by

3 Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Kaca Mobil yang Ampuh

Bekas stiker yang menempel di kaca mobil, akan meninggalkan efek jengkel tentunya. Namun, untuk mensiasatinya, ternyata begini cara menghilangkan bekas stiker di kaca mobil.

Pemilik mobil sering kali melakukan penempelan stiker di kaca mobil. Atau bahkan, sering kali bodi mobil juga ditempeli oleh stiker untuk memberikan kesan yang berbeda dari mobil lainnya. Namun setelah stiker tersebut dirasa tidak lagi berguna, maka ketika melepasnya akan ada bekas stiker yang menempel dan membuat pola di bagian tersebut.

Kaca belakang, kaca depan serta kaca samping sering menjadi lahan untuk menempel stiker. Alasan mengapa area tersebut sering digunakan, karena mudah terlihat oleh orang lain sehingga stiker apa pun yang ditempelkan di area tersebut akan secara jelas terlihat.

Nah, sebelum kami menjelaskan perihal cara menghilangkan bekas stiker di kaca mobil, kamu juga harus memerhatikan perihal jenis stiker mana saja yang gampang atau tidak saat akan dilepas dari kaca. Usahakan jangan menggunakan cutting stiker, karena hal ini akan menyulitkan kamu dalam melepasnya.

Daya rekat yang dihasilkan cutting stiker lebih kuat, sehingga dalam melepaskannya membutuhkan usaha yang lebih keras. Nah, supaya lebih aman melepaskannya, berikut cara menghilangkan bekas stiker di kaca mobil yang bisa kamu coba.

Baca juga  Tips Merawat Pintu Geser Mobil, Tidak Sulit!

1. Pakai Kartu Plastik

cara menghilangkan bekas stiker di kaca mobil
Gunakan kartu untuk menghilangkan bekas stiker

Untuk membersihkan bekas stiker, kamu harus mencopot semua lapisan stiker. Caranya, kamu bisa menggunakan katu seperti KTP, SIM atau benda serupa agar seluruh permukaannya dapat terangkat dengan sempurna.

Jika dalam melepaskan stiker terasa sulit karena stiker sudah terlalu menempel pada kaca, ada baiknya kamu juga harus menyiapkan air sabun di dalam botol spray. Kamu hanya perlu menyemprotkan seluruh permukaan stiker dengan air tersebut sampai lem yang ada di stiker menjadi mudah untuk dilepas.

Gunakan kartu yang tadi kamu siapkan untuk membersihkan stiker dengan cara mengelupasnya dari bagian pinggir stiker.

2. Gunakan Minyak Kayu Putih

Cara menghilangkan bekas stiker di kaca mobil
Bisa juga menggunakan minyak kayu putih

Cara menghilangkan bekas stiker di kaca mobil bisa juga menggunakan minyak kayu putih. Untuk penggunaannya, kamu cukup oleskan bagian kaca yang masih tersisa dari lem stiker. Untuk mengelapnya, kamu harus menggunakan lap yang bersih dan halus agar tidak ada bekas saat kamu membersihkannya.

Tuangkan minyak kayu putih tersebut ke kain lap, dan selanjutnya kain lap tersebut diusap-usapkan ke bagian yang masih menyisakan lem bekas stiker.

Baca juga  Cara Memperbaiki Bodi Mobil Penyok, Mau Coba?

“Minyak kayu putih biasanya saya gunakan untuk melepas stiker. Penggunaan minyak kayu putih juga bisa membersihkan bekas lem dari stiker. Tapi ya memang harus pelan-pelan membersihkannya, karena lem stiker biasanya ada yang erat banget nempelnya di kaca,” jelas Hari Rusdiansyah, dari PolishGang Detailing.

Tidak hanya minyak kayu putih, cara menghilangkan bekas stiker di kaca mobil juga bisa menggunakan alcohol. Cairan tersebut, juga sering digunakan dalam membersihkan, sehingga lem yang menempel pada kaca bisa disingkirkan dengan mudah.

Cara yang bisa dilakukan dengan menggunakan alcohol adalah memoleskannya di permukaan lem yang membekas di kaca. Setelah itu, kamu bisa mengikisnya dengan menggunakan lap, atau bisa menggunakan kartu seperti cara di atas. Lakukan secara berulang sampai lem bekas stiker bersih dari kaca mobil kesayangan kamu.

3. Pakai Cairan Pembersih Kaca

Cara menghilangkan bekas stiker di kaca mobil
Gunakan cairan pembersih kaca

Cara menghilangkan bekas stiker di kaca mobil dengan cairan pembersih kaca juga sering dilakukan oleh Hari. Jika dalam melakukan tugasnya tidak ada cairan lain, ia kerap menggunakan cairan jenis ini agar lem bekas stiker di kaca bisa dilepaskan dengan mudah.

Baca juga  7 Ciri Velg Replika Mobil, Jangan Salah Beli!

“Pakai cairan pembersih kaca juga ampuh. Karena menurut saya itu kan sudah diformulasikan untuk membersihkan kaca, jadi lem bekas stiker atau apapun yang membekas di kaca mobil akan lebih mudah saat dibersihkan,” tambah Hari.

Ketika ingin menghilangkan bekas stiker di kaca, kamu juga dilarang menggunakan benda tajam seperti pisau, cutter atau benda sejenisnya. Bukan hanya berbahaya untuk diri sendiri, tetapi goresan yang timbul dari benda tajam tersebut akan membuat kaca mobil kamu menjadi rusak.

Lapisan kaca sering kali tergores akibat penggunaan yang tidak semestinya. Sebisa mungkin kamu harus menghindari benda tersebut saat menghilangkan bekas stiker di kaca mobil.

“Saya selalu berpesan kepada konsumen, jangan sekali-kali menggunakan benda tajam. Ini akan berbahaya untuk kaca mobil atau kepada diri sendiri. Jadi gunakan material yang tidak tajam, agar tidak menimbulkan goresan pada kaca mobil,” tandas Hari.

Namun, jika kamu tidak mau repot-repot menghilangkan bekas stiker di kaca mobil, maka solusi lainnya adalah jangan menempelken stiker di kaca mobil.

Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com.

Terbaru