by

Gaikindo Jakarta Auto Week Batal, Ini Alasannya!

Satu lagi perhelatan otomotif gagal terlaksana, di tengah pandemi virus korona (Covid-19) yang melanda Indonesia. Adalah Gaikindo Jakarta Auto Week batal terlaksana di tahun 2020 ini.

Gaikindo Jakarta Auto Week batal karena kondisi Tanah Air yang saat ini masih dilanda pandemi Covid-19. Mengingat saat ini penyebaran virus korona, masih cukup tinggi khususnya di Ibu Kota dan sekitarnya.

Pihak Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) selaku penyelanggara lebih memprioritaskan kesehatan dan keselamatan masyarakat dalam setiap upayanya memulihkan industri otomotif Indonesia.

Belum lagi pemerintah DKI Jakarta saat ini sedang memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi untuk kedua kalinya. Hal ini berdampak pada berkurangnya waktu persiapan Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) dan di rasa penyelenggaraannya diakhir November ini tidak akan berlangsung secara maksimal.

Perhelatan otomotif yang gagal terlaksana bukan hanya terjadi pada Gaikindo Jakarta Auto Week yang harus batal digelar. Namun sejumlah pameran lainnya, seperti IIMS 2020, GIIAS the Series dan sejumlah event otomotif lainnya juga harus mengalami nasib yang sama.

Baca juga  IMOS 2018 Siap Digelar Hari Ini, Usung Tema yang Berbeda!

Tentunya hal ini sangat berdampak pada industri otomotif di Indonesia, yang saat ini juga sedang mengalami penurunan. Karena diterpa pandemi Covid-19.

Alasan Gaikindo Jakarta Auto Week Batal

Gaikindo Jakarta Auto Week batal terlaksana
Gaikindo Jakarta Auto Week batal terlaksana

Pelaksanaan Gaikindo Jakarta Auto Week batal terselenggara lantaran pihak penyelenggara memutuskan untuk menggelar event tersebut pada 9 – 17 Januari 2021. Alhasil event itu harus mundur tanggal pelaksanaanya.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo menjelaskan, bahwa pihaknya memiliki tanggung jawab baik kepada pemerintah, anggotanya serta juga kepada masyarakat, untuk terus mendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia untuk kesejahteraan seluruh masyarakat, di mana saat ini jalannya adalah melalui penyelenggaraan pameran otomotif.

“Menjadi tanggung jawab Gaikindo agar penyelenggaraan pameran ini dapat berlangsung baik, aman dan lancar. Pameran pada saat ini menjadi penting karena menandai titik kebangkitan industri otomotif Indonesia,” ujar Nangoi.

Gaikindo sendiri telah menyusun rencana untuk pameran yang akan digelar pada awal tahun tersebut. Di mana Gaikindo akan memaksimalkan penyelenggaraan event yang dikemas dalam sebuah pameran yang akan menciptakan potensi penjualan mobil secara masif, dan juga menjadi ajang memperkenalkan produk baru.

Baca juga  GIIAS 2020 Batal, Gaikindo Siapkan Event Baru

“Jika tidak ada aral melintang, Gaikindo Jakarta Auto Week akan jadi pameran otomotif pertama yang berlangsung setelah hampir semua event otomotif ditangguhkan pada 2020,” ungkap Rizwan Alamsjah selaku ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo.

Rizwan pun menegaskan, “Kami meyakini penyelenggaraanya akan menjadi momentum yang sangat baik dan sangat ditunggu baik dari para merek serta juga masyarakat yang pasti sudah sangat kangen dengan suasana pameran otomotif”.

Gaikindo Jakarta Auto Week batal, tambah Rizwan penekanannya adalah jika kondisi pandemi Covid-19 sudah dapat diatasi dan kesehatan dan keamanan masyarakat terjamin, maka dipastikan GJAW akan dilangsungkan awal 2021 nanti.

Berlangsung selama sembilan hari, Gaikindo Jakarta Auto Week akan mengambil tempat di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta yang berada diarea strategis Jakarta yang mudah dijangkau.

GJAW juga akan diramaikan dengan berbagai program yang direncanakan untuk mendongkrak penjualan yang terjadi selama pameran. Selama pameran tentu akan menjalankan protokol kesehatan Covid-19 yang telah ditentukan.

“Pameran tentu akan menjalankan protokol pengamanan Covid-19, yang termasuk juga meminimalkan kontak langsung,” tambah Rizwan.

Baca juga  10 Merek Mobil Terlaris di Indonesia, Meski Diterpa Korona

Menurutnya GJAW akan menjalankan proses digital, termasuk pada saat pembelian tiket yang akan dijual secara online saja.

Sementara Nangoi menekankan bahwa Januari adalah saat yang sangat tepat untuk menyelenggarakan pameran GJAW, yang akan menjadi sebuah tonggak yang menunjukkan semangat postif industri otomotif Indonesia dalam melalui masa berat ditahun 2020.

“Pelaksanaan GAIKINDO Jakarta Auto Week pada Januari nanti akan menjadi usaha GAIKINDO dibawah arahan pemerintah untuk mendorong industri otomotif Indonesia keluar dari masa sulit,” tutup Nangoi.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, ikuti Instagram @JakartaAutoWeek. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Baca juga:

Terbaru