by

Sosok Vario 160 Beredar di Dunia Maya

Foto-foto yang diduga sosok Vario 160 ramai beredar di dunia maya. Jika melihat tampilan, motor matikberubah cukup banyak dibanding Honda Vario 150.

Gambar tersebut pertama kali dipublikasikan oleh media asal Vietnam, Motosaigon pada Kamis (6/5/2021). Hanya saja terkait lokasi motor, sampai sekarang belum diketahui secara pasti itu di Vietnam atau Indonesia

Satu yang pasti, dari gambar terlihat bahwa bodinya semakin kekar dan sproty. Lalu bagian paras motor matik ini mendapat beberapa revisi, khususnya di bagian lampu. 

Sosok Vario 160 pakai lampu dengan ukuran lebih besar. Kemudian kalau diperhatikan detail, sudah mengaplikasikan teknologi proyektor LED. Dengan begitu, harusnya pencahayaan bakal lebih fokus sehingga mampu memberikan visibilitas lebih baik saat berkendara.

Hadir pula daytime running light (DRL) terintegrasi dengan lampu depan. Padahal di Vario 150, keduanya dibuat terpisah.

Kemudian di sektor roda, ada kaliper rem warna merah. Sistem pengereman sepertinya masih sama pakai cakram di depan dan teromol di belakang. Keanehan justru datang dari pemggunaan pelek, pakai punya Vario 125 yang dijual di Indonesia saat ini.

Baca juga  Vespa 946 Louis Vuitton Ternyata Buatan Rusia

Bagian belakang, sosok Vario 160 tidak terlalu berbeda. Masih pakai lampu sein terpisah dengan lampu belakang layaknya motor sport. 

“Dan inilah desain menyeluruh dari Honda Vario 160, menurut Motosaigon ini lebih bersudut dan indah dibanding Vario 150. Bagaimana pun juga, gambar ini belum secara resmi dikonfirmasi oleh Honda,” seperti dikutip dari Motosaigon.

Mesin Vario 160 Diduga Mengambil Basis Honda PCX 160

sosok vario 150
Desain motor yang diduga Vario 160 terlihat lebih kekar, kemudian mesinnya kemungkinan pakai kubikasi 160 cc seperti PCX 160

Selain sosok Vario 160 yang tertangkap kamera, Motosaigon juga menduga bahwa mesin motor tersebut bakal mendapat ubahan. Sesuai namanya, maka kapasitas jantung mekanisnya naik 160 cc. Kemungkinan pakai kepunyaan PCX 160

Ini bukan hal yang aneh, terlebih Honda Vario 150 dan PCX 150 memang sudah pernah berbagi mesin. Ketika itu, Honda PCX 150 justru mengadopsi mesin kepunyaan Vario 150.

Berbagi mesin sangatlah wajar di industri otomotif dunia. Tujuan melakukannya, tidak lain agar menekan ongkos produksi.

Jika benar sosok Vario 160 pakai mesin PCX 160, maka sudah pasti performanya bakal lebih istimewa dari Vario 150 yang dijual sekarang. Kelebihan utama depot daya ini pakai kubikasi lebih besar. Selain itu ada teknologi eSP+.

Baca juga  Bocoran Mesin Honda PCX 150 Facelift di EICMA, Nmax Lewat?

Kemudian fitur turunan dari PCX 160 kemungkinan turun ke Vario 160. Sebut saja honda selectable torque control (HSTC), anti-lock braking system (ABS), dan lain-lain.

Bila semua tebakan itu benar, maka Vario 160 akan menjelma jadi motor matik istimewa yang sangat superior. Tentu kompetitor seperti Yamaha Aerox 155 bakal jauh ketinggalan. Hanya saja, berapa harganya kelak? Semoga kenaikannya masih masuk akal.

Sebagai gambaran, saat ini Vario 150 dijual Rp 24,715 juta (OTR Jakarta). Maka kisaran harga Vario 160 agaknya bakal sekitar Rp 26 – 27 jutaan. 

Bagaimana menurut kamu sosok Vario 160 yang fotornya tersebar luas tersebut? Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru