oleh

Plus Minus Kia Seltos Diesel, Layak Beli?

Kia Seltos diesel menjadi salah satu pusat perhatian pada booth Kia di perhelatan Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2021. Bukan tanpa alasan, umumnya mobil dengan segmen SUV yang beredar di Indonesia bermesin bensin.

Dengan hadirnya Seltos diesel, tentunya mobil ini menjadi pemain tunggal SUV medium bermesin diesel di Tanah Air. Produk tersebut sebelumnya lebih dulu beredar di India.

Rumor kedatangannya di Indonesia juga sudah terendus sejak awal 2021 melalui laman resmi Samsat DKI Jakarta. Meski saat itu pihak PT Kreta Indo Artha (Kia Indonesia) masih belum mau terus terang akan kehadiran Seltos varian mesin diesel di Indonesia.

Dan pada akhirnya pada GIIAS 2021 Kia Indonesia resmi menghadirkan Kia Seltos diesel dengan harga jual Rp 389 juta. Harga tersebut lebih mahal dari Kia Seltos bermesin bensin yang dibanderol mulai dari Rp 310,8 juta hingga Rp 374 juta.

Nah, perbedaan harga tersebut tentu membuat penasaran. Apa saja hal unik dari Kia Seltos diesel? Adakah perbedanya dengan Kia Seltos bermesin bensin dari sisi performa? Mari kita simak ulasannya:

Baca juga  5 Perbedaan Kia Sonet 7-Seater Vs 5-Seater, Jangan Keliru!

Mesin Diesel dengan Torsi Besar

kia seltos diesel
mesin kia seltos diesel

Hal pertama yang membuat unik Kia Seltos diesel tentunya dai sektor jantung pacunya. Yup, seperti sudah diinformasikan di atas bahwa Kia Seltos diesel merupakan mobil SUV berkapasitas 5 orang di Indonesia yang menggunakan mesin diesel.

Mobil ini menggunakan mesin U2 1.5 E-VGT CRDi. Mesin diesel ini diklaim mempunyai tenaga maksimal mencapai 115 PS pada 4.000 rpm. Sedangkan torsinya mampu meraih 250 Nm pada putaran mesin 1.500 – 2.750 rpm. Mesin tersebut dikombinasikan dengan transmisi otomatis 6-percepatan.

Mesin Seltos Diesel dengan teknologi E-VGT (Electronic Variable Geometry Turbo) itu punya torsi yang lebih besar dibanding versi bensin. Hanya saja, tenaganya kalah.

Untuk torsi, bedanya mencapai 8 Nm lebih unggul Seltos Diesel. Meski demikian, untuk tenaga maksimumnya Seltos bensin dengan perbedaan 25 PS. Kemudian Seltos bensin mengadopsi transmisi Dual Clutch Transmision (DCT) 7-percepatan.

Desain Eksterior Seltos Diesel dan Bensin Sama

kia seltos diesel

Tampilan eksterior Seltos Diesel sama persis dengan Kia Seltos berbahan bakar bensin. Artinya memiliki paras yang gagah. Begitu pula dimensinya dengan panjang 4.315 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.645 mm. Jarak sumbu rodanya pun tetap 2.610 mm.

Baca juga  Kia Sonet Pakai Logo Baru, Lebih Keren!

Lalu apa pembeda Kia Seltos Diesel? Pada bagian belakangnya terdapat emblem CRDi untuk menandakan bahwa mobil tersebut bermesin diesel.

Fitur Seltos Diesel Kalah dengan Seltos Bensin Varian EX Plus

kia seltos diesel
Interior Kia Seltos

Meski harga Kia Seltos Diesel lebih mahal dari Seltos bensin varian EX Plus, sayangnya jika masuk ke bagian interior ada beberapa kelengkapan fitur yang justru hilang.

Pertama adalah tidak adanya head up display. Kemudian meski sama-sama menggunakan transmisi otomatis, namun pada Seltos diesel tidak ada paddle shift. Kemudian tidak ada pula ventilasi udara pada jok pengemudi dan penumpang.

Moladiners, itulah ulasan mengenai plus minus Kia Seltos diesel. Untuk informasi otomotif menarik lainnya, simak terus Moladin.com.

Terbaru