by

Honda Rebel 1100 Tantang Harley-Davidson

Pabrikan asal Jepang, Honda rupanya semakin serius menggarap pasar motor gede bergaya retro. Salah satu buktinya, mereka meluncurkan Honda Rebel 1100 untuk menantang produk-produk Harley-Davidson.

Kalau dilihat sekilas, tampilan kuda besi ini tidak beda jauh dari motor Honda Rebel 500 yang dijual di Indonesia. Ciri khasnya bergaya cruiser retro dengan jok rendah, setang lebar dan piajakan kaki agak ke depan. Lalu penggunaan lampu depan, sein dan spion bulat tetap dipertahankan.

Hanya saja perbedaannya, dari sisi dimensi Honda Rebel 1100 lebih besar. Berbagai komponen ukurannya dibuat melebihi Rebel 500 selaku sang adik.

Ambil contoh suspensi depan pakai diameter 43 mm. Kapasitas tangki juga diperluas hingga 13,6 liter. Tidak ketinggalan ukuran roda semakin lebar dan besar. Rebel 1100 pakai ban depan 130/70-18 inci dan ban belakang 130/70-18 inci.

Lalu yang juga semakin besar adalah kapasitas mesinnya. Motor cruiser retro ini mengunakan kubikasi 1.084 cc, dua silinder berpendingin cairan.

Ingin tahu lebih detail tentang motor Honda Rebel 1100 selaku penantang cruiser Harley-Davidson? Simak bahasan berikut:

Baca juga  Performa Mesin Honda CBR150R 2021 Meningkat?

Mesin Honda Africa Twin Dipasangkan ke Honda Rebel 1100

honda rebel 1100
Motor ini diklaim memiliki power to weight ratio terbaik di kelasnya

Ya, Honda Rebel 1100 mengadopsi mesin milik Africa Twin, termasuk kehadiran transmisi 6-percepatan otomatis dual clutch (DCT). Alhasil performa berkendara yang nyaman bisa didapat.

Istimewanya lagi, sistem DCT bisa dioperasikan secara manual bila diinginkan. Pengendara cukup menekan tombol di setang untuk naik turun gigi transmisi.

“Dengan desain crankshaft 270 derajat, mampu memberikan suara yang khas, dan kenyamanan saat berada di putaran mesin bawah,” seperti dikutip dalam alam resmi Honda Amerika.

Hadir pula tiga mode berkendara: standard, sport, dan rain. Masing-masing dapat dipilih sesuai kebutuhan. Pabrikan berlogo sayap juga memberi Honda Selectable Torque Control (HSTC), anti-lock braking system (ABS), dan wheelie control untuk meningkatkan keselamatan.

Buat kamu yang tidak suka transmisi DCT, maka tersedia opsi transmisi manual 6-percepatanan. Tidak usah takut koplingnya keras, karena Honda Rebel 1100 telah dilengkapi assist & slipper clutch.

Soal rasa berkendara, Rebel 1100 tidak perlu diragukan. Honda mengklaim motor retro ini memiliki power to weight ratio terbaik di kelasnya. Maklum bobotnya sangat ringan, cuma 220 Kg.

Baca juga  5 Rekomendasi Motor Terkencang di Kelas 150cc

Fitur Modern Hadir

honda rebel 1100
Selain fitur keselamatan modern, Honda juga memberi cruise control untuk kenyamanan berkendara

Walau tampilannya khas motor cruiser retro, Honda Rebel 1100 dilengkapi berbagai fitur modern untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Sebut saja cruise control yang memungkinkan motor melaju dengan kecepatan tertentu secara mandiri, tanpa perlu pengendara membuka selongsong gas.

Hadir pula sistem pencahayaan full LED. Panel instrumennya juga telah full digital, mampu memberi berbagai informasi ke pengendara mulai dari tachometer, kecepatan, posisi gigi transmisi, konsumsi bahan bakar, dan lain-lain.

Sampai saat ini Honda Rebel 1100 cuma dipasarkan di Amerika Serikat. Harganya mencapai $9,299 atau setara Rp 131 jutaan untuk transmisi manual 6-percepatan dan $9,999 sekitar Rp 140 jutaan khusus sistem DCT.

Jika masuk Indonesia nanti, pasti banderolnya tidak bakal semurah itu. Sebagai gambaran, Africa Twin yang punya kubikasi mesin serupa saja dijual Rp 600 jutaan. Bukan tidak mungkin Rebel 1100 juga dipatok mepet.

Untuk informasi terbaru tentang dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru