oleh

8 Tips Beli Kijang Grand Extra, Jangan Lengah!

Tips beli Kijang Grand Extra perlu diketahui. Sebab mobil jenis MPV ini kembali banyak diminati oleh para penikmat otomotif.

Bukan tanpa alasan, pesona Kijang Grand Extra sebagai mobil keluarga era 1990-an begitu kuat. Ditambah lagi, sekarang banyak kaum muda yang ingin bergaya dengan mobil jadul dengan sedikit sentuhan modifikasi.

Harga Kijang model ini juga terbilang sangat terjangkau. Banderolnya ada di kisaran Rp 40 jutaan.

Soal ketangguhan mesin Kijang pun tidak perlu diragukan lagi. Ketika meluncur dalam kondisi baru, produk ini banyak digunakan digunakan sebagai mobil pribadi ataupun mobil operasional perusahaan. Bahkan ada beberapa perusahaan transportasi juga menggunakannya.

Nah, karena ketangguhannya tersebut justru kondisi bekasnya harus diwaspadai, sebab umumnya pemilik Kijang Grand Extra menggunakannya dengan intensitas tinggi. Apalagi jika bekas mobil operasional perusahaan, kilometernya pasti sudah tidak terhitung.

Meski demikian, pada bagian mesin, jika ada sparepart yang harus diganti ketersediaan suku cadang mobil retro ini melimpah. Namun untuk sparepart tertentu, ada yang dijual mahal. Terlebih untuk versi original.

“Kalau untuk sparepart mesin tidak sulit mencarinya, banyak toko yang masih menyediakan. Namun untuk part seperti emblem, rumah lampu, doortrim, dan plafon interior itu susah. Memang terkadang ada yang masih menjual barang orisinilnya yang bersifat New Old Stock (NOS), namun harganya mahal,” ungkap Watsen, salah satu punggawa komunitas Kijang Retro Indonesia (KRI). (27/11/2021).

Nah, untuk mengetahui lebih jelas tips beli kijang Grand Extra, mari kita simak ulasannya berikut ini:

Baca juga  Fungsi Poros Engkol dan Komponen-Komponenya

1. Lihat Tampilannya Dulu

review kijang grand extra
Kijang Grand Extra 1996

Menurut Watsen, tips beli Kijang Grand Extra yang pertama adalah lihat tampilannya. Kalau dari luar sudah terlihat meyakinkan, biasanya sampai ke dalam umumnya punya kondisi baik.

Selanjutnya, tips beli Kijang Grand Extra yang harus diperhatikan juga adalah kelengkapan eksterior seperti emblem dan stiker. Sebab, banyak Kijang Grand Extra kondisi bekas yang dijual dengan kondisi emblem aslinya sudah tidak ada. Tentunya hal ini akan mengurangi nilai estetika kelengkapan tampilan dari Kijang Grand Extra.

“Umumnya bodi kinclong itu ngikut ke mesin dan interior,” kata pria yang memiliki Kijang Grand Extra 1.8 tersebut.

Kalau pun ada persoalan di bagian mesin, Kijang bukanlah mobil yang sulit diperbaiki. Seperti disebutkan di awal tulisan, suku cadangnya berlimpah di pasaran. Harganya pun kebanyakan terjangkau. Jadi tidak perlu khawatir.

2. Bagian Kaki-Kaki Sudah Aus

tips beli kijang grand extra
Mobil dengan usia lebih dari 20 tahun, umumnya komponen kaki-kaki sudah aus

Tips beli Kijang Grand Extra yang pertama adalah dengan memperhatikan bagian kaki-kakinya. Yup, mobil ini umurnya jelas sudah lebih dari 15 tahun dan tentunya bagian kaki-kaki harus dicek sebelum meminangnya.

Balljoint, tieroad, bushing arm dan karet-karet merupakan beberapa komponen yang harus dicek kondisinya. Meski demikian, harga komponen ini masih tergolong ramah di kantong.

“Bagian bushing arm umumnya sudah aus, baiknya diganti yang baru dan yang berkualitas. Untuk satu set harganya kisaran Rp 500 ribuan,” terang Jeffry, selaku pemilik Showroom mobil bekas di Cirendeu. (29/11/2021).

