by

Dua Motor Terbaru Aprilia Dirilis, Cuma 125 cc!

Dua model motor terbaru Aprilia, resmi diluncurkan secara global. Meski nampak serupa, nyatanya keduanya punya beberapa perbedaan.

Kedua model motor Aprilia tersebut, hadir dengan tampilan cross dan supermoto. Bicara kapasitas mesin, cuma 125 cc. Mereka adalah Aprilia RX 125 dan Aprilia SX 125.

Sekilas, jika dilihat tak ada banyak perbedaan pada dua model motor asal Italia terbaru ini. Namun, jika dilihat secara detail ada beberapa perbedaan diantara keduanya.

Aprilia RX 125, hadir dengan model motor offroad. Bisa dikatakan, ini merupakan kuda besi yang siap melibas medan jalan tanah dan siap untuk diajak trabasan.

Sementara, untuk model lainnya yakni, Aprilia SX 125, memiliki model supermoto. Model ini, biasanya digunakan bagi para penyuka otomotif yang gemar melibas medan jalan datar juga aspal.

Motor Terbaru Aprilia Hadir dengan Berbagi Basis

Motor Sport Terbaru Aprilia

Dua model motor terbaru Aprilia ini memang memilik banyak kesamaan. Jika melihat spesifikasi mesin misalnya, keduanya sama-sama dibekali mesin 4-tak, satu silinder 125cc, berpendingin cairan, dengan DOHC dan rasio kompresi 12: 1.

Baca juga  KTM 1290 Super Adventure R 2021 Meluncur, Siap Garuk Tanah!

Mesin itu memiliki kemampuan untuk menghasilkan tenaga yang bisa mencapai 14,75 hp pada putaran 10.000 rpm sedangkan torsi maksimum yang dihasilkan kedua motor ini mencapai 11,2 Nm pada putaran 8.000 rpm.

Guna memberikan kenyamanan maksimal ketika dikendarai, baik Aprilia RX 125 dan Aprilia SX 125 dibekali dengan peredam kejut yang terbaik.

Untuk suspensi depan motor ini sama-sama mengusung shockbreaker model up side down (USD) dengan ukuran diameter 41 mm dengan panjang travel 240 mm. Sementara untuk peredam kejut di bagian belakang, terdapat swingarm yang disokong dengan suspensi monoshock dengan panjang travel 210 mm.

Untuk membantu penjelajahan yang lebih jauh, kedua motor ini dibekali juga dengan tangki bahan bakar yang mampu menampung bahan bakar hingga mencapai 7 liter. Sementara, bobot total motor ini adalah 134 kg ketika bahan bakar tengah terisi penuh.

Beda RX 125 dengan SX 125

Motor Sport Terbaru Aprilia

Kamu pasti bisa lihat, untuk perbedaan antara kedua model ini, bisa dilihat pada bagian roda. Aprilia SX 125 menggunakan roda berdiameter 17 inci untuk roda bagian depan maupun roda bagian belakang. Roda itu, dibalut dengan ban model on road.

Baca juga  5 Tips Naik Motor Offroad untuk Pemula, Dijamin Bisa!

Sementara, pada Aprilia RX 125, motor trail ini menggunakan roda dengan diameter velg selebar 21 inci pada roda bagian depan dan lebar diameter 18 inci pada roda bagian belakang. Untuk ban yang digunakan, motor ini memakai ban dengan model off road. Tentunya ini dimaksudkan bagi penyuka oleh raga otomotif off road ataupun trabasan.

Untuk perbedaan lainnya, kamu juga bisa lihat pada tinggi jok motor. Dimana tinggi jok Aprilia SX 125 memiliki ketinggian 880 mm sementara Aprilia RX 125 memiliki ketinggian jok 905 mm.

Dua model motor terbaru Aprilia ini hadir dengan pilihan warna yang sama yakni, warna Silver Speedway dan varian grafis Rally Tribute baru, dengan varian Red Raceway.

Sayangnya, dalam keterangan yang kami terima, Aprilia belum merilis harga jual untuk kedua model motor barunya ini. Tentunya untuk pula hadir di Indonesia, masih jauh panggang dari api. Sabar!

Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Baca juga  3 Perbedaan KLX 150 BF SE dan KLX 150 BF

Terbaru