Selasa, April 16, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Komparasi Wuling Almaz vs Chery Omoda GT vs Subaru Crosstrek, Pilih Mana?

by Firdaus Ali
komparasi Wuling Almaz vs Chery Omoda GT vs Subaru Crosstrek

Berikut akan kami ulas mengenai komparasi Wuling Almaz vs Chery Omoda GT vs Subaru Crosstrek. DImana pembahasannya fokus pada tes nanjak, komposisi mesin, tenaga dan drag race, tes body roll, dan kekedapan kabin.

Ketiga mobil tersebut punya harga yang berbeda-beda. Untuk Wuling Almaz ada di angka Rp 398 juta, Chery Omoda GT FWD Rp 453,8 juta dan Subaru Crosstrek dengan banderol Rp 549,5 juta. Kesemua harga itu berlaku OTR wilayah Jakarta.

Langsung saja, biar tidak penasaran mari kita ulas komparasi Wuling Almaz vs Chery Omoda GT vs Subaru Crosstrek berikut ini.

Tes Nanjak, Subaru Crosstrek Paling Cepat Naik

komparasi Wuling Almaz vs Chery Omoda GT vs Subaru Crosstrek

Subaru Crosstrek unggul di tes tanjakan

Komparasi Wuling Almaz vs Chery Omoda GT vs Subaru Crosstrek pertama kita uji adalah tes nanjak. Setiap mobil kami isi dengan 5 orang dengan total bobot penumpang 479 kilogram. 

Seperti biasa, untuk membuktikan siapa yang paling unggul dalam tes nanjak kami menggunakan stopwatch. Jadi, siapa yang lebih dahulu sampai di atas, itulah yang terbaik. Oh ya, kemiringan tanjakan adalah 21 derajat.

Baca juga  Komparasi BMW iX vs Lexus RZ vs Mercedes-EQ EQE, Bedah Fitur, Desain Hingga Interior

Dan, hasilnya ketiga mobil yang kami tes berhasil melalui tanjakan tersebut. Lalu, siapa paling cepat menanjak diantara ketiga mobil tersebut, berikut hasilnya:

  • Wuling Almaz RS Turbo: 20,5 detik
  • Chery Omoda GT FWD: 13,3 detik
  • Subaru Crosstrek: 12,9 detik

Wuling Almaz RS Turbo lebih pelan saat mulai menanjak, kemudian untuk Chery Omoda GT FWD mengalami spin pada mobil. Sementara itu Subaru Crosstrek paling sigap saat menanjak dan menghasilkan waktu tercepat.

Drag Race, Omoda 5 GT Ngacir

komparasi Wuling Almaz vs Chery Omoda GT vs Subaru Crosstrek

Chery Omoda 5 GT unggul

Sebelum mengetahui hasil dari drag race, mari kita lihat spesifikasi mesin dari masing-maing mobil yang kami uji. Pertama adalah spesifikasi mesin Chery Omoda 5 GT, dimana mobil asal Cina ini menggendong mesin 1.6L Turbo TGDI dengan transmisi DCT 7-percepatan yang menghasilkan tenaga 197 hp dan torsi 290 Nm.

Selanjutnya ada Wuling Almaz RS Turbo yang pakai mesin 1.5L Turbo 4 silinder dengan transmisi otomatis CVT, tenaganya 140 hp dan torsi 250 Nm. Kemudian untuk Subaru Crosstrek menggunakan mesin 2.0L Subaru Boxer 4-silinder yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis CVT dan sudah AWD. Dimana tenaganya sebesar 156 hp serta torsi 198 Nm.

Baca juga  Komparasi Toyota Avanza Vs Mitsubishi Xpander, Pilih Mana?

Sudah mengetahui masing-masing spesifikasi mesin, lanjut dengan hasil drag race sejauh 201 meter dan akselerasi 0-100 km/jam. Ini hasilnya:

Adu drag race

Adu drag race

Chery Omoda 5 GT FWD

  • Akselerasi 0-100 km/jam: 7,7 detik
  • Drag race 201 meter: 10 detik

Subaru Crosstrek

  • Akselerasi 0-100 km/jam: 11,5 detik
  • Drag race 201 meter: 11,8 detik

Wuling Almaz RS Turbo

  • Akselerasi 0-100 km/jam: 12,3 detik
  • Drag race 201 meter: 11,9 detik

Body Roll dan Kenyamanan Kabin

komparasi Wuling Almaz vs Chery Omoda GT vs Subaru Crosstrek

Subaru Crosstrek paling unggul

Komparasi Wuling Almaz vs Chery Omoda GT vs Subaru Crosstrek selanjutnya adalah pengujian body roll dan kenyamanan kabin interior. Untuk uji body roll, setiap mobil akan dipacu dengan kecepatan 35 km/jam saat melakukan putar balik.

Hasilnya, Subaru Crosstrek lebih unggul dengan kemiringan 2,5 derajat. Hal ini dikarenakan Subaru Crosstrek pakai mesin boxer yang notabennya center of grafity nya lebih optimal. Selain itu juga sudah AWD.

Posisi kedua ada Chery Omoda 5 FT FWD dengan kemiringan 3 derajat. Dan diposisi buncit ada Wuling Almaz RS dengan catatan angka kemiringan 4 derajat.

Baca juga  Komparasi Toyota Yaris Cross vs Mitsubishi XForce, Siapa Jago Nanjak dan Tercepat Akselerasi?

Selanjutnya, tes pengujian kami adalah tes kenyamanan kekedapan kabin dan bantingan suspensi. Dimana metode pengujian mobil melewati speedtrap dan alat DB meter.

Ketiga mobil kami laju dengan kecepatan 30 km/jam dan AC menyala. Hasilnya, untuk kekedapan kabin, Subaru Crosstrek paling bagus. Angkanya adalah 68,5 db.

Posisi kedua ada Chery Omoda 5 GT yang kekedapan kabin di angka 70,5 dan posisi terkahir Wuling Almaz Turbo dengan catatan angka 74,1 db.

Keunggulan Subaru Crostrek dibanding kedua mobil lain juga pada bagian kenyaman duduk, dimana keempukan jok sesuai serta bantingan suspensi masih tergolong nyaman.

Untuk Chery, kenyamanan masih lumayan bagus, racikan suspensi terasa masih oke bagi penumpang denpan dan pengemudi. Namun jika duduk dibaris kedua terasa keras bantingannya.

Terakhir untuk Wuling Almaz RS yang bantingan masih cukup keras dan kualitas jok kurang optimal.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika