Sabtu, April 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Motor dan Mobil di Film Mission Impossible Dead Reckoning

by Tigor Sihombing
mobil di film Mission Impossible

Motor dan mobil di film Mission Impossible selalu menarik untuk diketahui, termasuk yang baru saja tayang di Indonesia awal Juli 2023 yaitu Dead Reckoning Part One. Apalagi di film anyar tersebut, banyak kendaraan ikonik tampil, sebut saja BMW M5, Fiat 500, dan Honda CRF 250.

Salah satu yang menarik adalah kehadiran BMW M5 terbaru dengan tampilan tanpa pintu. BMW memang telah bekerja sama dengan Paramount Pictures dan perusahaan waralaba Mission Impossible selama lebih dari satu dekade. Kerja bareng ini dimulai saat BMW pertama kali menggunakan BMW Vision Efficient Dynamics dalam film Mission Impossible Ghost Protocol di tahun 2011 hingga sekarang.

Kemudian untuk Fiat 500, Ethan Hunt atau Tom Cruise menunggangi versi elektrinya. Istimewa bukan? Lalu untuk motor yang ada di Mission Impossible 7, aktor tampan tersebut mengendarai Honda CRF 250 dengan parasut di punggungnya. Tentu saja adegan-adengan berkendara di film Mission Impossible terbaru ini akan bikin tegang penonton.

Ingin tahu lebih detail soal motor dan mobil di film Mission Impossible Dead Reckoning Part One? Berikut bahasan lengkapnya:

BMW 540i M Performance

mobil di film Mission Impossible

Terlihat dalam film, BMW M5 yang digunakan beraksi tanpa pintu

Sedangkan pada adegan mobil, dalam aksi kejar-kejaran tersebut Ethan Hunt menggunakan BMW 540i M Performance. Hal ini terlihat dari desain knalpotnya yang berbentuk bulat.

Terlihat dalam film, BMW M5 yang digunakan beraksi tanpa pintu, lantaran keempat pintu tersebut lepas saat adegan ketika Tom Cruise ingin mundur putar balik, saat mobilnya berdempetan di antara dua mobil VW dan Ford.

Baca juga  Spesifikasi BMW Seri 8 Golden Thunder, Kejutan IIMS 2021

Hingga akhirnya, Ethan Hunt harus berkendara di jalan Roma Italia dengan mobil yang tidak memiliki pintu. Selain itu yang membuat aksi ini begitu keren adalah Tom dan lawan mainnya Hayley (Atwell), mereka diborgol bersama.

Dalam adegan itu berarti Cruise harus menyetir, melakukan drifting, serta mengelilingi jalanan yang padat dengan satu tangan, serta dilakukan dengan sangat apik, tanpa rekayasa editing. “Kuncinya adalah, jangan menabrak,” kata Tom Cruise.

“Dalam film ini kami melakukan aksi di jalanan Roma dengan sepeda motor, mobil yang harus kami lakukan dengan benar. Semua ini dilakukan supaya kita bisa melibatkan emosi penonton dengan baik. Saya hanya ingin memberi mereka sensasi itu,” tambah Cruise.

Mobil Fiat 500 Dapat Ubahan Elektrifikasi

mobil di film Mission Impossible

Dalam laman Top Gear dikatakan mobil listrik Fiat 500 tersebut telah dimodifikasi untuk mengimbangi aksi kejar-kejaran yang diarahkan sutradara.

Seri 5 bukanlah satu-satunya mobil yang ditampilkan dalam film tersebut. Ada juga mobil Fiat 500 antik, yang juga digunakan sebagai lanjutan aksi kejar-kejaran.

Dalam laman Top Gear dikatakan mobil listrik Fiat 500 tersebut telah mengalami modifikasi. Mobil tersebut dimodifikasi untuk mengimbangi aksi kejar-kejaran yang diarahkan sutradara.

