Sabtu, April 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Polri Akan Tes Doping dan Kesehatan ke Pengemudi Angkutan Umum di Musim Mudik 2024

by Firdaus Ali
tes doping dan kesehatan ke pengemudi angkutan umum

Polri akan tes doping dan kesehatan ke pengemudi angkutan umum di musim mudik 2024. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan akibat supir yang ugal-ugalan.

Dilansir dari laman Korlantas Polri, Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Raden Slamet Santoso dan Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan akan melakukan tes kesehatan dan tes doping untuk pengemudi angkatan umum di masa mudik lebaran 2024.

Menjadi narasumber dalam rapat koordinasi pusat dan daerah pada persiapan arus mudik dan balik Hari Raya ldul Fitri 1445 H/2O24 M yang digelar Kementerian Kesehatan di Jakarta, Selasa (26/3). Dirgakkum Korlantas Polri menjelaskan  kegiatan ram check dan tes doping pada masa mudik Lebaran 2024 untuk kesuksesan musim lebaran tahun ini.

“Untuk ram check itu nanti dari Kementerian Perhubungan dengan dari Kementerian Kesehatan itu yang melaksanakan pengecekan terhadap para pengemudi angkutan umum,” ujar Dirgakkum.

Kegiatan pengecekan akan dilakukan di terminal dan rest area, guna meminimalisir angka kecelakaan di jalan saat musim mudik. Para supir termasuk asistennya harus melakukan rangkaian tes kesehatan sebelum membawa pemudik pulang kembali ke kampung halaman.

“Pengecekan terhadap para pengemudi angkutan umum akan dilakukan baik di terminal maupun di rest rest area yang ada,” ungkap Brigjen Pol Raden Slamet.

Ia juga menuturkan rapat koordinasi tersebut membahas terkait kesiapan dari masing-masing instansi untuk melaksanakan pengamanan atau pengelolaan pengendalian arus mudik-balik lebaran.

“Tadi sudah kita bahas bersama diskusi mudah-mudahan sesuai dengan rencana yang sudah dibuat oleh masing-masing instansi termasuk dari kesiapan dari Polri, Polantas dengan CB CB baik itu contraflow maupun one way,” terangnya

“Kemudian dengan pergelaran pos pengamanan pos pelayanan dan pos terpadu di masing-masing daerah itu bisa terwujud dan harus mudik tahun ini bisa lebih baik daripada tahun lalu,” tutup Dirgakkum.

Korlantas Polri Bentuk Tim Satgas Urai Kemacetan Saat Mudik Lebaran 2024

Selain Polri akan tes doping dan kesehatan ke pengemudi angkutan umum, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri juga menyiagakan Satuan Tugas (Satgas) Urai Kemacetan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan saat arus mudik dan balik Lebaran 2024.

“Satgas ini dibentuk untuk memaksimalkan kelancaran dan keselamatan pemudik,” ujar Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan.

Sebanyak 500 kendaraan roda dua didistribusikan kepada sub satgas untuk membantu mengurai kemacetan di titik-titik rawan. Pembentukan satgas ini didasari oleh potensi tingginya volume kendaraan dan perkiraan 193,6 juta pemudik pada tahun ini.

“Jalur darat masih menjadi primadona bagi para pemudik, sehingga strategi khusus perlu diterapkan untuk melayani mereka,” jelas Aan.

Satgas Urai Kemacetan akan berfokus pada penyelesaian permasalahan di “trouble spot” yang sering mengakibatkan kemacetan, seperti pengemudi yang berhenti di bahu jalan atau gangguan lainnya. Tim ini akan disebar di setiap Polda mulai dari Banten hingga Jawa Timur, dan akan berpatroli sesuai jam rawan macet.

“Tim juga akan bergerak cepat untuk mengurai kemacetan di titik-titik yang dilaporkan melalui Command Center. Diharapkan dengan kesigapan Satgas Urai Kemacetan, arus mudik dan balik Lebaran 2024 dapat berjalan lancar dan aman bagi seluruh pemudik.” pungkas Aan.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika