by

Deretan Mobil Toyota di Olimpiade Tokyo 2020

Mobil Toyota di Olimpiade Tokyo 2020 melengkapi kemeriahan pesta olah raga dunia yang dimulai pada tanggal 23 Juli 2021. Meski dalam suasana pandemi, para peserta yang datang dari 206 negara tersebut tetap antusias memperebutkan medali dari 33 cabang olah raga  yang dilombakan.

Nah perusahaan mobil Toyota sebagai salah satu sponsor di Olimpiade Tokyo 2020 bertanggung jawab atas kemudahan transportasi seluruh orang-orang yang terlibat di Olimpiade 2020.

Di even olah raga kebanggaan dunia tersebut Toyota menampilkan beberapa kendaraan listrik andalannya. Terutama mobil-mobil berteknologi canggih dan berdesain menarik .

Disana Toyota menampilkan kendaraan-kendaraan dilengkapi fitur self-driving, sistem pengenalan wajah, robot pemandu, penterjemah bahasa instan, dan sebagainya.

Sebagai tuan rumah Toyota menyediakan 3.700 produk dimana 90% di antaranya adalah listrik. Tentu saja kecanggihan-kecanggihan in bakal menjadi sorotan dunia, yang memperlihatkan bagaimanan usaha Jepang untuk menjadi negara yang ramah lingkungan.

Toyota Motor Corporation menyediakan jajaran lengkap kendaraan listrik untuk mendukung Olimpiade Tokyo 2020. Berikut kami rangkum beberapa kendaraan yang digunakan di Olimpiade Tokyo 2020.

Toyota Concept-I

Mobil Toyota di Olimpiade Tokyo
Toyota Concept-I berada di barisan depan saat estafet membawa obor Olimpiade Tokyo 2020.

Toyota Concept-I pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017. Dengan desain dan fiturnya mobil ini dirancang untuk memberikan kesenangan pada penumpangnya.

Mobil futuristik tersebut juga menjadi kendaraan oprasional saat membawa obor Olimpiade secara estafet dan berada di barisan paling depan.

Menurut Toyota, kendaraan tersebut menggunakan kecerdasan buatan untuk menyerap pola mengemudi, emosi, dan jadwal untuk meningkatkan kualitas hidup penumpang. Mobil ini juga bisa menditeksi penumpang yang berpotensi terkena serangan jantung.

Toyota e-Palette

Mobil Toyota di Olimpiade Tokyo
Shuttle bus E-Palette

Toyota e-Palette merupakan kendaraan listrik pertama yang ditenagai oleh baterai atau istilahnya BEV (Battery Electric Vehicle). Unit ini dikembangkan khusus untuk perusahaan startup Autono-MaaS, yang hasil kemitraan Uber dan Toyota.

Toyota e-Palette dirancang untuk mendukung kebutuhan transportasi staf dan atlet dan juga untuk mengantarkan orang ke lokasi-lokasi penginapan Olimpiade.

E-Palette mampu mengemudi tanpa supir dan menyediakan sistem kontrol digital untuk memantau proses operasi umum dan kondisi kendaraan.

Toyota APM 

Mobil Toyota di Olimpiade Tokyo
Toyota APM menawarkan perjalanan jarak pendek kepada pengunjung, atlet, dan staf Olimpiade.

Mobil Toyota di Olimpiade Tokyo 2020 lainnya adalah Toyota APM. Pabrikan mobil terbesar di dunia ini mengerahkan sekitar 200 unit kendaraan Toyota APM (Accessible People Mover) untuk Olimpiade Tokyo 2020.

Mobil ini berfungsi untuk mengangkut orang di sekitar venue selama Olimpiade. Mobil itu akan menawarkan perjalanan jarak pendek kepada pengunjung, atlet, dan staf Olimpiade.

APM dapat dengan mudah membawa enam penumpang, termasuk pengemudi. Selain itu juga ramah terhadap pengguna kursi roda, di baris ke dua jika kursinya dilipat.

Mobil transportasi umum ini didukung oleh baterai lithium-ion, yang mampu berjalan berjalan sejauh 100 km dengan sekali pengisian baterai  daya dan memiliki kecepatan maksimum sekitar 20 km/jam.

Toyota Mirai

Mobil Toyota di Olimpiade Tokyo
Toyota menyediakan sebanyak 500 sedan Mirai untuk mengangkut staf dan atlet Olimpiade Tokyo 2020.

Kata “Mirai” berarti “masa depan”. Mobil ini satu-satunya yang menggunakan bahan bakar hidrogen hibrida di Olimpiade Tokyo 2020.

Meski begitu mobil ini sama sekali tidak mengeluarkan polusi CO2. Untuk event ini Toyota menyediakan sebanyak 500 sedan Mirai untuk mengangkut staf dan atlet Olimpiade Tokyo 2020.

Melalui laman resmi Toyota Motor Corporation, dikutip Selasa, (3/8/2021) dikatakan Toyota Mirai pada dasarnya memberikan semua yang diharapkan dari mobil generasi berikutnya, terutama dalam hal desain, kegembiraan, stabilitas, gravitasi, kenyamanan, dan akselerasi.

Gimana guys, begitu majunya kendaraan elektrifikasi di sana. Salah satu yang membedakan Olimpiade 2020 dari sebelumnya adalah bahwa Jepang ingin memperkenalkan kemajuan teknologi dari dekat, dengan cara yang lebih efektif.

Dengan sederet kompensasi dan inovasi yang telah diberikan Jepang untuk peserta tentu saja ini akan menjadi perjalanan yang mengasyikkan sesuai dengan komitmen mereka yakni “Mobilitas untuk Semua”.

Demikian ulasan terkait mobil Toyota di Olimpiade Tokyo 2020. Simak terus Moladin.com untuk mendapatkan update konten otomotif lainnya.

Terbaru