Jumat, April 26, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

PEVS 2023 Digelar Mei, Merek Mobil Apa yang Ikutan?

by Firdaus Ali
harga dan spesifikasi dfsk mini ev produksi lokal

Setelah sukses pada perhelatan pertamanya, Dyandra Promosindo dan Periklindo siap gelar PEVS 2023 yang akan berlangsung mulai 17 sampai 21 Mei 2023. Adapun lokasi pameran kendaraan elektrik ini di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Menariknya, saat pameran PEVS 2023 berlangsung, insentif kendaraan listrik dari pemerintah berupa diskon PPN 10 persen sudah diberlakukan. Tentu saja hal ini akan menjadi daya tarik masyarakat untuk membeli kendaraan listrik karena harganya aka lebih ramah di kantong.

“Penyelenggaraan PEVS 2023 menjadi momentum yang tepat, baik bagi pelaku bisnis untuk menyampaikan literasi mengenai kendaraan listrik itu sendiri, serta bagi masyarakat yang minat untuk memiliki kendaraan listrik,” ungkap Moeldoko selaku Ketua Umum Periklindo (6/4/2023).

Sebagaimana diketahui, mulai 1 April 2023 pemerintah telah memberlakukan insentif kendaraan listrik. Untuk spesifik mobil insentif diberikan dalam bentuk potongan atau diskon PPN 10%. Dalam artian, PPN mobil listrik hanya dikenakan sebesar 1%.

Aturan mengenai insentif tersebut sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 38 Tahun 2023 tentang Pajak Pertambahan Nilai Atas Penyerahan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Empat Tertentu dan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Bus Tertentu yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2023 (PMK PPN DTP Kendaraan Listrik).

Baca juga  Periklindo Electric Vehicle Show 2022, Catat Tanggalnya!

Di mana insentif PPN DTP ini berlaku untuk Tahun Anggaran 2023 dengan mulai berlaku masa pajak April 2023 sampai dengan masa pajak Desember 2023.

Sampai saat ini, baru ada 2 mobil yang telah resmi mendapat insentif tersebut yakni Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air EV. Adapun syarat mutlaknya adalah mobil listrik tersebut harus diproduksi di dalam negeri dan nilai TKDN minimal 40%. Berikut detailnya:

  • Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) Berbasis Baterai Roda Empat dan Bus dengan TKDN ≥40%, akan diberikan PPN DTP sebesar 10% sehingga PPN yang harus dibayar tinggal 1%
  • Kedua, KBL Berbasis Baterai Bus dengan 20% ≤ TKDN < 40% diberikan PPN DTP sebesar 5%, sehingga PPN yang harus dibayar sebesar 6%.

Sebagai informasi, pameran PEVS 2023 akan menyuguhkan sejumlah merek mobil dan sepeda motor listrik ternama. Tidak hanya itu saja, industri pendukung seperti aksesori hingga aftermarket juga kabarnya akan meramaikan pameran kendaraan listrik tahunan ini.

Peserta PEVS 2023

PEVS 2023

Wuling Air EV menjadi primadona saat PEVS 2022 lalu

Berbicara peserta event PEVS (Perklindo Electric Vehicle Show) 2023, untuk saat ini cuma ada dua merek yaitu Wuling dan DFSK yang sudah konfirmasi. Keduanya adalah merek mobil Cina yang sudah menjadi member Periklindo untuk roda 4 alias mobil.

Baca juga  MG ZS EV Siap Meluncur di GIIAS 2022, Harganya Murah!

Wuling sendiri memiliki satu produk mobil listrik yaitu Air EV. Ini adalah produk EV paling mungil yang dijual di Indonesia. Banderolnya juga paling terjangkau. Sebagai gambaran, harga Wuling Air EV Standard Range Rp 243 juta (OTR Jakarta) dan Long Range Rp 299,5 juta (OTR Jakarta). Banderol tersebut adalah nominal sebelum subsidi PPN 10 persen dari pemerintah.

Sementara untuk DFSK Gelora E. Minibus ini dijual dengan harga mulai Rp 399 juta (OTR Jakarta). Lalu ada pula Gelora E dalam versi blind van yang dijual Rp 350 juta (OTR Jakarta). Hingga sekarang mobil listrik DFSK ini belum dapat insentif, lantaran kandungan lokalnya belum memnuhi persyaratan yang diminta pemerintah.

Di samping itu, ada kemungkinan juga DFSK bakal kembali membawa Mini EV selaku mobil listrik mini saingan Wuling Air EV. DFSK Mini EV memang belum dijual, tapi bukan tidak mungkin PEVS 2023 jadi ajang pemasarannya di Tanah Air.

Selain itu ada pula Prestige Motor selaku IU (Importir Umum) yang menghadirkan mobil Tesla. Hanya saja Tesla adalah mobil listrik yang tidak dibuat di Tanah Air.

Baca juga  Pertamina Bangun 76 SPBU GES untuk Mobil Listrik

Kemudian, ada pula beberapa merek sepeda motor listrik dan produk aftermarket seperti MAB, Birubatt, WP, Smoot, HTM Motorcycle, Benelli, ABC Lithium, Molindo, Fast, Semesta Energi Services, Motoriz dan Bene eBike Korsindo. Itulah tadi bahasan soal peserta PEVS 2023 dan tanggal pelaksanaannya. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika