by

3 Ciri Thermostat Vixion Rusak, Ini Tandanya

Apabila Yamaha Vixion kamu mengalami over heat, bisa jadi thermostat motor kamu bermasalah. Berikut kita ulas ciri thermostat Vixion rusak.

Namun, sebelum kita membahasnya lebih jauh, kamu harus tahu duluapa itu thermostat dan juga fungsinya. Thermostat merupakan sebuah komponen yang sangat penting pada sebuah motor yang menggunakan sistem pendinginan mesin dengan radiator.

Komponen ini, merupakan sensor untuk komponen lain pada sistem pendinginan mesin motor. Meskipun bentuknya cukup kecil dibandingkan komponen lainnya, nyatanya komponen satu ini tidak bisa dianggap sepele pada sebuah motor.

Thermostat memiliki sebuah katup, dimana jika kayup itu dilalui hawa dengan panas dengan suhu yang tinggi atau diatas suhu normal (suhu normal mesin) maka katup thermostat secara otomatis akan membuka dan akan kembali menutup jika suhu yang sesuai sudah kembali normal.

Biasanya, thermostat akan bekerja saat membaca suhu mesin telah berada diatas ambang normal suhu mesin yakni lebih dari 80 derajat sampai dengan 90 derajat celsius.

Sebenarnya proses kerja dari thermostat cukup sederhana yakni, saat suhu mesin berada di bawah 80 derajat sampai dengan 90 derajat celcius, maka cairan pendingin yang tertinggal pada mesin akan terus bersirkulasi atau diputarkan di bagian mesin menggunakan pompa cairan pendingin radiator.

Begitu suhu sudah mencapai ambang batas yang ditentukan seperti yang disebutkan diatas, maka thermostat akan mulai membuka katup dan membiarkan air pendingin yang sudah panas masuk radiator dan air pendingin yang masih dingin masuk ke mesin motor. Sirkulasi ini terus menerus berjalan hingga akhirnya suhu kembali normal

Baca juga  7 Rekomendasi Motor Bekas Rp 5 Jutaan

Disini, sistem thermostat juga akan memerintahkan kipas radiator untuk menyala dan menghisap hawa panas radiator lalu membuangnya sehingga temperatur mesin terus terjaga.

Jadi, bisa dikatakan thermostat akan menjaga suhu mesin agar suhu mesin tetap terjaga dan mengantisipasi suhu panas yang berlebihan pada mesin sebuah sepeda motor.

Kembali ke soal ciri thermostat Vixion rusak, sesungguhnya ada beberapa. Mulai dari lampu MIL menyala,   Jika tiba-tiba motor kamu over heat, bisa jadi thermostat yang ada di motor kamu sudah lemah atau bahkan sudah rusak.

Rivandi selaku pemilik bengkel Rivan’s Motor menyampaikan, setidaknya terdapat 3 ciri yang bisa diketahui dan jadi acuan penanganan dini ketika thermostat bermasalah:

1. Lampu MIL menyala Jadi Ciri Thermostat Vixion Rusak

Ciri thermostat vixion rusak

Ciri thermostat Vixion rusak, dapat kamu lihat dari lampu Malfunction Indicator Lamp (MIL) menyala. Bisa jadi, ada masalah pada sistem pendinginan motor Yamaha Vixion kamu.

Kamu perlu mengecek satu per satu komponen yang ada pada sistem pendinginan pada motor Yamaha Vixion kamu. Jangan lupa, cek juga bagian thermostat, kipas radiator dan juga bagian radiator.

“Kalau lampu indikator over heat sudah menyala secara terus menerus, bisa cek semua komponen sistem pendinginan. Karena sistem pendinginan motor punya banyak komponen jadi harus di cek satu persatu supaya tahu permasalahannya dimana,” ujar Rivan.

Baca juga  Spesifikasi Yamaha FZ-S, Calon Pengganti Byson Seharga Rp19 Jutaan

Meski tahu betapa penting thermostat pada sepeda motor, tak sedikit juga pengguna sepeda motor yang punya anggapan salah. Ketika overheat, banyak juga pengguna sepeda motor yang malah melepas thermostat. Mereka justru menganggap komponen ini sebagai penyebab mesin panas.

“Banyak yang salah paham, thermostat dianggap jadi penyebab masalah over heat motor. Padahal, thermostat yang membantu kelancaran sirkulasi sistem pendinginan mesin motor,” kata Rivan. 

2. Kipas Radiator Terus-Terusan Aktif, Bisa Jadi Indikasi

images

Selain lampu Malfunction Indicator Lamp yang menyala, ciri thermostat Vixion rusak juga bisa dideteksi dari kipas radiator sepeda motor kamu.

Jika kipas pada radiator tunggangan kuda besi kamu terus menyala, bisa jadi ada yang tidak beres pada thermostat. Tak hanya itu, jika pada suhu panas kipas tidak menyala juga bisa jadi thermostat rusak.

Dalam artian, disini thermostat sudah tidak bekerja sebagaimana mestinya. Sistem buka tutup thermostat sudah tidak memerintahkan kapan waktunya mesin harus didinginkan atau tidak.

“Jadi kita bisa cek di kipas radiator, kalau malah nyala terus atau bahkan malah mati bisa jadi thermostat sudah mulai rusak. Jadi thermostat sudah enggak bisa kasih perintah ke sistem elektronik pendinginan mesin,” jelas Rivan.

Baca juga  Mau Ikut Maxi Yamaha Virtual Touring 2021? Ini Caranya

3. Mesin Cepat Panas Saat Motor Baru Dinyalakan

WhatsApp Image 2021 03 01 at 13.24.45

Pada Yamaha Vixion injeksi, ada komponen yang bernama Fast Idle Selenoid (FID). Salah satu fungsi komponen ini adalah menyelaraskan kebutuhan bahan bakar saat motor baru pertama kali dinyalakan.

Kamu bisa perhatikan, saat motor Yamaha Vixion pertama kali dinyalakan, putaran mesin akan meninggi terlebih dahulu sampai batas waktu tertentu. Biasanya hanya berlangsung kurang dari satu menit.

Hal ini terjadi lantaran, saat baru pertama kali motor menyala butuh pasokan bahan bakar yang lebih banyak. Ketika pasokan bahan bakar tercukupi, maka putaran mesin akan kembali normal.

Apa hubungannya dengan thermostat? Jelas berhubungan, sebab ketika mesin baru menyala suhu mesin akan mulai merambat naik menjadi panas. Ketika itulah thermostat akan bekerja untuk membuka dan menutup sirkulasi pendinginan.

Jika tiba-tiba saat itu motor mengalami panas yang berlebihan, serta mesin tidak kunjung dingin, harusnya kamu waspada. Bisa jadi ini ciri thermostat vixion rusak.

Seperti yang sudah disebutkan di ciri pertama, thermostat akan mengirimkan perintah melalui ECU kepada sistem sirkulasi pendinginan. Jika thermostat tidak bekerja, maka akan terjadi over heat di mesin dan ECU mencoba menginformasikan kepada pemilik motor melalui lampu MIL.

Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru