Friday, December 9, 2022
Banner

8 Desain Garasi Mobil Kekinian dan Panduan Ukuran Lengkap

by Baghendra Lodra

Bagi para pemilik mobil, memiliki dan membangun garasi mobil adalah hal wajib yang harus siapkan di rumah. Selain agar tidak mengganggu pengguna jalan lain yang lewat di depan rumahmu, menyimpan mobil di dalam garasi lebih aman dari berbagai hal. Seperti halnya terlindungi ketika hujan, meminimalisir kemungkinan adanya baret, bahkan menambah keamanan agar mobil tidak dicuri. 

Kalau kamu belum memilikinya dan berencana untuk membangun sebuah garasi, ada baiknya untuk membaca penjelasan berikut ini. Kami akan memberikan panduan yang menjelaskan ukuran dan desain garasi mobil kekinian yang bisa jadi referensi kamu. Yuk langsung saja intip penjelasannya berikut ini!

Apa itu Garasi Mobil?

garasi mobil

Garasi mobil berbeda dengan carport

Sebelum melihat rekomendasi desain garasi mobil kekinian yang unik, kamu perlu tau apa itu garasi mobil. Melansir dari Wikipedia, garasi adalah tempat untuk menyimpan kendaraan agar kamu bisa terhindar dari berbagai hal yang dapat merusak mobil kamu. Di antaranya seperti melindungi dari hujan, panas terik matahari, embun saat malam dan dini hari, atau bahkan embun dan air hujan yang mengandung asam. 

Singkatnya, garasi mobil adalah tempat untuk menyimpan mobil dengan tujuan untuk menjaga dan melindungi kendaraan mobil dari berbagai hal yang bisa merusak dan mengancam keamanan mobil. Bahkan di zaman modern dengan keberadaan mobil listrik, garasi juga harus dapat digunakan sebagai tempat cas baterai kendaraan elektrifikasi. Oleh karenanya, di dalam garasi biasanya pemilik menanamkan wall charging.

Beda carport dan garasi

Selain garasi mobil, ada juga tempat menyimpan mobil yang disebut carport. Tetapi, keduanya menjelaskan dua hal yang berbeda meskipun dengan tujuan yang sama. Istilah garasi mobil mengarah pada istilah ruangan atau bagian pada rumah yang berguna untuk menyimpan mobil. Sedangkan carport merupakan sebutan untuk area pada rumah yang bisa digunakan untuk memarkirkan mobil dengan dilindungi atap dan tiang. Tetapi tidak jarang juga carport disebut sebagai salah satu jenis garasi. 

Ukuran garasi mobil

ukuran garasi mobil

Jangan sampai salah ukur garasi mobil, cek secara benar tinggi, pajang, dan lebar kendaraan kamu lebih dulu

Langkah pertama yang harus dipertimbangkan saat akan membangun tempat menyimpan kendaraan di rumah adalah menentukan ukuran garasi mobil tersebut agar pas. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat menentukan ukuran garasi mobil, seperti panjang garasi, lebar dan tinggi garasi tersebut. 

Cara mengukur ukuran garasi mobil

Begini cara menentukan ukuran garasi mobil yang bisa kamu coba 

1. Ukur panjang garasi mobil

Panjang garasi diukur mulai bagian paling depan mobil hingga bagian paling belakang mobil. Kemudian jika kamu sudah mendapatkan ukuran panjangnya, tambahkan 1-2 meter untuk memberi ruang akses saat membuka pintu garasi sehingga tidak menyulitkan kamu.

2. Ukur lebar garasi mobil

Lebar garasi dihitung mulai dari bagian paling kanan mobil hingga kiri mobil. Kemudian tambahkan sekitar 1-1,5 meter dari hasil perhitungan tersebut. Nantinya jarak tersebut akan digunakan untuk ruang kamu bisa membuka mobil dengan mudah tanpa terhalang dinding. Karena jika tidak diberi ruang, kamu akan kesulitan membuka pintu mobil dan jika mobil terlalu sering menyentuh dan menggeser dinding bisa jadi menimbulkan baret.

3. Ukur tinggi garasi mobil

Tinggi garasi mobil diukur dari bagian terbawah hingga tertinggi mobil lalu tambahkan minimal 1 meter untuk ruang gerak. Jika ruang pada atap garasi lebih luas, bisa juga dimanfaatkan sebagai tempat untuk menyimpan berbagai barang perawat mobil. 

Ukuran garasi mobil berdasarkan jenis mobilnya

Tidak hanya bisa diukur secara manual, kamu bisa menggunakan panduan berikut untuk menentukan ukuran garasi mobil berdasarkan jenis mobilnya. Kalau mobil jenis LCGC, tentu ukuran garasinya tidak perlu terlalu besar. Sementara kalau mobilnya Toyota Alphard atau Hyundai Palisade, maka dibutuhkan garasi berukuran 6 meter dalam hal panjang, lebar hingga 2,4 meter, dan tinggi 2 meter.

1. LCGC, Sedan, City Car, Hatchback, MPV compact

Panjang = 4,4 – 5 m

Lebar = 1,5-1,9 m

Tinggi = 1,4 – 1,5 m

2. MPV medium dan SUV medium

Panjang = 5 – 5,2 m

Lebar = 1,7 – 2 m

Tiggi = 1,5 – 2 m

3. MPV besar, SUV besar, mobil pick up

Panjang = 5 – 6 m

Lebar = 2 – 2,4 m

Tinggi = 1,5 – 2 m 

8 Desain Garasi Mobil Kekinian

desain garasi mobil

Garasi mobil harus disesuaikan dengan kebutuhan fungsi, jangan cuma mengutamakan gaya kekinian

Menentukan konsep dan tema untuk garasi akan menjadi bagian paling seru. Yuk intip rekomendasi desain garasi mobil kekinian yang umum digunakan berikut ini. 

1. Garasi mobil minimalis dan simple

Konsep ini paling banyak digemari oleh masyarakat umum. Kamu bisa menyediakan ruang di bagian depan rumah dengan ukuran yang sudah ditentukan tadi. Kemudian gunakan perpaduan warna-warna earth tone ditambah dengan ornamen atap transparan dan tiang berwarna hitam. 

2. Garasi mobil minimalis untuk rumah kecil

Selanjutnya untuk pemilik rumah yang ukurannya tidak terlalu besar bisa menggunakan referensi desain garasi mobil seperti di gambar. Area dengan lantai keramik dan dan area yang tidak dipenuhi dengan berbagai barang sehingga tetap memberi kesan luas. Desain garasi ini akan lebih cocok dipakai untuk mobil berukuran kecil hingga medium. 

3. Garasi mobil tema alam

Desain unik satu ini sangat menarik dan terlihat nyaman. Menggunakan warna terang, area teras ini akan terlihat lebih luas. Selain itu saat pagi dan siang hari pencahayaan akan didukung dari sinar matahari karena bagian atas garasi yang tertutup atap transparan. 

 

4. Garasi mobil tema industrial

Tema garasi mobil industrial satu ini bisa diterapkan bagi pemilik mobil yang suka gaya yang simpel namun tetap terlihat glamor. Dengan dinding menggunakan warna abu-abu dan aksen lemari berwarna hitam untuk menyimpan berbagai peralatan akan membuat garasi mobil terlihat mewah.

5. Garasi mobil dengan pintu lipat

Pintu lipat menjadi alternatif yang bisa digunakan agar garasi mobil bisa tetap tertutup namun dengan pintu yang tidak akan memakan tempat. Cara membuka pintu ini bisa beragam baik dengan digeser secara langsung maupun dilipat dan tersusun terpusat di sisi kanan atau kiri garasi. 



6. Garasi mobil dengan tanjakan

Desain selanjutnya yaitu garasi mobil dengan tanjakan yang cocok dipakai untuk perumahan dengan kawasan yang berpotensi mengalami banjir. Jika kamu menggunakan desain satu ini, pastikan bahwa tanjakan yang dibuat tidak terlalu miring namun tetap bisa membuat mobil berada lebih tinggi dari jalan. 

7. Garasi mobil dengan pintu kayu

Desain satu ini cukup menarik. Karena tidak hanya melindungi mobil agar tetap aman, garasi mobil dengan pintu kayu juga menambah keindahan pada rumah kamu. Ada banyak bentuk pagar kayu yang bisa kamu pilih, salah satunya pagar kayu dengan susunan rapat seperti di atas.  

8. Garasi mobil pagar besi

Tidak hanya menggunakan pintu kayu, pintu besi juga cukup aman jika digunakan di garasi mobil. Dengan atap yang tetap melindungi mobil dan pagar geser yang memudahkan kamu saat membuka garasi, kamu jadi bisa lebih leluasa karena ruang gerak yang tersedia cukup untuk kamu berlalu lalang.  

 

Itulah penjelasan mengenai ukuran garasi mobil hingga rekomendasi desain mobil yang bisa kamu gunakan sebagai referensi. Sesuaikan ukuran garasi mobil kamu dengan kendaraan yang kamu miliki dan perhitungkan berbagai hal terkait agar memudahkan kamu dalam mengaksesnya. Modifikasi dan gunakan desain garasi yang paling sesuai dengan kamu agar tidak hanya cantik dilihat namun nyaman untuk digunakan.

 

Jika kamu merasa informasi ini bermanfaat, jangan lewatkan juga informasi terkait otomotif lainnya di Moladin. Tidak hanya menjadi platform jual beli mobil bekas online berkualitas di Indonesia, kami juga menyediakan video menarik yang ada di Youtube official Moladin. Karena #MoApapunMoladin aja! 

 

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika