Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Komparasi Toyota Yaris Cross vs Mitsubishi XForce : Hasil Tes Kenyamanan Sampai Fitur Yang Belum Anda Tahu

by Firdaus Ali
Komparasi Yaris Cross vs XForce

Berikut kami ulas komparasi Toyota Yaris Cross vs Mitsubishi XForce. Adapun dalam pembahasan kali ini kami akan spesifik menguji seluruh hal mulai dari perbandingan kenyamanan, desain, fitur, akomodasi penumpang, dan ASMR.

Bicara Mitsubishi XForce dan Toyota Yaris Cross sendiri, keduanya memiliki harga yang tidak jauh berbeda. Dua unit yang kami coba ialah Mitsubishi XForce Ultimate dijual Rp 419,1 juta sementara Toyota Yaris Cross S (bensin) berbanderol Rp 417 juta.

Dengan harga yang tidak berbeda jauh tersebut, tentunya kedua Compact SUV 5-penumpang itu juga punya kelebihan masing-masing dari sisi fitur, kenyamanan, akomodasi penumpang dan ASMR serta desain. Nah, biar tidak penasaran, berikut ulasannya.

Karakter Desain Yaris Cross dan XForce

Komparasi Yaris Cross vs XForce

Keduanya punya ciri khas dan karakter desain sendiri

Komparasi Yaris Cross vs XForce pertama dari sisi desain eksterior. Sebenarnya kalau berbicara desain kembali ke selera masing-masing.

Toyota Yaris Cross punya tampilan yang fresh dan modern. Bagian depan terlihat grill dengan motif honey comb kelir hitam yang dipadukan dengan desain lampu bergaya eagle eye serta desain bumper dengan berlekuk agresif.

Pada Yaris Cross bensin sudah pakai velg ukuran 18 inci dengan ban 215/55 R18. Hadir pula roof rail sebagai identitas sebuah SUV maskulin. Kemdian di bagian spion, hadir welcoming lamp yang akan menyambut ketika pemilik mobil ingin berkendara (utamanya di malam hari).

Baca juga  Bantingan Suspensi Mitsubishi XForce Empuk atau Keras? Ini Hasil Test Drive-nya

Sementara itu, desain dari Mitsubishi XForce terlihat lebih futuristik. Eksteriornya punya konsep silky dan solid dengan identitas desain New Generation Dynamic Shield, Futuristic T-Shape Headlight, Stylish Rear Combination Lights, dipadukan dengan velg 18 inci menghasilkan profil kuat dari sebuah autentik SUV, serta ban berprofil 225/50 R18.

Mitsubishi XForce Belum Dilengkapi Fitur ADAS

Komparasi Yaris Cross vs XForce

Yaris Cross S bensin sudah dilengkapi fitur TSS

Selanjutnya, pembahasan komparasi Yaris Cross vs XForce dari sisi kelengkapan fitur. Meski punya tampilan yang lebih futuristik, nyatanya XForce belum dilengkapi fitur ADAS. Berbeda dengan Yaris Cross yang sudah mengadopsi teknologi fitur Toyota Safety Sense (TSS).

TSS pada Yaris Cross meliputi Pre-Collision Warning & Pre-Collision Braking, Lane Departure Warning & Lane Departure Prevention, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Keeping Control, Automatic High Beam, Pedal Misoperation Control. Serta Panoramic View Monitor, Blind Spot Monitoring, Rear Cross-Traffic Alert, Hill Start Assist dan terakhir Vehicle Stability Control.

Namun begitu, meski belum memiliki ADAS, XForce juga suda dilengkapi fitur yang tidak dimiliki oleh Yaris Cross dalam hal bantingan mobil, yaitu fitur Active Yaw Control (AYC). Dimana fitur tersebut mampu mengatur roda depan kiri dan roda kanan bisa menyesuaikan bersama dengan kontrol traksi terkait tire skidding, kontrol mesin, dan kontrol power steering.

Baca juga  Meski Tanpa ADAS dan Panoramic Sunroof, Penjualan Mitsubishi XForce Moncer!

Selain AYC, XForce juga sudah dilengkapi Active Stability Control (ASC), Blind Spot Warning (BSW), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan fitur lain.

Kenyamanan Kabin Yaris Cross dan XForce Beda Tipis

komparasi yaris cross vs xforce

Kenyamanan kabin penumpang tidak beda jauh

Komparasi Yaris Cross vs XForce selanjutnya adalah dari sisi kenyamanan kabin penumpang. Dalam pengujian yang kami lakukan, keduanya sama-sama nyaman. Hanya saja ada sedikit perbedaan dibeberapa faktor.

Dari sisi kekedapan kabin, kami menguji keduanya dengan alat DBmeter. Hasilnya tidak berbeda jauh, Mitsubishi XForce catatan angkanya 71,9 db dan Toyota Yaris Cross di angka 72,2 db.

Berlanjut untuk kualitas jok, dari keduanya kami merasakan Yaris Cross kursinya lebih empuk. Kemudian material pembungkusnya juga berkualitas. Sehingga baik pengemudi maupun penumpang terasa nyaman.

Untuk Mitsubishi XForce punya kelebihan dilengkapi dengan sistem audio Dynamic Sound Yamaha Premium. Ini merupakan hasil kolaborasi semangat dan teknologi Mitsubishi Motors dengan Yamaha, melibatkan engineer Mitsubishi Motors dan Yamaha Sound Meister, menciptakan dynamic sound untuk sistem audio tingkat tinggi.

Sistem Audio Yamaha di XForce juga didukung dengan 8 speaker, terintegrasi dan 4 Preset Equalizer (Signature, Lively, Powerful, Relaxing) yang dapat disesuaikan dengan mood pengendara, serta fitur Speed Compensated Volume (SCV). Alhasil suara dari Dynamic Sound Yamaha Premium yang hadir di Xforce Ultimate ini sangat istimewa.

Baca juga  Harga Spesial Mitsubishi XForce di IIMS 2024, Buruan Merapat!

Akomodasi Penumpang dan Bagasi XForce dan Yaris Cross Cukup Lega

Komparasi Yaris Cross vs XForce

Kapasitas bagasi Yaris Cross lebih besar

Berbicara akomodasi penumpang dan bagasi, baik Yaris Cross dan XForce menghadirkan bagasi yang sama-sama lega.

Meski sebelum beranjak ke paling belakang, kami sudah mencoba langsung duduk di baris kedua Yaris Cross, leg roomnya tersisa 2 jari dari dengkul. Sementara untuk XForce legroom tersisa 4 jari. Namun begitu, untuk kapasitas bagasinya Yaris Cross lebih unggul yaitu 646 liter. Sementara untuk bagasi XForce 486 liter.

Sebagai informasi, Yaris Cross memiliki dimensi panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm dan tinggi 1.615 mm. Kemudian untuk dimensi XForce yaitu panjang 4.390 mm, lebar 1.810 mm dan tinggi 1.660 mm.

ASMR, Suara Tutup Pintu Yaris Cross Lebih Berisik

Komparasi Yaris Cross vs XForce

Suara pintu penumpang dan kap mesin Yaris Cross lebih berisik saat ditutup

Komparasi yaris Cross vs XForce terakhir adalah ASMR. Kami mencopa semua fungsi tombol di kedua mobil tersebut. Kemudian kami juga menguji suara saat pintu dibuka dan ditutup.

Hasilnya, suara pintu penumpang dan kap mesin saat ditutup Yaris Cross lebih berisik dibandingkan XForce. Kemudian juga untuk suara pintu bagasi saat dibuka, Yaris Cross lebih nyaring terdengar dibandingkan XForce yang lebih senyap.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika