by

Peluncuran Renault Kiger di Indonesia, Agustus 2021!

Setelah menjalani debut pertamanya di India pada 30 Januari lalu, dalam waktu dekat peluncuran Renault Kiger juga akan berlangsung di Indonesia. Dari informasi yang dikutip laman resmi Renault Indonesia, dikatakan Kiger akan melantai pada 12 Agustus.

Kehadiran Renault Kiger di Tanah Air, juga sudah dihembuskan oleh berbagai tenaga penjual dari pabrikan mobil asal Perancis tersebut. Mereka bahkan sudah membocorkan terkait, harganya mulai Rp 220 juta (OTR Jakarta) untuk varian 1.0 liter tanpa turbo dan Rp 275,9 juta (OTR Jakarta) khusus versi 1.0 turbo CVT.

Menarik sejarah Renaul Kiger ke belakang, SUV compact tersebut pertama kali diperkenalkan pada November 2020 sebagai mobil konsep urban. Menurut pabrikan, desain eksterior Renault Kiger sendiri terinspirasi dari beberapa produk mobil renault.

Misalnya pada depan ada sentuhan Kwid. Sementara di belakang terinspirasi dari Renault Captur dengan taillight C-shape.

SUV Kecil dengan Kapasitas Ruang Penyimpanan Berlimpah

peluncuran renault kiger indonesia
Renault Kiger di Indonesia bakal bersaing dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Meski peluncuran Renault Kiger belum dilakukan di Indonesia, namun spesifikasinya bisa kita intip dari Renault India. Jika melihat produk yang lebih rilis dahulu di Negeri Bollywood, Renault melengkapi Kiger dengan pencahayaan lampu LED di depan dan belakang.

Baca juga  Bocoran Harga Jual Renault Kiger di Indonesia, Semurah Apa?

Selain itu pada type tertingginya menggunakan pelek ukuran 16 inci, sedangkan model yang lebih rendahnya 15 inci. Renault Kiger juga memiliki platform yang mirip-mirip dengan Triber. Dengan panjang keseluruhan 3.991 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.600 mm, serta jarak sumbu roda 2.500 mm.

Nah yang unik di bagaian mesin. Secara terang Renault akan berperang dengan Daihatsu Rocky dan dan Toyota Raize di Indonesia. Dengan berbekal mesin bensin tiga silinder 1.0 liter turbocharged, Renault Kiger mampu menghasilkan 100 daya kuda dan torsi 160 Nm. Output tersebut dikirim ke roda depan melalui transmisi manual lima kecepatan atau CVT opsional.

Di India, Renault juga membekali Kiger dengan mesin 1.000 cc non turbo. Dengan tenaga 72 dk dan torsi 96 Nm yang disalurkan melalui melalui transmisi manual lima kecepatan. Dengan bobot yang hanya mencapai 1.012 kilogram, atau 1 ton lebih dikit. Tenaga tersebut diklaim berlimpah untuk sebuah SUV compact perkotaan. 

Kiger pun memiliki mode sport untuk respons mesin yang lebih agresif dengan perpindahan gigi yang lebih cepat dan responsif.

Baca juga  5 Kekurangan Renault Kwid Climber, Jangan Salah Beli!

Sebagai mobil perkotaan. Renault Kiger mengaplikasi ruang bagasi yang memadai untuk ukuran SUV kecil di kelasnya. Yakni  volume 405 liter yang dapat ditambah hingga 879 liter setelah melipat jok belakang.

Tidak hanya itu, Renault Kiger juga melengkapi dirinya dengan kompartemen penyimpanan di banyak tempat. Klaim pabrikan jika digabungkan kompartemen ini mencapai total kapasitas 29 liter.

Penasaran kan dengan mobil yang diimpor utuh dari India ini? Kita tunggu saja peluncuran Renault Kiger di Indonesia pada 12 Agustus 2021. Maka dari itu simak terus Moladin.com untuk mendapatkan update berita terbaru seputar otomotif.

Terbaru