oleh

Review Honda City Type Z, Sedan Jadul Nan Irit

Meski mobil bekas, review Honda City Type Z menarik untuk diulas. Sebab mobil ini mashur dengan efisiensi BBM serta mudah perawatannya. Hal tersebut membuat kondisi bekasnya masih tetap menjadi pilihan pecinta mobil sedan.

Sedikit mengulas sepak terjang Honda City Type Z di Indonesia, mobil ini resmi mengaspal di Indonesia pada tahun 2000. Merupakan versi facelift dari City generasi pertama.

Ketika itu ada dua varian, yaitu City Persona dan City Type Z. Namun pada artikel ini kita hanya akan membahas Review Honda Type Z. Ciri khasnya untuk Type Z, sudah pakai mesin VTEC yang bertenaga sekaligus irit BBM.

Saat itu Honda City Type Z berhadapan dengan beberapa rivalnya, seperti Toyota Soluna, Suzuki Baleno serta Hyundai Accent. Saat itu harga Honda City Type Z dibanderol kisaran Rp 175 jutaan.

Honda City Z masih lumayan banyak yang mencarinya, karena selain irit mesinnya juga bandel. Selain itu juga tampilannya masih oke, untuk harga bekasnya kisaran Rp 55 juta hingga Rp 65 jutaan,” ungkap Sulaiman, salah satu Staff Operasional  balai Lelang di Tangerang Selatan. (22/11/2021).

Nah, untuk mengulas lebih jauh, berikut review Honda City Type Z bekas yang masih banyak diburu penggila mobil sedan.

Spesifikasi Honda City Type Z

Desain eksterior Tidak Membosankan

review honda city type z
Desain sederhana tapi tidak membosankan.

Review Honda City Type Z yang pertama adalah membahas dari sisi desain eksterior. Yup, Honda City Type Z mengusung tampilan yang masih tidak jauh dari mobil sedan honda lansiran 1990 an.

Baca juga  Konsumsi BBM City Hatchback Hybrid, LCGC Kalah Irit

Tampilan eksteriornya memang sederhana, tidak banyak lekukan atau aksesoris yang menempel. Namun, dengan desain yang sederhana tersebut membuat mobil ini mudah untuk dimodifikasi agar tampilannya tampak lebih sporty atau elegan. Umumnya pemilik Honda City Type Z hanya memainkan penggantian velg sesuai selera mereka.

Desain interior sederhana

review honda city type z
Interior Honda City Type Z

Review Honda Type Z selanjutnya adalah pada bagian interior. Tidak jauh berbeda dengan desain eksteriornya yang terbilang sederhana, alias tidak beda jauh dengan saudaranya yang lahir di tahun 1990 an.

Bagian dashboardnya dilengkapi dengan sistem audio single din, serta knop pemutar AC. Selain itu mobil ini juga sudah dilengkapi dengan central lock dan power window disemua jendela pintunya.

Oh ya, pada bagian pintu juga sudah disediakan arm rest sehingga baik pengemudi atau penumpang lebih nyaman melakukan perjalanan jauh.

Mesin irit BBM

review honda city type z
Mesin Honda City Type Z (transmisi otomatis)

Seperti diungkapkan sebelumnya, bahwa tahun 2000, Honda City generasi pertama mengalami facelift pada desain eksteriornya yang tampil lebih modern. Tak hanya desain eksterior, bagian mesin juga mendapat teknologi baru yaitu VTEC.  

Teknologi VTEC hanya terdapat pada varian City Type Z, di mana performa mesinnya diklaim mampu meraih angka 115 hp pada putaran mesin 6.800 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya mencapai 139 Nm pada 4.600 rpm.

Baca juga  HR-V Generasi Ketiga, Semua Varian Ada Honda Sensing

Perihal konsumsi bahan bakarnya, Honda City Type Z terkenal dengan keiritannya. Di atas kertas mobil sedan ini tercatat 13 Km/liter untuk dalam kota dan 15 Km/liter untuk luar kota. Tentu angka tersebut diraih dengan cara mengemudi yang sewajarnya alias tidak ugal-ugalan.

Dimensi Lumayan Besar

Review Honda City Type Z selanjutnya adalah dari sisi dimensinya. Ruang kabin mobil ini cukup lega, sehingga jika memuat 4 penumpang masih bisa leluasa untuk bergerak.

Adapun Honda City Type Z memiliki dimensi panjang 4.270 mm, lebar 1.690 mm serta tinggi 1.385 mm. Sedangkan bobot kosongnya 98 kg.

“Ruang kabinnya cukup luas, sehingga baik penumpang bagian depan atau belakang masih bisa leluasa untuk bergerak. Nyaman untuk digunakan perjalanan jauh,” imbuh Sulaiman.

Harga bekas murah

Harga bekas Honda City Type Z terbilang ramah di kantong. Untuk harga pasaran kondisi bekasnya ada dikisaran Rp 55 juta hingga Rp 65  jutaan.

“Untuk kondisi yang layak jalan umumnya dikisaran Rp 55 juta sampai Rp 65 jutaan. Meski demikian ada juga yang menjual di bawah harga tersebut. Namun hal tersebut juga harus diwaspadai, cek dengan teliti bagian mesin, sudut-sudut body apakah ada karat atau tidak, serta keabsahan surat dan pajaknya,” jelas Sulaiman.

Baca juga  9 Jenis Mobil yang Dipasarkan di Indonesia

Masalah Honda City Type Z bekas

review honda city type z
Perhatikan bagian kaki-kaki pada Honda City Type Z bekas

Mobil bekas tak luput dari kekurangan, begitu juga dengan Honda City Type Z. Mobil yang diproduksi mulai tahun 2000 hingga tahun 2002 tersebut mempunyai masalah pada bagian kaki-kakinya.

“Saya sudah memakai Honda City Type Z selama tiga tahun. Masalah yang saya alami pada bagian kaki-kakinya, yaitu pada ball joint dan lower arm. Kerusakan tersebut bisa diperbaiki namun biasanya tidak awet, maka sebaiknya diganti yang baru saja. Untuk biayanya sekitar Rp 700 ribuan,” ungkap Doel, salah satu anggota Type Z Owner Indonesia. (22/11/2021).

Maklum, namanya juga mobil yang usianya sudah menginjak 20 tahun. Kaki-kaki merupakan persoalan biasa.

Kesimpulan

review honda city type z
Sosok City Type Z

Honda City Type Z layak dibeli jika Anda menginginkan mobil sedan dengan perawatan mudah serta konsumsi BBM yang irit.

Selain itu, tampilan eksteriornya terbilang long lasting alias tidak membosankan. Meski demikian memang desain interiornya sederhana, jauh dari kesan mewah.

Disamping itu, mobil ini juga belum dilengkapi fitur keselamatan seperti ABS dan Airbag. Jadi jika mengendari City Type Z harus bisa mengukur kapasitas kelincahan mengemudinya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan di jalan raya.

Moladiners, itulah ulasan mengenai review Honda Type Z. Untuk informasi otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru