by

Kawasaki Meguro K3, Motor Retro Bersejarah

Sepertinya pabrikan geng hijau tidak habis-habisnya punya stok produk bergaya retro. Kini mereka meluncurkan Kawasaki Meguro K3 untuk pasar Jepang. Motor tersebut cukup istimewa, lantaran punya sejarah panjang buat masyarakat negeri sakura.

Nama Meguro sendiri pernah menghiasi industri otomotif di Jepang sejak 1924. Mereka dikenal sebagai pabrikan yang memproduksi motor berperforma dan berkualitas tinggi dengan kapasitas mesin besar. Hanya saja nama Meguro meredup pada era 1960.

Sampai akhirnya, Kawasaki menghidupkannya kembali dengan kemunculan Meguro K3. Jika dilihat sekilas, tampilannya mirip motor Kawasaki W800. Hal tersebut wajar, karena kedua motor memang berbagi basis.

Meski berangkat dari platform serupa, namun ada beberapa perbedaan di Kawasaki Meguro K3. Ingin tahu detailnya? Simak bahasan berikut:

Desain Klasik Kawasaki Meguro K3

kawasaki meguro k3
Ciri khas Kawasaki Meguro K3 menggunakan warna kombinasi silver dan hitam di tubuhnya

Aura motor retro begitu terpancar di Kawasaki Meguro K3, terutama lewat warna bodi yang beda. Tangkinya dicat silver kombinasi hitam. lalu kelir hitam melekat di sepatbor, jok, dan kover aki.

Lalu ada logo Meguro sebagai identitas menempel di tangki dan panel instrumen. Kuda besi bergaya zaman dulu ini juga hadir dengan setang tinggi, hasil adopsi dari W800 Street. Alhasil pengendara bisa merasakan posisi berkendara klasik yang nyaman.

Baca juga  Yamaha MT-25 vs Kawasaki Z250 Unggul Mana?

Sisanya, Kawasaki Meguro K3 hampir tidak beda dengan W800. Ambil contoh penggunaan pelek jari-jari yang punya ban berukuran 100/90-19 inci di depan dan 130/80-18 inci di belakang. Lampu depan serta sein pun dirancang berbentuk bulat agar kesan klasik semakin terasa.

“Meguro K3 berfokus ke pengendara, didesain untuk membuat kamu bangga akan merek Meguro,” seperti dikutip dari laman resmi Kawasaki Jepang.

Jantung mekanis yang dipakai pun sama dengan Kawasaki W800. Andalannya kubikasi 773 cc dengan konfigurasi dua silinder, SOHC, berpendingin udara. Mesin itu bisa melontarkan torsi puncak 62 Nm pada 4.800 rpm dan tenaga maksimal 52 PS pada 6.500 rpm.

Fitur-Fitur Modern di Meguro K3

panel instrumen kawasaki meguro k3
Kawasaki Meguro K3 sudah dilengkapi teknologi injeksi, ABS, hingga lampu depan LED

Meski punya tampilan jadul, namun Kawasaki Meguro K3 punya fitur yang cukup modern. Ambil contoh sistem penyemprotan bahan bakar sudah mengadopsi teknologi injeksi. Kemudian terkait emisi gas buang, motor ini telah memenuhi standar Euro4.

Ada pula assist & slipper clutch yang memudahkan perpindahan gigi transmisi. Fitur assist clutch berguna meringankan kopling supaya mudah ditekan. Sementara slipper clutch mencegah roda selip saat pengendara menurunkan gigi transmisi terlalu cepat.

Baca juga  9 Pilihan Motor Touring 250cc yang Nyaman

Kawasaki Meguro K3 juga memiliki lampu depan LED yang hemat daya. Tidak ketinggalan panel instrumennya merupakan kombinasi analog dan digital. Khusus panel digital, bisa memberi informasi seputar odometer, trip meter, dan jam.

Bicara fitur keselamatan, hadir pula anti-lock braking system (ABS) untuk meminimalkan resiko roda terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Dengan ABS diharapkan pengendara masih bisa mengatur laju kendaraan sehingga terhindar dari potensi kecelakaan di depan.

Sampai dengan saat ini, Kawasaki Meguro K3 cuma dipasarkan di Jepang. Harganya 1.276.000 Yen atau lebih mahal 176.000 Yen dibanding W800. Kalau masuk Indonesia kemungkinan bisa tembus Rp 300 jutaan. Tertarik punya? Kalau bujetnya tidak sebesar itu, kamu bisa pilih motor retro Kawasaki lain seperti W175 yang banderolnya cuma Rp 30 jutaan.

Terbaru