Sabtu, April 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Di Australia, Penjualan BYD Keok Dihajar Tesla

by Tigor Sihombing
penjualan BYD

Berstatus jadi produsen mobil listrik terlaris di dunia tahun 2023, bagaimana penjualan BYD di Australia? Pasar mobil listrik di Australia jadi semakin menarik belakangan ini.

Seiring dengan kesadaran akan lingkungan dan upaya mengurangi emisi gas rumah kaca, mobil-mobil ramah lingkungan, khususnya yang listrik, semakin diminati di negeri Kanguru. Bahkan, persaingan antara merek-merek terkemuka seperti BYD dari China dan Tesla dari Amerika Serikat pun semakin memanas.

Mengutip data Kamar Dagang dan Industri Otomotif Federal Australia (FCAI), dalam dua bulan pertama tahun 2024, total penjualan mobil listrik, termasuk BEV (Battery Electric Vehicle) dan PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle), mencapai angka yang mengesankan, yaitu 14.960 unit.

Mayoritas penjualan ini didominasi oleh BEV, dengan 4.849 unit terjual pada bulan Januari dan 10.111 unit pada bulan Februari. Satu hal yang menarik adalah pergeseran dalam peta penjualan antara BYD dan Tesla.

Pada bulan Januari, BYD berhasil menyalip Tesla dengan penjualan mobil listrik murni (BEV) mereka. Namun, pada bulan Februari, Tesla kembali mendominasi pasar. Hal ini menunjukkan betapa ketatnya persaingan antara kedua produsen ini di pasar mobil listrik Australia.

Baca juga  Jokowi Undang Elon Musk ke Indonesia, Bikin Mobil Listrik Lokal?

Patrick Thompson, seorang analis otomotif di Australia, menjelaskan kepada CBS News bahwa penjualan Tesla sedikit menurun pada bulan Januari karena beberapa kendala logistik di pelabuhan, bukan karena kurangnya minat konsumen.

“Meski begitu Tesla tetap menjadi merek yang paling dikenal dan diinginkan di kalangan masyarakat Australia,” katanya.

Australia Kesetrum Mobil Listrik

Mengutip The Guardian 20 maret 2024, dikatakan di Australia industri mobil listrik mengalami peningkatan penjualan sebesar 120% di banding tahun 2022. Menurut laporan Australian Electric Vehicle Industry Recap 2023, saat ini sudah ada lebih dari 180.000 kendaraan listrik yang beredar di Australia.

Selain itu dilaporkan juga bahwa lokasi infrastruktur pengisian meningkat 75% dibanding tahun sebelumnya (2022), dengan 812 stasiun pengisian sekarang beroperasi di seluruh Australia.

Berikut adalah 10 mobil listrik yang paling laris di Australia selama Januari – Februari 2024:

  1. Tesla Model 3 – 4.316 unit
  2. Tesla Model Y – 2.411 unit
  3. BYD Atto3 – 1.176 unit
  4. BYD Seal – 1.208 unit
  5. MG4 – 983 unit
  6. BYD Dolphin – 455 unit
  7. Kia EV6 – 3.091 unit
  8. Volvo XC40 – 309 unit
  9. BMW i4 – 221 unit
  10. Toyota bZ4X – 208 unit
Baca juga  BYD Seagull, Mobil Listrik Rp 175 Jutaan Rival Wuling Air EV!

Kisah perkembangan mobil listrik di Australia ini memang menarik untuk terus diikuti. Siapa yang akan menjadi pemenangnya di tengah persaingan yang semakin sengit? Kita tunggu saja dan saksikan perkembangannya.

Demikian ulasan Penjualan BYD di Australia. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomtoif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika