by

Berburu Mobil Bekas Rp 20 Jutaan, Memang Ada?

Mobil bekas Rp 20 jutaan bisa jadi solusi untuk kamu yang ingin punya kendaraan, tapi bujet sangat terbatas. Hanya saja memang, berburu mobil Rp 20 jutaan gampang-gampang susah.

Bukan karena tidak ada mobil yang dijual dengan harga tersebut, melainkan lebih sulit mendapatkan kondisi yang layak jalan atau nyaman untuk digunakan sehari-hari.

Menemukan mobil Rp 20 jutaan tidak sulit. Cek saja laman marketplace jual beli mobil bekas di Indonesia. Lalu kamu saring lewat harga. Maka ditemukanlah sejumlah kendaraan dari berbagai merek. Hanya mindset ketika membeli mobil bekas murah meriah itu perlu diubah.

Yang perlu kamu sadari adalah, mobil Rp 20 jutaan sudah pasti bukanlah tahun muda. Pasti jatuhnya mobil tua, lansiran 90an ke bawah.

Menurut Agus Hendra, pedagang mobil bekas di bilangan Tebet jakarta Selatan, untuk membeli mobil bekas Rp 20 jutaan ada konsekuensi yang perlu ditebus. 

“Misalnya surat-surat, mobil yang dijual murah biasanya bukan karena kondisinya saja yang bahan (perlu banyak perbaikan). Bisa jadi surat-suratnya mati lama (pajaknya), atau hanya ada STNK saja, atau BPKB saja, Misal mobil bagus, segar, original, tapi surat-suratnya tidak lengkap jadi harganya jatuh, ya bisa saja” kata Hendra.

Meski begitu tidak semua mobil Rp 20 jutaan ‘cacat’. Banyak juga mobil bekas dengan harga super murah itu yang layak jalan, pajak hidup dengan mesin yang bagus.

Baca juga  Cara Menghilangkan Bau Mobil Baru yang Murah Meriah

Contohnya Andre, pengusaha foto studio kawinan ini di akhir tahun 2020 lalu baru saja membeli Mazda Vantrend tahun 1995 dengan harga Rp 22 juta. “Gw dapet di Jakarta kok, kondisi original, mesin sehat, pajak hidup,” kata Andre.

Menurut Andre, untuk mencari Vantrend dalam kondisi terbaik dirinya menghabiskan waktu 3 bulan. “Ya sabar aja. Jangan buru-buru. Sering juga udah lihat barang gak jadi deal, karena kondisi barang gak cocok atau harganya gak masuk, bisa aja kek gitu,” tambah Andre.

Andre sendiri bukanlah seorang kolektor, ia mencari mobil dengan harga terjangkau untuk penggunaan harian dan menunjang aktifitasnya sebagai fotografer studio di kawinan. Bukan untuk koleksi atau kolekdol (koleksi bosen didodolan atau dijual).

Bagi kalian yang sedang pusing mencari mobil apa kira-kira yang cocok untuk kamu yang punya budget seharga Honda Vario 125, berikut referensinya. Siapa tahu cocok.

Toyota Corolla DX

Mobil Bekas Rp 20 Jutaan
Foto Ilustrasi Corolla DX

Jika kamu sedang berburu mobil bekas Rp 20 jutaan, Toyota Corolla DX harus masuk dalam list pilihan. 

Kenapa begitu ? Karena mobil ini terkenal dengan mesinnya yang tangguh dan sparepart yang mudah dicari, sebagai mobil tua syarat ini penting banget untuk dipertimbangkan.

Toyota Corolla DX sendiri mengusung mesin 4K karburator 1.300 cc 4 silinder segaris 8 katup OHV. Menurut data pabrikan, saat masih baru mobil ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal mencapai 62 Hp.

Baca juga  Cara Membuat Suspensi Mobil Empuk, Ini Tipsnya

Toyota Corolla DX  menggunakan penggerak roda belakang. Toyota Corolla DX yang beredar di Indonesia di mulai tahun 1979 – 1984. Untuk tahun pertamanya Corolla DX menggunakan dua lampu bulat dan masuk tahun ’80 sudah mulai mengusung desain lampu kotak.

Salah satu keungggulan meminang Toyota Corolla adalah mobil ini jmudah dijual kembali jika kamu sudah bosan dengan harga yang stabil. Yang ajaibnya, mobil ini memiliki harga ‘gelap’ jika kondisinya benar-benar kempling. Beruntunglah kmau jika bisa membeli Corolla DX dengan kondisi terbaik di harga Rp 20 jutaan.

Suzuki Carry

mobil harga Rp 20 jutaan
Suzuki Carry lawas dijual Rp 20 jutaan

Nah untuk kamu yang sedang megincar mobil bekas Rp 20 jutaan yang muat banyak penumpang, Suzuki Carry Futura adalah jawabnya.

Suzuki Carry Futura diproduksi pertama kali di tahun 1991, kala itu mobil ini berbagi platform dengan Mitsubishi T120 SS namun dnegan mesin yang berbeda.

Suzuki Futura mengusung mesin menggunakan mesin bensin G13C, berkonfigurasi 4 silinder segaris 8 valve, berkapasitas 1326 cc. Baru di tahun mudanya 2000 ke atas mobil ini mengganti mesinnya dengan G15A, dengan konfigurasi 4 silinder berkapasitas 1492 cc.

Mesin baru ini juga digunakan oleh Suzuki APV hingga saat ini.

Menurut hasil pemantauan kami di laman market place jual beli mobil, Suzuki Futura yang yang harganya Rp 20 jutaan di bawah tahun 2000. Tidak jarang Suzuki Futuran di tahun mula-mula 1990an masih tampil segar.

Baca juga  Ragam Filter Mobil dan Fungsinya

Dengan kondisi yang baik seperti itu kebanyakan Suzuki Futura berada di daerah atau di sekitaran jawa.

Hyundai Accent

Mobil bekas harga rp 20 jutaan
Mobil Korea bekas bisa jadi solusi ketika mobil keluaran Jepang harganya meleset dari bujet kamu.

Untuk kamu yang tidak terlalu suka unit tua, retro atau klasik. Coba deh lirik Hyundai Accent. Di zamannya unit ini sukses membuntuti penjualan Corolla dan Honda Civic lho. 

Hyundai Accent dirilis oleh PT Citra Nasional sekitar tahun 1997. Sedan mungil tersebut mengusung mesin 1.500cc 4 silinder segaris SOHC. Di atas kertas, mesin Accent mampu melontarkan tenaga 87 HP pada 5.500 RPM dan torsi 131 Nm pada 3500 RPM.

Salah satu kelebihannya waktu itu adalah bobotnya yang ringan membuat mobil ini terbilang hemat BBM. Selain itu, meski mobil Korea, namun tidak susah untuk menemukan sparepart Hyundai Accent, terlebih di kota-kota besar.

Hasil dari pemantauan kami Hyundai Accent yang dibandrol Rp 20 jutaan merupakan buatan tahun produksi awal-awal 1997-1998. Jika kamu ingin mencari unit terbaik dengan harga yang miring, tentunya dibutuhkan kesabaran ekstra.

Itulah tadi tiga rekomendasi mobil Rp 20 jutaan yang bisa kamu beli di pasar otomotif bekas. Tentu masih banyak lagi produk lain. Tips dari kami, ketika bersiap membeli mobil bekas murah, siapkan pula uang lebih untuk melakukan perbaikan. 

Demikian ulasan terkait mobil bekas Rp 20 jutaan. Simak terus Moladin.com untuk update terbaru berita seputar otomotif.

Terbaru