oleh

Produksi Mobil Daihatsu di Indonesia, Tembus 7 Juta Unit

Produksi mobil Daihatsu telah mencapai 7 juta unit di Indonesia. Tidak ada selebrasi khusus, pencapaian ini hanya dilakukan Daihatsu Indonesia melalui laporan dokumenter perjalanan mereka selama berkiprah 43 tahun melalui akun chanel Youtube Daihatsu Sahabatku.

Daihatsu pertama kali diproduksi di Indonesia pada tahun 1978. Adapun mobil pertama Daihatsu yang diproduksi adalah kendaraan roda tiga, bernama Midget.

Midget inilah yang sekaligus menjadi mobil Daihatsu pertama yang digunakan secara komersial, sebagai transportasi umum Bemo di Jakarta.

Awal mulanya kendaraan ini didatangkan utuh dari Jepang tahun 1962. Saat itu Bemo diperkenalkan sebagai sarana angkutan umum menjelang pelaksanaan Asian Games IV di Jakarta.

Bemo telah menjadi bukti kekuatan dan ketangguhan mesin Daihatsu.

Dalam pertemuan virtual yang dilakukan Jumat, (20/8/2021), bersama jurnalis otomotif, Daihatsu menceritakan misah mencapai produksi ke-1 juta unit dalam waktu 27 tahun, yakni pada 2005.

“Sejak didirikan pada 1907 silam, Daihatsu telah melalui reformasi bisnis secara struktural untuk bertahan di lingkungan yang tidak kondusif, seperti krisis ekonomi global, kesulitan penjualan Kei-Car di Jepang, dan persaingan ketat,” tulis Daihatsu.

Baca juga  Beda Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Versi Indonesia

Selanjutnya, produksi ke-2 juta unit tercapai dalam waktu lebih singkat, yakni 5 tahun setelahnya pada 2010. Menyusul produksi ke-3 juta unit, tercapai pada tahun 2013 hanya dalam selang waktu 3 tahun.

Produksi ke-4 juta dan 5 juta unit, pada tahun 2015 dan 2017, hanya membutuhkan waktu 2 tahun. Produksi ke-6 juta unit pada tahun 2019, dicapai kurang dari 2 tahun, dan pada Juli 2021 di tengah kondisi pandemi Covid-19, ADM berhasil mencapai produksinya yang ke-7 juta unit.

“Catatan 7 juta unit ini harusnya kita targetkan tercapai tahun lalu (2020), tetapi kondisi tidak meungkinkan dimana Indonesia terkena pandemi,” kata Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra.

Dukungan Pabrik Terintergrasi

produksi mobil Daihatsu Capai Produksi 7 Juta Unit
Unit Produksi Astra Daihatsu Motor Siap Dikirim ke Pelanggan

Dalam hal produksi, ADM memiliki fasilitas perakitan kendaraan terintegrasi yang modern di Sunter dan Karawang dengan total kapasitas produksi hingga 530.000 unit per tahun.

Dengan kapasitas ini, membuat produksi kendaraan di ADM dalam 5 tahun terakhir (2017-2021) berkontribusi rata-rata sekitar 40% dari wholesales pasar mobil domestik di Indonesia.

Baca juga  9 Arti Logo Mobil di Dunia, Penuh Makna!

Pencapaian ini juga tidak lepas dari inovasi ADM untuk Indonesia, melalui penerapan inovasi pabrik ADM di masa pandemi sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan pasar dengan standar kualitas global.

ADM juga terus adaptif dalam memproduksi kendaraannya secara optimal untuk mendukung program pemerintah dalam upaya menanggulangi melonjaknya kasus Covid-19, dan penerapan PPKM di Indonesia.

“Pencapaian produksi ke-7 juta unit merupakan momentum penting bagi ADM, terlebih di tengah kondisi pandemi hingga saat ini.”

“Daihatsu terus berkomitmen dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dengan menyediakan produk terbaik sesuai permintaan dengan standar kualitas global,” ujar Kurniawan Rahardono, Executive Officer PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Demikian ulasan terkait produksi mobil Daihatsu capai produksi 7 juta unit. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru