Tips Merawat Motor Setelah Digunakan Mudik Jarak Jauh

Kebanyakan pemilik kendaraan melakukan perawatan dan persiapan pada saat akan melakukan perjalanan mudik Lebaran. Liat saja, menjelang lebaran banyak bengkel yang dipenuhi kendaraan roda dua maupun roda empat. Tak hanya melakukan service agar peforma kendaraan tetap stabil, tetapi para pemilik kendaraan juga melakukan pergantian part semisal ban dan komponen lainnya agar kondisi kendaraan saat digunakan mudik lebaran dalam kondisi yang prima.

Sayangnya, para pemilik kendaraan kebanyakan menyepelekan kendaraannya setelah mudik dan tidak melakukan perawatan atau bahkan pengecekan, padahal bisa saja kendaraan sipemilik kelelahan dan butuh perawatan dan service yang ekstra agar saat digunakan ke aktivitas seperti biasa tetap dalam kondisi prima. perawatan kendaraan setelah digunakan mudik lebaran sebanarnya tidaklah sulit, sama dengan perawatan normal yang biasa anda lakukan. Nah untuk sedikit membantu sobat moladin yang masih belum paham bagaimana tips merawat motor yang habis digunakan mudik lebaran jinny mau jelasin sebagai berikut :

1. Cuci bersih kendaraan

Washing the Pink motorcycle

Perawatan pertama adalah mencuci kendaraan baik roda dua atau roda empat dengan bersih dari ruang mesin hingga interior untuk kenyamanan pemakaian berikutnya.

 

2. Service dan ganti oli

Oli biasanya menjadi komponen yang paling sering diganti jika kendaraan ingin dipakai mudik , namun kebanyakan pengguna kendaraan ketika pulang mudik jarang mengganti dan menservice kendaraannya. maka menurut jinny sebaiknya dilakukan service mengganti cairan – cairan, spooring roda dan ganti oli supaya peforma kendaraan kalian tetap bagus. Jangan lupa pergantian oli sebisa mungkin setiap 5000 km sekali.

 

3. Periksa komponen rem dan kopling

Nah ini komponen yang harus diutamakan kondisinya ketika sehabis mudik. Perjalanan panjang dengan kecepatan tinggi dan diselingi dengan kondisi jalanan yang macet biasanya akan membuat kampas rem dan kopling jadi menipis. Nah , sebaiknya lakukan pergantian kampas rem dan kopling setelah mudik.

 

4. Lakukan spooring roda

 KAWASAKI H2R

Dalam perjalanan mudik memungkinkan saja anda menghantam lubang atau batu jalanan, nah aar kendaraan dapat digunakan dengan nyaman kalian harus melakukan spooring roda agar dapat menghetahui kondisi roda/velg yang kirta gunakan masih nyaman.

 

5. Lakukan tune up rutin

jika semua sudah dilakukan dan dicek secara menyeluruh, dan lakukan tune up rutin agar kondisi kendaraan kalian menjadi lebih fit lagi dan siap melakukan aktivitas seperti biasa.

Nah, tadi adalah tips merawat kendaraan setelah melakukan perjalanan jauh ( mudik lebaran ) menurut jinny sob. semoga bermanfaat dan membantu agar kondisi kendaraan kalian tetap fit.u

Share this!

One thought on “Tips Merawat Motor Setelah Digunakan Mudik Jarak Jauh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *