by

Honda Grom HRC, Motor Mini yang Siap Balapan!

Ada hal unik dari Honda Grom HRC terbaru. Motor mini ini dibuat khusus untuk melintas di sirkuit. Perancangnya juga tidak main-main, melainkan Honda Racing Corporation (HRC).

Di tangan HRC, Grom diubah cukup signifikan. Seluruh komponen yang membuat motor legal melaju di jalan raya dicopot. Tidak ada lagi spion, lampu depan, dan sein. Hal ini dimaksudkan supaya bobotnya lebih ringan dan aerodinamis.

Tidak hanya itu, bodinya pun dicat dengan warna khas motor sport HRC atau yang disebut tricolor. Kombinasinya adalah merah, biru, dan putih.

Tidak selesai di sana, Honda Grom HRC juga mendapat berbagai komponen untuk membawanya siap balap. Sebut saja ECU racing, harness, knalpot racing, pijakan kaki agak ke belakang, lever guard, dan lain-lain.

Jika kamu tahu lebih detail soal Honda Grom versi balap ini, simak bahasan berikut:

Peluncuran Honda Grom HRC Pada 2021

honda grom terbaru
Motor ini dikhususkan untuk balapan HRC Grom Cup, tidak bisa dipakai di jalan raya

Honda Grom HRC siap meluncur di Jepang pada Maret 2021. Soal harga, sampai sekarang belum diumumkan. Satu yang jelas, motor ini tidak bisa dipakai di jalanan umum dan hanya khusus dipakai balapan.

Baca juga  Honda Forza 250, Big Matic Dengan Segudang Fitur Unggulan

Nantinya bakal ada ajang one-make race khusus motor mini bertajuk HRC Grom Cup. Motor-motor yang digunakan di sana adalah Honda Grom versi balap dari HRC ini. Untuk sementara, even tersebut sepertinya cuma ada di Negeri Sakura. Hanya saja tidak menutup kemungkinan pada kemudian hari bakal diselenggarakan pula di negara lain.

Honda Jepang juga siap menjual motor Honda Grom HRC dalam versi utuh alias siap balap. Di sisi lain, jika konsumen sudah terlanjur memiliki Grom standar, maka bisa juga mengubahnya jadi versi balap dengan membeli komponen di diler-diler Honda yang ada di Jepang.

Basisnya Honda Grom Terbaru yang Meluncur di Thailand

honda grom hrc
Ini merupakan versi balap dari Honda Grom terbaru

Motor yang dijadikan basis dari Honda Grom HRC adalah Grom terbaru yang meluncur di Thailand pada 21 Oktober 2020. Di atas kertas, kuda besi mini itu pakai mesin 123,9 cc dengan teknologi PGM-FI. Padanan jantung mekanis tersebut, sistem transmisi manual 5-percepatan.

Kemudian untuk spesifikasi rangka, Grom anyar menggunakan suspensi monoshock dengan swing arm di belakang serta upside down di depan. Untuk ukuran rodanya pakai 120/70-12 inci khusus ban depan dan 130/70-12 inci buat ban belakang.

Baca juga  10 Motor Matic 250cc Ke Atas yang Pantas Dibeli!

Honda Grom terbaru pun sudah mengadopsi rem cakram di kedua roda. Tambahannya tersedia anti-lock braking system (ABS) dengan G-Sensor yang diklaim mampu membuat berkendara semakin selamat.

Di Indonesia sendiri, Honda Grom sampai sekarang masih belum dipasarkan. Untuk kelas motor mini, PT Astra Honda Motor (AHM) cuma menjual Honda Monkey.

Terbaru