3. Perhatikan Talang Air yang Kerap Keropos

tips beli kijang grand extra

Tips beli Kijang Grand Extra selanjutnya adalah dengan mengecek bagian talang air. Sebab umumnya bagian ini rentan dengan korosi alias karat.

Baca juga  Menakar Biaya Spooring dan Balancing, Tidak Mahal

“Bagian talang air Kijang Grand Extra umumnya mudah berkarat. Karena desainnya, yang membuat aliran air terkadang masih mengendap di beberapa sudut dan akhirnya muncul karat,” terang Watson, salah satu anggota Kijang Retro Indonesia.

Oleh karena itulah, cari mobil dengan talang air yang masih bagus. Kalau kamu dapat yang sudah karat, siap-siap kocek tambahan untuk perbaikan.

4. Cek Kondisi Interior

tips beli kijang grand extra
Interior Kijang Grand Extra 1.8

Kondisi interior penting untuk diperhatikan, seperti jok, plafon serta doortrim. Sebab jika ketiga bagian itu mengalami kerusakan seperti robek maka susah untuk mengganti dengan part yang aslinya.

Jika pun ada harganya mahal. Kecuali, kamu tidak mau membuatnya jadi kondisi standar, maka bisa pakai suku cadang atau komponen aftermarket yang mudah ditemui, serta umumnya terjangkau.

5. Fungsi Power Window dan Central Lock Harus Dicek

Meski terbilang mobil jadul, Kijang Grand Extra sudah mengusung fitur Power Window dan Central lock.

Nah, kedua fitur ini rentan mengalami masalah. Jadi sebaiknya dicek dan dicoba fitur ini saat akan membeli Kijang Grand Extra.

“Suku cadang power window dan central lock memang masih banyak dijual baik kondisi copotan atau kondisi baru. Namun alangkah lebih baik jika saat membeli kondisi bekas kedua fitur tersebut masih berfungsi dengan baik sehingga tidak perlu repot bongkar doortrim untuk memperbaikinya,” jelas Jeffry.

6. Karet Bodi Umumnya Sudah Getas

tips beli kijang grand extra
karet-karet toyota kijang grand extra biasanya sudah getas

Tips beli Kijang Grand Extra berikutnya adalah dengan mengecek karet-karetnya, seperti karet pintu dan karet jendela. Yup, sekali lagi mobil ini umurnya sudah lebih dari 15 tahun yang memungkinkan kondisi karet-karetnya mengalami aus karena paparan sinar matahari.

Baca juga  7 Cara Belajar Mobil Manual Termudah

“Cek bagian karet jendela dan pintu karena rawan sudah aus, jika dibiarkan air bisa masuk ke interior saat turun hujan,” imbuh Jeffry.

7. Awas Keropos di Bagian Lantai Mobil

Kemudian, tips beli Kijang Grand Extra berikutnya adalah dengan mengecek bagian lantai mobil. Sebab lagi-lagi usia mobil membuat rentan lantai muncul korosi.

“Sebelum membeli Kijang Grand Extra bekas harus dilihat dulu profil mobilnya, pemilik sebelumnya berdomisili di mana? Sebab kondisi wilayah tertentu utamanya yang berdekatan dengan laut, kualitas airnya kurang bagus dan mempercepat korosi,” ungkap Jeffry.

8. Jangan Lupa Test Drive

tips beli kijang grand extra

Untuk mengetahui kondisi mesin masih bagus atau tidaknya bisa dengan melakukan test drive. Rasakan dengan seksama mulai dari bunyi mesin dan akselerasi.

Untuk lebih aman, ajak mekanik bengkel resmi Toyota agar bisa mendeteksi setiap bagian dari komponen mesin Kijang Grand Extra tersebut.

Test drive juga memungkinan, kamu mengetahui bantingan suspensi serta kenyamanan kabinnya secara langsung. Bila menurut kamu oke, tidak ada salahnya pinang mobil keluarga era 90-an ini. Harganya pun terjangkau, Kijang Grand Extra kini di kisaran Rp 40 jutaan. Tertarik punya?

Moladiners, itulah ulasan mengenai tips beli Kijang Grand Extra bekas, untuk informasi otomotif menarik lainnya simak terus Moladin.com.

Terbaru