Ford Bronco Mulai Dirakit di Cina, Lanjut Ke Indonesia!

by Tigor Sihombing
Ford Bronco mulai dirakit di China

Ford Bronco mulai dirakit di China. Hal ini dilakukan oleh pabrikan otomotif kenamaan asal Amerika tersebut untuk memperluas jangkauan mobil off-road populer mereka ke berbagai pasar internasional. Setelah sukses membawa Bronco ke Eropa, kini giliran Cina yang akan menyambut off-roader tangguh ini dengan tangan terbuka.

Bukan tidak mungkin, selanjutnya pasar Asia Tenggara akan kebagian unit Ford Bronco. Apalagi Ford memang punya pabrik di Thailand yang juga memberi suplai untuk pasar Indonesia. Jadi, kalau Ford Bronco diproduksi di Thailand, kemungkinan besar Tanah Air akan kebagian.

Ford melakukan produksi Bronco di Cina dengan berkolaborasi bersama perusahaan patungan terpercaya, Jiangling Ford. Meskipun Ford Bronco untuk pasar Cina belum resmi debut, gambar-gambar dari kendaraan ini dengan spesifikasi Cina telah muncul di Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Cina. Terungkap ada beberapa perbedaan menarik dengan saudaranya yang berspesifikasi Amerika Serikat.

Spesifikasi Ford Bronco Cina

Ford Bronco merupakan SUV andalan Ford

Ford Bronco merupakan SUV andalan Ford

Dalam foto terlihat mobil Ford Bronco hadir dalam konfigurasi empat pintu. Variasi terlihat pada dua jenis roda, bumper, dan ekstensi fender yang berbeda, tergantung pada trimnya. Perbedaan desain yang mencolok dengan model Amerika Utara terletak pada tulisan Ford pada kisi-kisi bermerek Bronco, reflektor yang lebih jelas, dan penggunaan huruf Cina pada bak belakang.

Baca juga  Harga Ford Everest 2023, Varian Titanium Paling Mahal!

Menilik data dari Cina, Ford Bronco versi Cina memiliki dimensi yang sedikit berbeda dengan saudaranya di Amerika Utara. Panjang kendaraan ini berkisar antara 4.800 hingga 4.825 mm, lebar 2.070 mm, dan tinggi 1.990 mm, dengan jarak sumbu roda sekitar 2.950 mm.

Meskipun lebar dan jarak sumbu roda tetap sama, panjang dan tinggi Bronco di Cina berbeda, kemungkinan akibat penyesuaian peralatan untuk memenuhi preferensi pasar. Performa Bronco spesifikasi Cina akan diperkuat oleh mesin 2,3 liter turbocharged yang diproduksi secara lokal oleh perusahaan patungan Changan Ford.

Mesin ini memiliki tenaga sebesar 271 hp dan torsi 455 Nm, sedikit lebih rendah dibandingkan dengan model entry-level di Amerika Serikat. Diperkirakan gearbox yang digunakan adalah 8-speed otomatis, berbeda dengan 10-speed otomatis yang ada di Amerika, dan tidak ada opsi transmisi manual.

Harga Ford Bronco Bersaing di Pasar Cina

Ford Bronco mulai dirakit di China

Tampilan belakang Ford Bronco

Pabrikan otomotif Jiangling Ford diperkirakan akan memulai produksi Ford Bronco lokal di Cina pada tahun 2024. Mengenai harga, Ford Bronco produksi lokal diperkirakan akan dijual mulai dari 300.000 Yuan atau sekitar Rp 634 jutaan.

Baca juga  Geber Jualan, Ini Alamat Diler Ford Baru di Jakarta Barat

Harga ini jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan versi impor dari Amerika Serikat, yang berkisar antara 700.000 Yuan atau sekitar Rp 1,4 miliar. Selain Ford Bronco, Jiangling Ford juga memproduksi Ford Ranger, yang akan memberikan lebih banyak opsi terjangkau bagi para pembeli di Cina.

Dengan masuknya Ford Bronco ke pasar Cina, diharapkan penggemar off-road di negara tersebut akan memiliki lebih banyak pilihan untuk menjelajahi medan-medan yang menantang dengan kendaraan yang andal dan bertenaga. Kapan ya bakal masuk Indonesia?

Demikian ulasan terkait Ford Bronco mulai dirakit di Cina. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika