksi negara asalnya Cina. Tapi berbagai proyeksi menyebutkan jika di negara tersebut sudah ada unit pengembangan di Australia yang sedang diuji.

Baca juga  4 Keunikan BYD Atto 3 Yang Jarang Ditemukan di Mobil Lain

“Akan ada elemen desain yang telah dibuat selama enam hingga sembilan bulan, jadi sudah ada elemen yang sesuai untuk Australia, direkayasa ulang ke dalam kendaraan agar lebih sesuai dengan kondisi Australia,” kata Luke Todd, CEO EVDirect selaku distributor BYD Australia mengutip wawancaranya kepada Car Expert.

“Beberapa gaya dan sentuhan lokla yang ingin dilihat orang pada mobil pikap kabin ganda, sudah diterapkan para insinyur Australia dalam kemitraan dengan para insinyur BYD di Cina,” lanjut Todd.

Jantung penggerak pikap kabin ganda BYD pertama-tama akan ditawarkan dalam mesin plug-in hybrid lalu versi full listrik menyusul kemudian. Unit plug-in hybrid akan menggabungkan mesin 1.500cc turbocharged dengan dua motor listrik untuk menghasilkan total output 365 kW atau setara 496 PS.

Foto bocoran kabin memperlihatkan  sepasang layar – satu untuk instrument cluster bagi pengemudi, dan layar infotainment

Foto bocoran kabin memperlihatkan sepasang layar – satu untuk instrument cluster bagi pengemudi, dan layar infotainment

Prediksi harga terkhusus pada unit EV disinyalir tetap tinggi dengan kisaran harga di atas AUD $100.000. “Kami menginginkan kendaraan yang mampu dibeli oleh warga Australia, kami tidak ingin mengeluarkan biaya lebih dari $100,000, dan kenyataannya adalah bahwa kendaraan full listrik saat ini akan melampaui harga itu karena ukuran baterai yang dibutuhkan untuk menggerakkan kendaraan tersebut,” kata Todd lagi.

Baca juga  Mobil Listrik BYD Dolphin, Semakin dekat Indonesia!

Adapun pesaing sesama pikap kabin ganda dari Cina ialah Radar RD6 dari grup Geely. Seperti model yang terakhir, Radar RD6 juga berbentuk pikap kabin ganda, dengan dimensi seukuran Toyota Hilux dengan panjang 5.260 mm, lebar 1.900 mm, dan tinggi 1.830 mm dengan jarak sumbu roda 3.120 mm.

Penjualan Mobil Listrik BYD Menggila

BYD Tang EV salah satu model yang diproduksi dari line di pabrik BYD Changzhou

BYD Tang EV salah satu model yang diproduksi dari line di pabrik BYD Changzhou

Setelah sukses menumbangkan Tesla sebagai produsen mobil listrik terlaris di dunia, BYD terus menorehkan angka penjualan secara fantastis.

Pada minggu ke-52 atau minggu terakhir tahun 2023 (25 – 31 Desember 2023) pertumbuhan penjualan BYD di Cina sendiri naik 20% menjadi 76.800 unit. Sementara Tesla turun 15% menjadi 15.800 unit, dan Nio tumbuh 39% atau sukses menjual 5.700 kendaraan dibandingkan minggu sebelumnya.

Data ini diterbitkan oleh Li Auto, dan mewakili penjualan mingguan di Cina. Data latar belakang adalah pendaftaran asuransi mingguan. Angka-angka tersebut dibulatkan dan menghadirkan kendaraan energi baru (NEV), istilah di Cina Tiongkok untuk elektrifikasi yang mencakup model BEV, PHEV, dan HEV. Juga mencakup kendaraan hidrogen (FCEV), namun penjualannya hampir tidak ada di Cina.

BYD Dolphin, BYD Seal, BYD Seal-U (Song Plus), dan BYD Tang lolos bintang 5 Euro NCAP

BYD Dolphin, BYD Seal, BYD Seal-U (Song Plus), dan BYD Tang lolos bintang 5 Euro NCAP

BYD melonjak 20,19% dari 63.900 menjadi 76.000 kendaraan dari minggu ke minggu. Pada bulan Desember, secara totol 256.800 kendaraan BYD diasuransikan di Cina.

Baca juga  BYD Yangwang U8, Mobil Listrik Offroad yang Bisa Berenang!

BYD memproduksi 308.972 kendaraan di bulan Desember dan menjual 341.043, yang berarti toko diler kosong pada akhir tahun. BYD menawarkan banyak diskon dan fasilitas di bulan Desember untuk mencapai target tahunannya yaitu 3 juta kendaraan terjual. Pada hari Senin, perusahaan mengungkapkan telah mencapai targetnya dan menjual 3,02 juta kendaraan pada tahun 2023, naik 62% dari tahun sebelumnya.

BYD Song L adalah kejutan terbesar di bulan Desember, karena pesaing Tesla Model Y ini terjual 10.003 unit hanya dua minggu setelah peluncurannya pada 15 Desember. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika