Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

9 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengajukan Pinjaman Cepat BPKB

by Galih Nugraha
Gadai BPKB

Pinjaman cepat menggunakan BPKB masih menjadi salah satu hal yang kerap dipilih oleh banyak orang untuk mendapatkan bantuan dana tunai di saat keadaan mendesak. Mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB memiliki proses yang mudah dan tak membutuhkan waktu yang lama hingga uangnya cair.

Itulah mengapa pinjaman cepat dengan jaminan BPKB bisa dikatakan menjadi solusi yang tepat ketika membutuhkan dana di situasi darurat. Namun, sebelum kamu mencoba mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB, baca dulu informasi berikut ini.

Hal-Hal yang Perlu Diketahui dari Pinjaman Cepat BPKB

Ketika kamu menghadapi situasi darurat dan memerlukan sejumlah dana yang mendesak, BPKB kendaraan bisa dijadikan alternatif untuk meringankan bebanmu. Kamu bisa memanfaatkannya untuk dijadikan jaminan ketika akan mengajukan pinjaman uang ke sebuah perusahaan pembiayaan.

Buat kamu yang belum pernah melakukan pinjaman cepat BPKB, ketahui dulu hal-hal berikut ini sebagai pertimbangan.

Kendaraan Masih Bisa Digunakan Meski BPKB Dijadikan Jaminan

Hal ini menjadi hal pertama yang perlu kamu ketahui ketika akan melakukan pinjaman cepat BPKB. Tak sedikit yang masih penasaran apakah kendaraan masih bisa digunakan ketika BPKB dijadikan jaminan untuk mengajukan pinjaman. Jawabannya adalah bisa. Jadi, kendaraan yang BPKB dijadikan jaminan, masih tetap bisa digunakan seperti biasa selama masa pinjaman. Meski begitu, kamu harus tetap menjaga kondisi kendaraan tetap baik. Terpenting, harus bisa komitmen untuk melunasi cicilan tepat waktu.

Penuhi Semua Persyaratan

Supaya pinjaman bisa disetujui, pastinya kamu harus memenuhi semua persyaratan yang diberikan oleh perusahaan pembiayaan. Persyaratan yang diberikan pun biasanya cukup berbeda-beda tergantung kebijakan perusahaan masing-masing.

Namun, pada umumnya ada beberapa persyaratan wajib yang harus dipenuhi. Beberapa di antaranya adalah:

  • BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor)
  • STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • KK (Kartu Keluarga)
  • Slip gaji
Baca juga  Road Trip ke 5 Tempat Wisata di Banyuwangi, Asik Naik Campervan

Semua dokumen di atas diserahkan dalam bentuk fotokopi. Namun, tak sedikit yang perusahaan meminta untuk menunjukkan dokumen aslinya. Persyaratan yang simpel dan proses yang mudah menjadi kelebihan utama dari pinjaman cepat BPKB.

Mengisi Formulir Pengajuan Pinjaman

Selain menyerahkan sejumlah dokumen sebagai persyaratan utama, biasanya peminjam juga diharuskan mengisi formulir yang diperlukan. Formulir tersebut berisikan data diri peminjam sehingga sangat penting untuk diisi dengan jawaban yang sebenar-benarnya.

Apabila kamu mengajukan pinjaman ke sebuah perusahaan pembiayaan yang konvensional, tentunya formulir itu harus kembali diserahkan langsung ke tempatnya. Namun, jika kamu mengajukan pinjaman secara online, tentunya tidak perlu repot untuk mengantarkan formulir tersebut secara langsung.

Proses Pencairan Cepat

Saat dalam keadaan mendesak, tentunya proses pencairan dana yang cepat akan sangat menguntungkan. Ketika mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB, maka uang tunai pun bisa dicairkan tanpa memakan banyak waktu.

Selama dokumen yang kamu siapkan sudah lengkap, maka proses pencairan pun akan semakin cepat. Waktu pencairan dana pun biasanya hanya memakan waktu 15 menit hingga satu hari kerja setelah proses pengajuan.

Tak Perlu Rekening Baru

Selain pencairan dana yang cepat, prosesnya juga simpel. Pasalnya, peminjam tidak perlu membuka rekening baru untuk pencairan uang. Jika mengajukan pinjaman di sebuah perusahaan atau lembaga non-bank, rekening baru tak diperlukan.

Hal itu disebabkan, uang pinjaman akan langsung masuk ke rekening dari bank apapun yang kamu miliki. Berbeda ketika kamu mengajukan pinjaman di sebuah bank. Pastinya kamu harus memiliki rekening di bank tersebut untuk proses pencairan dana.

Bunga Lebih Rendah

Saat kamu akan mengajukan pinjaman, jangan lupa untuk memperhatikan bunga yang didapatkannya. Pinjaman tanpa agunan atau jaminan seperti pinjaman online memang sangat memudahkan untuk mendapatkan dana tunai dengan cepat. Namun, bunga pinjaman yang ditawarkan biasanya lebih tinggi sehingga cicilannya pun semakin mahal.

Baca juga  Serba Serbi Modal Kerja dalam Menjalankan Bisnis Perusahaan

Hal itu berbeda dengan pinjaman cepat BPKB karena bunga lebih rendah sehingga tidak akan terlalu memberatkan peminjam. Umumnya bunga tahunan untuk pinjaman dengan jaminan BPKB adalah 10% per tahunnya.

Limit Pinjaman Sesuai dengan Harga Mobil

Salah satu kelebihan pinjaman cepat dengan jaminan BPKB ialah memiliki jumlah limit yang lebih tinggi karena disesuaikan dengan harga mobil. Semakin mahal harga mobil atau kendaraan yang dimiliki, tentunya pinjaman yang diterima juga bisa menjadi lebih tinggi.

Biasanya kendaraan yang BPKBnya dijadikan jaminan memiliki syarat khusus tertentu sesuai kebijakan perusahaan masing-masing. Namun, sebagian besar persyaratan umum untuk kendaraan ialah yang memiliki usia tidak lebih dari 5 tahun.

Apabila usia kendaraan sudah tua dan kondisinya tidak terlalu baik, bisa saja pengajuan pinjaman danamu ditolak. Tak hanya itu, pajak kendaraan juga harus lancar agar pengajuan pinjamanmu bisa diterima.

leasing bpkb

Tenor yang Lebih Bervariasi

Saat mengajukan pinjaman, pastikan kamu juga memperhatikan tenornya. Menariknya, pinjaman cepat dengan BPKB di beberapa lembaga menawarkan tenor yang bervariasi. Pilih tenor yang paling menguntungkan bagimu. Selain itu, pastikan kamu memilih tenor yang paling sesuai dengan kemampuanmu.

Masa tenor pun mempengaruhi nominal cicilan. Jadi, pilih masa tenor yang menurut kamu bisa melunasi cicilannya tepat waktu tiap bulannya. Untuk variasi masa tenornya sendiri biasanya mulai dari 12 hingga 60 bulan. Tak sedikit perusahaan dan lembaga yang akan menawarkan kesempatanmu untuk memperpanjang masa tenor.

Pilih Perusahaan Penyedia Pinjaman yang Kredibel

Saat ini sudah ada banyak sekali perusahaan atau lembaga yang menawarkan pinjaman dengan proses mudah dan cepat. Tak hanya secara online, tapi juga yang konvensional. Oleh karena itu, kamu harus lebih ekstra hati-hati dalam memilih tempat yang paling tepat untuk mengajukan pinjaman apalagi dengan jaminan.

Baca juga  5 Jenis Pinjaman Bunga Rendah Yang Cepat & Aman

Supaya kamu merasa aman dan tak was-was ketika mengajukan pinjaman, pilihlah perusahaan yang memang telah mengantongi izin dan terdaftar di OJK. Sebelum mulai melakukan pengajuan pinjaman, cobalah untuk riset terlebih dahulu. Apakah kamu ingin melakukan pinjaman ke perusahaan atau lembaga konvensional atau secara online.

Tentu saja ada kelebihan dan kekurangan masing-masing dari perusahaan penyedia pinjaman tersebut. Jadi, pilihlah yang dirasa paling menguntungkan buatmu.

Tak perlu khawatir jika kamu masih bingung menentukan perusahaan penyedia pinjaman cepat BPKB. Kamu bisa mencoba mengajukannya di MOFI yang telah memiliki izin dan diawasi oleh OJK sehingga semua datamu akan tetap aman.

Selain itu, proses pengajuan pinjaman juga sangat mudah sehingga pencairan dana pun bisa lebih cepat. Tertarik untuk mencobanya? Yuk, klik di sini untuk mengetahui lebih banyak soal pinjaman dana tunai di MOFI!

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kamu ingin mengajukan pinjaman cepat dengan jaminan BPKB. Setelah mengetahui kelebihan-kelebihannya di atas, semoga kamu tak ragu lagi untuk mencoba mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB, ya!

Namun, selalu pastikan kamu memilih untuk mengajukan pinjaman di tempat yang sudah terpercaya dan terjamin keamanannya seperti di MOFI, ya!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika