by

Harga Toyota Starlet Bekas, Ada yang Rp 100 Juta!

Harga Toyota Starlet bekas beragam, tergantung dari kondisi mobilnya. Mulai dari kondisi bodi, interior, mesin, kelengkapan dokumen, serta tahun produksi, itu mempengaruhi. Bahkan terkadang, warna mobil juga berpengaruh pada nilai jual Starlet bekas.

Toyota Starlet generasi ketiga merupakan Toyota Starlet pertama yang masuk ke Indonesia. Ketika itu Tanah Air sekaligus menjadi negara pertama yang memproduksi Starlet selain di Jepang.

Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1990 muncul secara resmi Toyota Starlet generasi keempat dengan tampilan yang berbeda.

Toyota Starlet generasi keempat ini masih mengusung mesin 1.000 cc atau EP80 dan 1.300 cc yang juga dikenal sebagai EP81. Kemudian pada tahun 1996 kembali muncul Starlet baru, yaitu varian SEG yang sudah mengusung power steering.

Keandalan mesin dan desain yang timeless merupakan keunggulan. Serta kemudahan suku cadang yang mudah didapat, juga membuat Toyota Starlet baik yang kotak ataupun Starlet kapsul tetap banyak diminati penggila mobil era 1990 an. Yuk kita intip harga Toyota Starlet bekas.

Kisaran Harga Toyota Starlet Bekas

  • Starlet EP70 & EP71 (Staret kotak)

harga Toyota starlet bekas
Ilustrasi Starlet Kotak, harganya berkisar mulai Rp 40 jutaan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Toyota Starlet pertama kali beredar di Indonesia merupakan generasi ketiga. Mobil ini punya ciri khas bodi mengotak, kemudian pakai mesin 1.000 cc dan 1.300 cc.

Baca juga  5 Tips Beli Mobil Bekas Taksi yang Berkualitas

Bicara harga Toyota Starlet bekas model kotak dibanderol kisaran Rp 37 jutaan hingga Rp 43 jutaan untuk varian Starlet 1.0 XL lansiran tahun 1985 hingga 1989. Harga termurah itu untuk model EP70 atau yang bermesin 1.000 cc.

Fitur Toyota Starlet EP70 terbilang sederhana. Fitur elektrik sangat minim, mulai dari masih menggunakan engkol untuk membuka kaca jendela hingga setir yang belum power steering. Untuk pengapiannya sendiri masih mengandalkan platina. 

Sementara itu untuk Starlet kotak varian XL bermesin 1.300 cc dengan kode mesin EP71, harga bekasnya saat ini ada di angka Rp 45 jutaan hingga Rp 50 jutaan. Tergantung kondisi mesin, bodi, interior dan kelengkapan dan keabsahan dokumennya.

Oh ya, pada Starlet EP71 yang beredar di Indonesia juga ada varian SE untuk lansiran 1988 dan 1989. Perbedaanya dari sisi interior yang mengusung kombinasi warna merah dan abu-abu, populasinya terbilang tidak banyak. Harga bekasnya ada di atas Rp 50 jutaan.

  • Starlet EP80 & EP81 (Starlet kapsul)

harga toyota starlet bekas
Sosok Starlet kapsul

Mendapat respon yang positif, Toyota kembali melahirkan generasi keempat Toyota Starlet pada 1990. Tampil dengan desain yang berubah menjadi lebih membulat oleh karenanya disebut Starlet kapsul.

Baca juga  Mengenal Kelemahan Grand Livina Matic, Ketahui Sebelum Beli

Harga Toyota Starlet bekas model kapsul ini ada dikisaran Rp 50 jutaan untuk vairan XL. Sementara untuk varian SE ada dikisaran Rp 55 jutaan hingga Rp 65 jutaan.

Toyota starlet kapsul mengusung desain lebih modern, meninggalkan desain kotak seperti pada generasi sebelumnya. Meski demikian, fiturnya masih minim. Belum mengusung power window, alias masih menggunakan engkol untuk membuka jendela mobil serta pada bagian kemudi belum menyematkan power steering.

Starket kapsul mengusung jantung mesin 1.300 cc. 4 silinder dengan karburator. Tenaganya diklaim mencapai 65 hp dengan torsi 98 Nm dengan pilihan transmisi manual. Mesin ini sama seperti yang dipunya Starlet EP71.

Pada tahun 1995, Toyota Tarlet kapsul kembali hadir dengan varian SEG yang perbedaan signifikan ada pada sistem kemudi yang sudah mengusung power steering dan power window untuk bagian pintu depan. Untuk varian SEG harga bekasnya dikisaran Rp 70 jutaan.

  • Toyota Starlet GT Turbo

harga toyota starlet bekas
Starlet GT Turbo merupakan mobil impor dari Jepang dan Malaysia

Toyota Starlet GT Turbo yang beredar di Indonesia merupakan produk impor alias CBU dari Jepang atau Malaysia. Sebab kedua negara tersebut yang memang mendapat jatah untuk menjualnya.

Soal harga bekas Stralet GT Turbo bisa mencapai Rp 100 juta lebih. Apalagi kondisi mobilnya masih full orisinil dengan kondisi mesin, bodi dan interior utuh.

Baca juga  7 Tips Beli Mobil BMW Bekas, Jangan Sampai Menyesal!

“Untuk Starlet GT Turbo populasinya sangat jarang, harga bekasnya gelap. Namun kalau dengar dari teman yang sudah pernah memilikinya, dia membeli dengan harga Rp 112 juta,” ungkap Risqon, salah satu pemilik Toyota Starlet kapsul lansiran 1996.

Perbedaan varian Starlet lainnya dengan Starlet GT Turbo adalah kap mesinnya yang jadi salah satu ciri khas mobil turbo tersebut. Toyota merancang kap mesinnya dengan tambahan air scoop di bagian tengahnya.

Bermodal dari sejumlah ciri tersebut, tak sedikit para pemilik Starlet yang mengubah mobilnya dengan tampilan GT Turbo. Mulai dari pemasangan kap mesin dengan airscoop, lampu depan model bulat, sampai mengubah dari 4 menjadi 2 pintu dan engine swap biasa dilakoni.

Starlet GT Turbo ada pula yang hadir dalam versi dua pintu, dengan tampilannya tersebut tentu membuat tampilannya sangat beraura sporty.

Dari sisi mesin, Starlet GT Turbo model kapsul menggunakan kapasitas 1.300 atau 1.500 cc yang tentu mendapat induksi turbo. Dari mesin tersebut tercatat mampu menghasilkan tenaga diklaim lebih dari 130 hp.

Moladiners, itulah ulasan mengenai harga Toyota Starlet bekas. Untuk informasi otomotif menarik lainnya pantau terus Moladin.com.

Terbaru