Thursday, October 6, 2022

Daftar Mobil Jenazah Presiden Indonesia dan Keluarganya, Apa Saja?

by Firdaus Ali
Mobil jenazah Presiden Indonesia

Ada beberapa merek mobil jenazah Presiden Indonesia yang menarik untuk dibahas. Sebab, mobil yang mengangkut orang nomor 1 di Indonesia tersebut tentunya menjadi saksi bisu saat terakhir mereka menuju liang lahat.

Mobil jenazah Presiden Indonesia bukanlah mobil sembarangan. Rata-rata menggunakan basis mobil premium. Namun begitu, mobil tersebut umumnya sudah dimodifikasi sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan untuk mengangkut peti atau keranda jenazah.

Khusus untuk mobil jenazah Presiden Soekarno, kejelasan mobil yang digunakan tidak kami temukan secara spesifik. Namun begitu, dilansir dari beberapa laman otomotif nasional, mobil jenazah Presiden pertama Republik Indonesia tersebut merek Chevrolet.

Nah, bagaimana dengan mobil jenazah Presiden Indonesia lainnya? Ada yang pakai VW Transporter T5, Volvo 940 Estate, dan Hyundai H-1. Biar tidak penasaran lagi, mari kita simak informasinya berikut ini:

VW Transporter T5 (Mobil Jenazah Presiden Soeharto dan Gus Dur, Serta Ibu Ainun Habibie)

mobil jenazah presiden soeharto

Sumber: Antarafoto

Mobil jenazah Presiden Indonesia yang pertama kami bahas adalah VW Transporter T5. Mobil lansiran Jerman ini mengantarkan Almarhum Presiden Soeharto yang meninggal pada tahun 2008 dan Almarhum Presiden Abdurahman Wahid (Gus Dur) yang meninggal pada tahun 2009.

Bukan hanya untuk mengangkut Presiden ke-2 dan ke-4 saja. Mobil VW Transporter T5 juga digunakan untuk mengangkut jenazah Ibu Ainun Habibie yang meninggal pada tahun 2010.

VW Transporter merupakan mobil yang memiliki dimensi yang bongsor, sehingga mudah untuk dimodifikasi menjadi mobil jenazah. Pertama kali hadir di Indonesia pada 2004.

Untuk sektor mesin, Transporter T5 mengusung kubikasi mesin diesel berkapasitas 2.500 cc dengan turbo diesel disalurkan melalui transmisi matik 6 percepatan dengan fitur tiptronic. Hasilnya, di atas kertas mempunyai tenaga maksimum 130 hp.

Layaknya mobil MPV premium, VW Transporter T5 sudah mengadopsi pintu geser samping elektrik di kedua sisinya. Sehingga memudahkan penumpang untuk masuk. Soal kelengkapan fitur, MPV asal Jerman ini sudah dilengkapi dengan sensor parkir, rem Anti-lock Braking System (ABS), Air Bag serta control traksi.

Menariknya, untuk menunjang kenyamanan penumpang dari depan sampai belakang. Transporter T5 sudah menyematkan AC Climate Control serta seluruh bangku sudah dilengkapi saluran AC.

Volvo 940 Estate (Mobil Jenazah Ibu Tien Soeharto)

Mobil jenazah Presiden Indonesia

Mobil jenazah Ibu Tien Soeharto

Mobil jenazah Presiden Indonesia berikutnya adalah Volvo 940 Station Wagon yang digunakan untuk mengankut jenazah Ibu Tien Soeharto yang meninggal pada tahun 1996.

Mobil asal Swedia ini terkenal memiliki body yang kuat serta mengusung fitur yang canggih pada eranya. Antara lain jok elektrik, ABS dan fitur-fitur modern lainnya.

Tampilan mobil Volvo memang identik dengan gaya kotak dengan sudut yang tajam. Namun begitu, saat ini banyak peminatnya, utamanya para pecinta mobil era 1990-an.

Hyundai H-1 Next Generation (Mobil Jenazah Presiden BJ Habibie dan Ibu Any Yudhoyono)

Mobil jenazah Presiden Indonesia

Mobil Jenazah BJ Habibie dan Ibu Any Yudhoyono

Mobil Presiden Indonesia berikutnya adalah Hyundai H-1. Yup, mobil MPV premium asal Korea Selatan ini digunakan untuk mengangkut jenazah Presiden Indonesia ke-3 yaitu BJ Habibie serta Ibu Anie Yudhoyono.

Jika dilihat dari foto yang beredar di sosial media dan kanal berita onlen, Hyundai H-1 terebut merupakan lansiran tahun 2014 sampai 2017 atau juga dikenal dengan nama Hyundai H-1 Next Generation.

Hyundai H-1 generasi ini merupakan versi facelift. Dimana terdapat beberapa ubahan eksteriornya. seperti desain grill, headlamp serta bagian interiornya.

Kemudian, untuk menunjang penampilannya disematkan velg berukuran 18 inci yang dibalut ban dengan profil 235/55R18. Dari samping, disematkan pula side skirt di bawah dan flush Glass di kaca pintu penumpang baris kedua.

Soal spesifikasi, Hyundai H-1 menawarkan dua pilihan mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dengan kode A2 dengan kubikasi 2.500 cc CRDi dengan teknologi Common Rail dan VGT Dengan transmisi otomatis. Alhasil, di atas kertas tenaganya mencapai 168 hp serta torsi puncaknya 392 Newton Meter.

Kemudian ada pula mesin bensin 2.400 DOHC yang juga didukung dengan transmisi otomatis. Untuk tenaga maksimalnya diklaim mencapai 157 hp pada 5.500 rpm dan torsi puncak di angka 225 Nm pada putaran mesin 4.250 rpm.

Hyundai H-1 mempunyai bodi yang bongsor  dan daya tampung penumpang hingga 9 orang untuk tipe XG. Nah, dimensinya adalah panjang 5.125 mm, lebar 1.920 mm, wheelbase 3.200 mm serta ground clearance 190 mm.

Pada bagian interiornya, Hyundai H-1 Next generation menyuguhkan kesan mewah. Dimana jok dan Sebagian doortrim terbuat dari bahan kulit berwarna beige.

Kemudian jok tengah juga sudah ottoman yang menawarkan kenyamanan. Tak hanya itu saja, ada pula layar monitor hiburan untuk baris kedua serta bangku baris ketiga juga sudah disediakan headrest dan juga lubang ventilasi AC.

Soal fitur, Hyundai H-1 Next Generation sudah menyematkan headunit touchscreen, 6 titik Airbags, Immobilizer, sensor parkir, serta fitur-fitur modern lainnya.

Moladiners, itulah ulasan mengenai mobil jenazah Presiden Indonesia. Dimana mobil yang digunakan didominasi oleh mobil dengan basis MPV premium.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika