Thursday, October 6, 2022

Penjualan Hyundai Stargazer Hajar Avanza dan Veloz!

by Tigor Sihombing
Hyundai Stargazer

Hyundai Indonesia raih 3.619 SPK selama GIIAS 2022, penjualan didominasi oleh LMPV terbaru mereka Hyundai Stargazer. Pencapaian Hyundai di GIIAS 2022 meningkat lebih dari dua kali lipat dibanding GIIAS tahun 2021.

Dalam gelaran event GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung 11-21 Agustus 2022, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) berhasil menorehkan peningkatan hingga dua kali lipat dari pemesanan produk Hyundai bila dibandingkan di GIIAS 2021.

Hyundai Stargazer menjadi produk terlaris dengan 1.585 SPK. Angka ini cukup fantastis, karena mengalahkan kompetitor seperti Toyota Avanza dan Toyota Veloz di kelas LMPV. 

Kemudian penjualan Hyundai terbaik selanjutnya disusul oleh Creta dengan total 1.191 SPK. Ada pula Hyundai IONIQ 5 dengan total 399 SPK. Selain itu, Hyundai memenangkan tiga kategori selama GIIAS 2022 dan memecahkan Rekor MURI untuk “Tampilan LED Terbesar di Pameran Otomotif.”

Woojune Cha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia mengungkapkan, “Hyundai sangat mengapresiasi antusiasme yang luar biasa dari pengunjung booth Hyundai dan atas sambutan positif yang diberikan kepada kami melalui serangkaian penghargaan untuk Hyundai di GIIAS 2022,” kata Woojune.

Baca juga  Mobil Listrik Produksi Indonesia dari Hyundai, Meluncur Maret 2022

Pada kesempatan yang sama, Makmur, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia menambahkan, “Kami sangat senang dan mengapresiasi sambutan hangat dari masyarakat terhadap produk-produk Hyundai yang kami pamerkan selama GIIAS 2022.”

“Di GIIAS tahun ini Hyundai Stargazer menjadi bintang utama dengan diraihnya penghargaan Favorite Passenger Car MPV di GIIAS 2022, terlebih Stargazer juga mendominasi penjualan Hyundai sebanyak 1.585 SPK atau kurang lebih sekitar 45% dari total pemesanan selama ajang otomotif tersebut. Hal ini membuktikan kepercayaan masyarakat terhadap produk Hyundai yang dibuat di Indonesia sangat tinggi dan sangat diminati.”

Adapun tiga kategori penghargaan yang dimenangkan oleh Hyundai meliputi Favorite Car: Passenger Car MPV yang diraih oleh Hyundai Stargazer, Hyundai IONIQ 5 sebagai Favorite Car: Electric Car, dan Favorite Booth: Over>2000 Sqm.

Sepanjang GIIAS 2022, Hyundai merepresentasikan visi brand melalui Inspirational Media Wall LED seluas 504 m² yang menampilkan media art dengan permainan warna dan visual penuh makna.

Booth Hyundai menghadirkan 25 display kendaraan mobil, 8 unit test-drive untuk berbagai produk andalan Hyundai yang dapat dirasakan langsung oleh pengunjung.

Baca juga  Duduk di Bangku Baris Ketiga Stargazer, Bagaimana Rasanya?

Stargazer Perlu Lebih Banyak Varian untuk Bisa Menang Telak

Hyundai Stargazer

Di GIIAS 2022, meski meningkat secara penjualan All New Avanza hanya mengantongi SPK sebanyak 926 unit dan All New Veloz sebanyak 706 unit. Untuk kelas 1.500 cc seperti Veloz perbandingannya lebih dari 50% penjualan Hyundai Stargazer lebih banyak dibanding Veloz.

Penjualan Stargazer itu bukan cuma bagus di internal Hyundai saja. Bila dibandingkan dengan kompetitor seperti Toyota Avanza dan Veloz, ternyata juga lebih istimewa.

Seperti yang kita ketahui, Avanza dan Veloz adalah ujung tombak penjualan Toyota dengan selalu menjadi yang terlaris di tiap event-event pameran otomotif. Di GIIAS 2022 contohnya, penjualan All New Avanza hanya mengantongi SPK sebanyak 926 unit dan All New Veloz sebanyak 706 unit.

Bandingkan dengan Hyundai Stargazer dengan 1.585 SPK. Tentu LMPV pabrikan H miring ini menang telak. Walau memang, ketika penjualan Avanza dan Veloz digabungkan, maka Stargazer sesungguhnya masih kalah karena Toyota bisa menghasilkan total 1.632 SPK dari LMPV miliknya.

Baca juga  Kia Carnival vs Hyundai Staria, Siapa Lebih Mewah?

Mungkin strategi tersebut perlu dicontoh oleh Hyundai dengan membuat produk serupa, tapi beda. Seperti kalian tahu Avanza dan Veloz adalah saudara kembar, tapi punya pasar masing-masing. Avanza untuk entry level, sementara Veloz buat konsumen yang menginginkan mobil lebih mewah.

Tentu akan menarik, kalau Stargazer punya kembaran. Misalnya varian crossover atau justru N-Series (varian mobil Hyundai berperforma tinggi). Kita tunggu saja!

Demikian ulasan terkait penjualan Hyundai Stargazer di GIIAS 2022. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika