oleh

Tips Merawat Karet-Karet Mobil, Sering Terlupa!

Merawat mobil bukan hanya bagian body saja, namun juga bagian lain yang tak kalah pentingnya. Salah satu bagian tersebut adalah komponen karet, nah pada artikel ini kita akan membahas mengenai tips merawat karet-karet mobil dari Rifat Sungkar.

Tips merawat dan karet-karet mobil dari Rifat Sungkar dibeberkan dalam acara yang digagas Mitsubishi Indonesia dengan tema “Media Discussion with Rifat Sungkar”. Dalam acara yang berlangsung secara virtual tersebut, Rifat menjelaskan secara gamblang cara merawat karet-karet mobil.

“Karet suka kurang jadi perhatian, bicara rubber, mayoritas hanya membahas ban. Padahal rubber bukan hanya ban. Tapi termasuk urusan karet yang ada di mobil, seperti aret pintu, bushing, karet wiper dan pasti ban,” ungkap Rifat Sungkar selaku Duta Mitsubishi Indoensia. (21/12/2021).

Nah, untuk lebih mengetahui tips merawat karet-karet mobil dari Rifat Sungkar, mari kita simak ulasannya berikut ini.

Ban Mobil

tips merawat karet-karet mobil

Ban merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah struktur mobil, karenanya harus diperhatikan kondisinya agar layak pakai. Salah satunya tekanan angin yang ada di dalam ban tersebut.

Baca juga  3 Efek Buruk Terlalu Sering ke Salon Mobil!

“Tekanan ban harus sesuai dengan anjuran pabrik supaya ban lebih awet. Sebab jika tekanan angin ban tidak sesuai bisa merusak konstruksi ban itu sendiri. Baiknya sebulan sekali dicek tekanan anginnya,” imbuh Rifat.

Selain tekanan angin ban mobil yang sudah terpasang, untuk ban serep ternyata juga harus diperhatikan juga tekanan anginnya. Menurut Rifat, idealnya di angka 35 sampai 40 psi agar nantinya ban serep tersebut bisa langsung digunakan.

“Tekanan ban serep aman di angka 35 sampai 40 psi. jadi nanti saat akan dipakai ban serep tersebut sudah siap. Jangan lupa sebulan sekali juga dicek tekanan anginnya,” terang Rifat.

Karet Wiper, Karet Pintu, dan Karet Jendela

tips merawat karet-karet mobil
Cek kondisi karet mobil serta rawat dengan mengoleskan cairan khusus untuk karet.

Sementara tips merawat karet-karet mobil dari Rifat Sungkar selanjutnya adalah bagian wiper dan karet pintu. Kedua komponen ini juga tak kalah penting fungsinya dari ban.

“Karet wiper sebisa mungkin segera diganti saat kondisi karetnya sudah aus. Selain itu misalnya setelah parkir lama di ruang terbuka, sebelum jalan, karet wiper dibersihkan dahulu, takutnya ada kotoran yang menempel dan saat digunakan malah akan merusak karetnya serta membuat kaca mobil tergores,” jelas Rifat.

Baca juga  5 Penyebab Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

Pembersihan karet wiper itu juga bisa mencegah kaca mobil tergores. Apalagi saat wiper diaktifkan.

Sementara untuk karet pintu bisa dirawat dengan cara memberikan cairan khusus untuk karet agar elastisitasnya tetap terjaga. Sedangkan untuk karet jendela, rajin-rajin dibersihkan agar tidak ada kotoran yang mengendap.

Karet di Bagian Kaki-kaki

tips merawat karet-karet mobil
Ilustrasi karet-karet di bagian kaki mobil

Selanjutnya, untuk karet-karet yang ada dibagian kaki-kaki seperti karet bushing, ball joint, dan lainya juga bisa dicek kondisinya saat mobil sedang berjalan. Umumnya akan muncul bunyi-bunyi aneh jika bagian kaki-kaki tersebut bermasalah,” jelas Rifat.

Kalau ada masalah, sebaiknya segera dicek ke bengkel. Saat dibutuhkan penggantian, maka lakukanlah secepatnya. Pasalnya karet-karet mobil di kaki-kaki juga memiliki usia pakai. Bila sudah getas, tentunya perlu diganti.

Cara merawat karet-karet mobil di kaki-kaki, sesekali cuci mobil ke tempat yang menggunakan hidrolik. Supaya kotoran-kotoran yang menempel di kolong mobil bisa dibersihkan. Cuci kolong mobil tersebut idealnya dilakukan sebulan sekali, namun jika aktifitas sering melewati jalan tanah atau berlumpur tentunya harus lebih sering dilakukan cuci kolong mobil. 

Baca juga  5 Penyebab RPM Naik Turun di Mobil dan Solusinya

Moladiners, itulah ulasan mengenai cara merawat karetban dan mengganti ban mobil dari Rifat Sungkar. Untuk informasi otomotif menarik lainnya, simak terus Moladin.com.

Terbaru