by

Penjualan Turun, Honda Hentikan Aktivitas Produksi di Indonesia

Wabah virus Korona (Covid-19) mempengaruhi perekonomian Indonesia, hampir seluruh industri di Tanah Air terkena dampaknya. Termasuk industri otomotif secara nasional yang turut terpengaruh. Honda salah satu yang merasakan imbasnya dalam penjualan mereka di Maret lalu.

Untuk mengantisipasi penurunan pasar otomotif di Indonesia, sejumlah pabrikan langsung mengambil langkah cepat dalam mengatasi kondisi saat ini.

Termasuk PT Honda Prospect Motor (HPM) yang akhirnya memutuskan untuk memfokuskan strategi mereka dengan menjaga tingkat pasokan yang sehat, serta membawa berbagai layanan ke rumah konsumen.

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM menjelaskan, dalam kondisi pasar yang sedang turun saat ini, sangat penting untuk tetap menjaga level stok dan pasokan untuk konsumen agar tetap seimbang dengan permintaan pasar.

“Kami akan melakukan penyesuaian dengan menghentikan sementara aktivitas produksi di pabrik selama 14 hari, mulai tanggal 13 April 2020,” ujarnya.

Selama masa ini, tambah Yusak, hanya lini produksi yang berhenti beroperasi. Sementara operasional lain di pabrik dan Head Office masih tetap berjalan sesuai dengan aturan pemerintah saat ini.

Baca juga  Honda BeAT Series Resmi Meluncur, Harga Mulai 16 Jutaan

Ia menegaskan, “Kami juga terus memonitor permintaan di pasar untuk mempersiapkan strategi yang tepat dalam menjalankan aktivitas produksi di bulan-bulan mendatang.”

Penjualan Honda Maret 2020

pajak progresif kendaraa
Pajak progresif dikenakan untuk kendaraan jenis yang sama

Di tengah lesunya pasar otomotif, namun di bulan Maret lalu Honda tercatat meraih penjualan sebanyak 10.657 unit. Pencapaian itu mengalami penurunan sebesar 11 persen, dibandingkan bulan sebelumnya.

Penjualan Honda di bulan Maret 2020 masih ditopang oleh Honda Brio yang terjual sebanyak 5.444 unit, diikuti Honda HR-V sebanyak 1.880 unit, Honda CR-V sebanyak 1.151 unit dan Honda Jazz sebanyak 820 unit.

Honda Mobilio terjual sebanyak 745 unit. Untuk penjualan Honda BR-V terjual 390 unit, dan Honda Civic Hatchback RS membukukan penjualan 103 unit.

Honda Civic sedang tercatat terjual sebanyak 52 unit, disusul Honda Odyssey sebanyak 28 unit, Honda City sebesar 22 unit, Honda Accord sebanyak 20 unit dan Honda Civic Type R terjual 2 unit.

Baca juga:

Baca juga  All New PCX 150 vs ADV 150, Mantap Mana Tarikannya?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru