by

Reinkarnasi Hyundai Pony Menjadi Mobil Listrik Retro

Hyundai tidak ada hentinya untuk menampilkan ekspansi di jagat elektrifikasi. Kini, mereka menghadirkan Hyundai Pony sebagai mobil listrik retro yang eksis di jaman now.

Bicara mobil retro yang dimiliki Hyundai, ada satu model yang mungkin dikenal di kalangan pecinta otomotif khususnya Hyundai. Mobil yang menyerupai wagon, berhasil mereinkarnasi dengan bentuk yang lebih modern meski dengan esensi retro yang begitu kuat.

Pada masanya, mobil ini diluncurkan oleh Hyundai Motor Company dari tahun 1975 sampai 1988. Hyundai Pony juga menjadi mobil produksi massal pertama yang diproduksi oleh pabrikan asal Korea Selatan.

Namun dalam kehadirannya saat ini, terlebih di tengah tren elektrifikasi, Hyundai, menghadirkan versi terbaru Hyundai Pony sebagai mobil listrik retro yang memiliki persamaan desain dengan Hyundai Ioniq 5.

Melihat penampilannya saat ini, Hyundai Pony, mengadopsi desain retro dengan balutan warna silver matte yang dilengkapi dengan fitur berupa sepasang kamera yang dipasangkan di bagian sepatbor. Tidak hanya itu, untuk perubahan lainnya juga dilakukan oleh Hyundai pada mobil listrik retro ini.

Baca juga  6 Mobil Listrik yang Meluncur di 2020 Untuk Indonesia

Sebagai salah satu ciri mobil ini memiliki sisi modern, pabrikan sudah mengeliminasi pencahayaan yang lama dengan bohlam, digantikan dengan lampu LED canggih. Pencahayaan ini juga digunakan oleh Hyundai pada model terbaru mereka Ioniq 5.

Spesifikasi Mobil Listrik Retro Hyundai Pony

Mobil listrik retro Hyundai Pony
Hyundai Pony kini berenkarnasi menjadi mobil listrik

Dari sisi kaki-kaki, Hyundai Pony, mobil listrik retro ini juga ditopang dengan karakter velg yang lebih besar karena terinspirasi dari gaya retro yang terlihat sangat sempurna pada bodi mobil berdesain mengotak.
Mobil Listrik Retro Hyundai Mencuri Perhatian

Sementara itu, untuk bagian yang paling mengesankan bisa disimak lewat perubahan pada interiornya. Desainer Hyundai, sudah menyulap mobil listrik retro ini dengan menambahkan banyak elemen modern ke dalam kabinnya.

Door trim kini dibalut dengan paduan kulit dan alumunium, sementara joknhya juga dibuat secara khusus. Kemudian, untuk desain dashboardnya, juga hadir dengan desain modern yang mencolok lantaran berdesain yang tidak biasa serta menghadirkan aksen modern secara menyeluruh.

Meski secara tampilan bisa dikorek habis, namun untuk spesifikasi perihal kinerja jantung mekanisnya, Hyundai masih belum mengumumkannya secara resmi. Ada spekulasi mobil listrik retro ini akan mengusng spesifikasi jantung pacu yang sama dengan Hyundai Ioniq 5.

Baca juga  Mengenal Hyundai Ioniq, Mobil Dinas Ridwan Kamil yang Ramah Lingkungan

Jika mengacu pada generasi pertamanya, Hyundai Pony, sudah dibekali dengan mesin empat silinder segaris dengan kapasitas 1.2 liter. Dari mesin tersebut, tenaga yang dihasilkan juga terbilang lumayan karena mampu menghasilkan 55 PS.

Tidak hanya satu mesin, tetapi Hyundai, juga membuat pilihan lain berupa mesin yang lebih besar lagi yakni 1.4 liter yang mampu memproduksi tenaga sebesar 68 PS. Pengadopsian mesin tersebut, dikabarkan pabrikan ini menggandeng Mitsubishi untuk menyuplai mesin pada Hyundai Pony.

Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Terbaru