Di balik layar, Fiat 500 tersebut dimodifikasi secara besar-besaran, dan dilengkapi dengan powertrain listrik.sayang untuk spek mesinnya tidak ada bocorannya. 

Baca juga  Penjualan Mobil BMW Group Indonesia 2022, Pecahkan Rekor!

“Kami datang ke Roma untuk syuting adegan kejar-kejaran, sesuatu yang lebih ambisius dan tak terduga yang belum pernah kami lakukan di film-film kejar-kejaran sebelumnya. Maka dari itu mami membuat Fiat 500 ini agar lebih cepat” kata Sutradara Chris McQuarrie.

Honda CRF 250

mobil di film Mission Impossible - ada motor Honda CRF 250

Honda CRF 250

Salah satu adegan paling menegangkan dalam film Mission Impossible – Dead Reckoning adalah ketika Tom Cruise harus terjun dari gunung dengan sepeda motornya di gunung Helsetkopen, Norwegia.

Dalam adegan yang menggunakan Honda CRF 250 tersebut, Tom melompat ke jurang setinggi 4.000 kaki dan membuka parasutnya hanya 500 meter sebelum menyentuh tanah. Adapun landasannya adalah dibuat secara khusus di pinggir tebing setinggi 1.200 meter di atas permukaan laut.

Dalam cuplikan behind the scene yang banyak beredar di TikTok, setelah melakukan aksinya itu, para pemain dan kru, termasuk sutradara Christopher McQuarrie bernapas lega. Apa lagi adegan menegangkan tersebut dilakukan sebanyak 7 kali lagi, hanya untuk memastikan bahwa rekamannya sempurna. Yang berarti sutradara juga harus menyiapkan  7 motor dengan performa prima untuk mendukung adegan tersebut.

Berbicara tentang aksi berbahaya itu, Tom Cruise mengatakan, “Setiap kali saya keluar dari jalan, itu berbahaya. Itu mempertaruhkan nyawa saya. Dan kami ingin meminimalkan hal itu. Kami memiliki pepatah di film Mission: Impossible: ‘Jangan cari aman. Jadilah orang yang kompeten”.

Baca juga  BMW Training Center Siap Ciptakan SDM Standar International

Lompatan sepeda motor yang banyak dibicarakan, di mana kita melihat karakter Cruises, Ethan Hunt, melaju di tepi jalan dan melepaskan motornya lalu melakukan lompatan BASE yang berisiko tinggi dalam waktu 6 detik sebelum ia menyentuh tanah telah direncanakan sejak lama.

Sebagai informasi, mengutip laman CNBSNes diketahui syuting yang pertama kali dilakukan pada 6 September 2020 tersebut memang mengharuskan Tom Cruise melakjukan banyak aksi berbahaya. Mulai dari aksi terjun payung dari atas motor, melompat yang semua harus dilakukan tanpa rekayasa.

Maka dari itu untuk memmpersiapkan semuanya aktor berusia 60 tahun tersebut harus berlatih 500 kali terjun payung dan 13.000 kali lompatan motorcross di track untuk mempersiapkan diri dalam melakukan salah satu aksi paling berbahaya yang pernah dilakukannya di layar kaca.

Selama pengambilan gambar untuk film Mission: Impossible – Dead Reckoning Part One juga, Tom Cruise memberikan perhatian khusus pada setiap detail, termasuk kecepatannya.

“Saya harus berada pada kecepatan tertentu saat saya melompat dari tanjakan, tetapi saya tidak bisa memakai speedometer karena tanjakannya sangat sempit, sehingga jika saya melihat ke bawah, saya bisa terjatuh. Jadi, saya harus mengukur kecepatan sepeda motor melalui suara dan getaran mesin serta dengan merasakan molekul di udara di atas tubuh saya. Itulah tingkat kompetensi yang harus saya capai, ” tutup Tom Cruise

Demikian ulasan mobil di Film Mission Impossible. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika