by

Spesifikasi Yamaha FZ-S, Calon Pengganti Byson Seharga Rp19 Jutaan

Spesifikasi Yamaha FZ-S FI – Pabrikan garputala resmi meluncurkan model terbaru dari FZ-S FI. Hanya saja bukan di Indonesia, melainkan India.

Meski demikian, motor ini bukan tidak mungkin masuk Indonesia. Pasalnya dari sisi desain dan fitur, sangat cocok dengan konsumen Tanah Air. Harga Yamaha FZ-S FI juga terjangkau, mulai INR 99,700 atau setara Rp19 jutaan.

Terlebih lagi, FZ-S FI punya banyak kemiripan dengan Yamaha Byson. Jadi bukan tidak mungkin, Byson facelift bakal hadir dengan mengambil kemiripan dari FZ-S FI India. Mau tahu lebih lanjut tentang motor ini?

Untuk jawabannya, simak spesifikasi Yamaha FZ-S FI berikut ini:

Desain Kekar dengan Ban Sangat Lebar

spesifikasi yamaha fz-s fi 001
Bukan tidak mungkin, motor ini jadi acuan untuk Yamaha Byson model selanjutnya

Kalau kamu melihat spesifikasi Yamaha FZ-S FI, aura gagah benar-benar terasa. Lihat saja bodinya yang kekar dengan garis-garis tubuh tajam. Dimesi panjangnya 1.990 mm, lebar 780 mm, dan tinggi 1.080 mm.

Hadir pula beberapa aksesori khas motor sport, seperti shroud di sisi tangki. Kemudian di bawah mesin, ada under cowl. Menariknya lagi di lampu depan hadir desain yang mirip lampu Yamaha MT-15. Kanlpot kuda besi garputala ini juga dibuat kekar dan pendek, menyesuaikan dengan keseluruhan bodi motor.

Baca juga  Ban Nmax Terbaik, Ini 9 Rekomendasinya

Selanjutnya yang membuat saudara Yamaha Byson ini semakin gagah, penggunaan ban sangat lebar. Ban depan pakai 100/80-17 inci dan belakang 140/60-17 inci. Di ban belakang tersemat pula sepatbor yang menempel, sehingga potensi cipratan air ke punggung pengendara dapat diminimalkan.

Lalu untuk suspensi depan pakai teleskopik. Di belakang menggunakan monoshock dengan pengaturan kekerasan tujuh tingkat. Terkait kenyamanan berkendara, FZ-S FI punya jok tebal yang menyatu dari depan ke belakang. Alhasil pembonceng bakal merasa lebih rileks duduk di motor.

Kemudian untuk pengendara, joknya terbilang tinggi dengan 790 mm. Tentu bakal membuat pengendara dengan postur 168 cm sedikit jinjit ketika duduk di jok motor. Kekurangan lain, bobotnya cukup berat mencapai 137 Kg. Lebih berat dari Yamaha Byson yang cuma 133 Kg.

Di India, Yamaha FZ-S FI tersedia dalam lima pilihan warna: dark knight (hitam), metallic red (merah), matt black (hitam pekat), dark matt blue (biru pekat), dan kombinasi abu-abu serta hijau.

Baca juga:

Baca juga  7 Rekomendasi Motor Bekas Rp 5 Jutaan

Fitur Yamaha FZ-S FI: Lampu LED Hingga Anti-lock Braking System (ABS)

fitur yamaha fz-s fi
Fitur keselamatan lebih mumpuni dibanding Byson di Indonesia

Soal fitur, Yamaha FZ-S FI jauh lebih modern dibanding Byson. Motor ini sudah dilengkapi lampu depan LED. Kehadiran LED selain mampu menghemat daya aki, juga visibilitas berkendara semakin baik terutama berkendara di malam hari.

Panel instrumennya pun istimewa dengan LCD negatif yang memiliki latar hitam dan indikator putih. Warna seperti ini lebih memudahkan indikator untuk dibaca pada saat berkendara siang hari. Panel instrumen tersebut mampu memberi berbagai informasi ke pengendara, mulai dari jam, konsumsi bahan bakar, takometer, kecepatan, dan lain-lain.

Dalam hal keselamatan, spesifikasi Yamaha FZ-S FI bahkan lebih baik dari Byson. Rem cakram hadir di kedua roda, depan dan belakang. Ada pula sistem pengereman anti-lock braking system satu channel khusus roda depan.

Guna ABS untuk mencegah roda terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Dengan begitu, pengendara diharapkan bisa tetap mengendalikan motor dan menghindar dari potensi kecelakaan.

Mesin 150cc Ramah Lingkungan

yamaha byson facelift
Mesinnya pakai kapasitas 150cc, serupa Yamaha Byson hanya saja gas buangnya lebih ramah lingkungan

Kelebihan spesifikasi Yamaha FZ-S FI dibanding Byson ada di mesin. Jantung mekanisnya ramah lingkungan, lantaran versi terbaru ini sudah pakai emisi BS VI yang setara Euro 6. Hal ini sesuai dengan standar gas buang kendaraan yang sudah berlaku di India.

Baca juga  Modifikasi Nmax Thailand Ala Raksasa Muay Thai

Sementara itu, soal konfigurasi mesin sebenarnya tidak beda dari Byson. Motor tersebut menggunakan kapasitas 149cc, satu silinder, berpendingin udara. Torsi yang dapat dihasilkan mencapai 13,6 Nm pada 5.500 rpm dan tenaga maksimal 12,4 PS pada 7.250 rpm. Padanannya adalah sistem transmisi 5-percepatan manual.

Usai mengetahui spesifikasi Yamaha FZ-S FI secara lengkap, bagaimana tanggapan kamu? Apakah motor ini cocok untuk menggantikan Byson di Tanah Air? Langsung saja tulis pendapat kamu di kolom komentar ya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru