oleh

5 Kekurangan Avanza Terbaru 2021, Harus Tahu!

Mengetahui kekurangan Avanza terbaru 2021 penting untuk diketahui. Terutama jika saat ini, kamu berencana membeli mobil tersebut.

All New Avanza merupakan produk terbaru dari Toyota yang mengalami banyak ubahan dari baik dari segi desain eksterior, interior, hingga fitur-fiturnya.

Perubahan ini tidak terlepas dari pengalaman Avanza selama 18 tahun merajai pasar MPV Tanah Air.  Pada generasi terbaru ini, produksi Toyota Avanza dan Veloz juga sudah terpisah. Avanza tetap dirakit di pabrik Daihatsu bersama Xenia. Sementara Veloz dibuat di pabrik Toyota.

Meski begitu, keduanya dibekali mesin yang sama yakni 1.500 cc berkode 2NR-VE 4-silinder DOHC dual VVTi. Tenaga maksimumnya diklaim mampu mencapai 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncaknya 14 Nm pada 4.200 rpm.

Ciri khas mobil Avanza terbaru 2021 memiliki pilihan mesin 1.300 cc, dengan spesifikasi DOHC dengan dual VVTi. Sedangkan kembarannya yaitu Veloz tidak punya. Kompetitornya seperti Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga juga tidak memiliki pilihan mesin kecil. Inilah yang menjadi kelebihan dari Avanza.

Terkait harga, bisa jadi masuk ke kelebihan Avanza terbaru 2021. Pasalnya pada trim terbawah 1.3 E M/T cuma dibandrol Rp 206 juta. Sedangkan trim termahal Avanza 1.5 G CVT TSS Rp 264 juta. Banderol yang cukup terjangkau kalau dibanding para kompetitor. Tidak percaya.

Sebut saja Veloz yang harganya dimulai pada trim MT dengan harga Rp 251 juta. Sedangkan veloz trim tertinggi adalah Veloz Q CVT TSS Rp 291.

Baca juga  Volkswagen Transporter T7 Mulai Uji Jalan

Jika dibandingkan dengan Xpander, untuk trim terbawahnya dihuni oleh GLS MT dengan harga Rp 228 juta. Sedangkan trim tertingginya Xpander Ultimate CVT berlabel harga Rp 272 juta.

Nah kembali ke topik pembahasan awal, kali ini kami akan menyampaikan kekurangan Toyota Avanza terbaru 2021 jika dibandingkan dengan Xpander dan Veloz. Berikut ulasannya:

1. Pelek Masih Ring 16

Kekurangan Avanza terbaru 2021
Sebagai perbandingan penggunaan ban. Avanza dengan ring 16 menggunakan ban ukuran 195/60, sementara Veloz dan Xpander pakai ring 17.

Kekurangan Avanza terbaru 2021 adalah penggunaan diameter pelek yang masih menggunakan ring 16 untuk type G dan G TSS. Hal ini membuat Avanza baru masih terlihat kalah manis terlihat dan proporsional di bandingkan dengan Veloz yang sudah mengusung ring 17.

Sedangkan Avanza terbaru 2021 pada varian E mengusung diemeter pelek ukuran ring 15.

Untuk perbandingan penggunaan ban. Avanza dengan ring 16 menggunakan ban ukuran 195/60, sementara Veloz 205/50 ring 17. Pada kompetitor terberatnya Mitsubishi Xpander facelift 2021 mengusung ban berukuran 205/55 ring 17.

2. Tidak ada Cruise Control

Kekurangan Avanza terbaru 2021
Cruise control pada All New Avanza dan Veloz.

Kekurangan Avanza terbaru 2021 berikutnya adalah tidak adanya fitur Cruise Contr rol. Dimana fitur ini harusnya menjadi fitur kenyamanan standar yang ada pada mobil-mobil modern keluaran terbaru.

Untuk kompetitornya seperti Misubishi Xpander, fitur ini sudah ada sejak tahun 2019 lalu. Meski hanya pada tipe kasta tertinggi.

Baca juga  Review Toyota Camry XV40, Mobil Menteri Era SBY

Menanggapi hal ini Anton Jimmi Suwandy, selaku Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) memberikan alasan.

“Karena memang tidak ada fitur tersebut di Toyota Avanza dan Veloz. Jadi ini mungkin satu item yang membedakan TSS yang ada di Avanza dan Veloz terhadap Raize,” kata Anton.

Menurut Anton ada beberapa alasan yang membuat pihaknya memilih untuk tidak menyematkan fitur Adaptive Cruise Control di Toyota Avanza dan Veloz generasi terbaru.

Selain harga jual yang dikhawatirkan membengkak, perbedaan segmentasi konsumen Toyota Raize dengan Avanza dan Veloz terbaru juga jadi alasan.

“Sebenarnya fitur TSS yang basic (dasar) itu tidak ada Cruise Control. Kenapa Toyota Raize ditambahkan Cruise Control? Karena memang kami melihat segmen konsumennya lebih banyak di daerah perkotaan,” kata Anton saat peresmian All New Avanza beberapa waktu lalu.

Walaupun begitu, Anton tidak menutup kemungkinan fitur Cruise Control ini akan disematkan ke Toyota Avanza dan Veloz generasi terbaru jika ada permintaan yang begitu tinggi dari konsumen.

3. Dashboard Masih Full Plastik

Kekurangan Avanza terbaru 2021
Sentuhan soft touch pada Veloz berada di atas laci penumpang depan. Sementara itu pada Mitsubishi Xpander seluruh dashboardnya sudah mengusng material soft touch.

Kekurangan Avanza terbaru 2021 lainnya adalah tidak ada meterial soft touch pada interior dan console. Material dashboardnya asih mengusung bahan plastik.

Hal ini berbeda dengan varian Veloz, yang sudah mengusung trim soft touch pada dashbord meski sekedar.

Baca juga  Sejarah Toyota Vios, Eksis Terus 19 Tahun!

Sentuhan soft touch pada Veloz berada di atas laci penumpang depan. Sementara itu pada Mitsubishi Xpander dashboardnya juga sudah mengusung material soft touch.

Material softtouch memberikan kesan mewah pada interior mobil. Umumnya berbahan kulit sintetis atau kulit asli jika pada mobil-mobil mewah.

4. Rem Parkir Masih Tipe Tarik

kekurangan avanza terbaru 2021 - rem parkir masih manual
Rem parkir avanza belum elektrik

Kekurangan Avanza terbaru 2021 lainnya adalah rem belum elektrik. Jadi kesannya agak ketinggalan zaman. Apalagi kompetitor seperti Mitsubishi Xpander sudah menggunakan rem parkir elektrik, begitu juga di Veloz.

Adanya rem parkir elektrik, harusnya membuat pengemudi lebih sederhana untuk mengaktifkannya. Cukup tarik atau tekan tombol.

Kemudian kalau sudah elektrik, juga bisa ditambahkan fitur auto brake hold. Alhasil jadi memudahkan ketika berada di kemacetan dengan medan menanjak. Mobil akan mengaktifkan rem parkir secara otomatis, saat berhenti. Lalu rem akan terlepas otomatis ketika pedal gas diinjak. Istimewa bukan?

5. Tidak Punya Kamera 360

head unit xenia baru
Xenia selaku saudara kembar Avanza sudah memiliki kamera 360

Kekurangan Avanza terbaru 2021 lainnya ada di head unit. Ukurannya memang besar, sama seperti Veloz dan Xenia, namun dari sisi fitur beda jauh.

Sebut saja head unit Avanza belum dilengkapi kamera 360. Padahal fitur ini memudahkan pengemudi dalam melihat sekeliling, terutama saat parkir atau melewati jalan sempit.

Lalu head unit tersebut juga tidak terintegrasi dengan Android Auto dan Apple CarPlay. Anehnya di Xenia dan Veloz sudah memiliki fitur tersebut.

Kemudian untuk power outlet yang tersedia. Toyota ternyata memberikan di setiap baris bangku. Jadi duduk di paling belakang sekali pun, tidak perlu risau ketika baterai smartphone habis di perjalanan.

Demikian ulasan terkait kekurangan Avanza terbaru 2021. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru