Banner
Thursday, December 1, 2022
Banner
Banner

Renault R5 Turbo 3E BEV, Mobil Balap Listrik dari Dunia Game

by Tigor Sihombing
Renault 5 Turbo

Renault 5 turbo kembali dibangkitkan dalam versi terbaru khas mobil balap tapi menggunakan energi listrik, namanya jadi Renault R5 Turbo 3E BEV. Mobil  ini sesungguhnya sudah kesohor di ajang balap rally dunia sebagai mobil legendaris.

Singkat cerita sejarah Renault 5 Turbo, ini berasal dari mobil produksi masal yang disulap menjadi mobil balap bermesin tengah dan berhasil menjuarai rally Monte Carlo legendaris di tahun 1980-an. Istimewa bukan?

Kini model tersebut dibuat kembali sebagai prototype mobil listrik untuk merayakan peringatan 50 tahun Renault 5. Dengan mengusung nama Renault R5 Turbo 3E BEV, mengacu 2 model versi 5 Turbo sebelumnya, kini pada generasi ketiga mengadopsi model listrik alias bersumber tenaga baterai. Selain itu sebagai prototype, dibangun dari nol dengan chassis tubular yang sudah berstandar balap FIA. Jadi, bukan kanibal dari Renault 5 Turbo klasik yang dimodifikasi untuk dijejali motor listrik.

Selain itu, panel bodi terbuat dari serat karbon, berdimensi panjang 4.000 mm, lebar 2.020 mm, dan tinggi 1.320 mm, serta jarak sumbu roda 2.540 mm. Berat kendaraan, termasuk roll bar mencapai 980 kg, ditambah baterai 520 kg.

Baca juga  Mercedes-Benz EQB, SUV Elektrik 7-Seater Terbaru!

Tampilan keseluruhan mobil Renault R5 Turbo 3E BEV terlihat sangat agresif, ala-ala mobil pikes peak yang dikemas dengan sangat modern. Bahkan sekilas mirip mobil balap di dalam game. Apalagi ada tambahan strip LED merah muda, biru, dan kuning di bagian depan dan belakang mobil, memberikan kesan unik.

Tidak ketinggalan bodi lebar dan sayap besar di belakang, membuat kesan sebagai kendaraan yang jago melibas trek balap. Ada pula 10 dudukan untuk action cam di berbagai sudut 5 Turbo 3E, jadi memuat konten lebih mudah.

“R5 Turbo 3E memadukan desain teknologi tinggi dan kegembiraan lewat banyak referensi dari dunia mobil balap dan video game,” kata Design Director Renault, Gilles Vidal.

moladin tampil baru blog banner

Renault 5 Turbo EV Siap Produksi Massal

Renault R5 Turbo 3E BEV - tampak samping

Tampilan Renault R5 Turbo 3E BEV yang futuristik, persis seperti mobil balap dalam dunia game

Lalu untuk panel instrumen Renault R5 Turbo 3E BEV, sudah tidak menggunakan model 10 dial analog pada Sanc Turbo 2. Kini menggunakan 10 layar digital yang tampilannya sangat futuristik. 

Baca juga  Instruksi Jokowi: Semua Pejabat Pakai Mobil Listrik

Interiornya dilengkapi jok bucket balap serat karbon Sabelt, safety harness, setir, dan tuas rem tangan tegak diletakkan di konsol tengah. Mantap bukan?

Khusus baterianya pakai lithium-ion 42kWh diletakkan pada bagian tengah lantai. Memberi output maksimum motor 380 hp dan torsi maksimum 700 Nm. Akselerasi 0-100 kpj dalam waktu 3,5 detik dan 3,9 detik dalam mode drift, serta kecepatan maksimum yang dibatasi mencapai 200 kpj.

Mobil Renault R5 Turbo 3E BEV tampil perdana di Chantilly Art & Elegance 2022 pada 25 September lalu. Kemudian juga akan tampil Paris Motor Show pada Oktober 2022 mendatang. Kemungkinan besar Renault bakal memproduksinya secara massal pada 2024. Hanya saja dari tampilan, sepertinya tidak akan seperti sekarang, melainkan versi jalan rayanya atau Renault 5 EV.

Demikian ulasan terkait Renault R5 Turbo 3E BEV. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

banner bawah

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika