oleh

Chery Indonesia Siapkan Rival Wuling Almaz?

Chery Indonesia digadang-gadang akan kembali memasuki industri pasar otomotif. Hal ini terlihat dari munculnya akun Instagram @Cherymotorindonesia yang diduga sebagai akun resmi Chery di Indonesia.

Dari pantauan kami akun Chery Indonesia baru dibuat, dengan pertama kali postingan pada 7 Mei 2021. Adapun postingan perdana akun Chery Indonesia tersebut adalah sebuah SUV yang diduga merupakan generasi terbaru dari Tiggo.

Unggahan diposting dengan caption “Chery berkomitmen untuk menghadirkan, teknologi yang canggih dan pengalaman berkendara bagi pengguna Indonesia, bersama dalam menjelajah kegembiraan dalam kehidupan dan membuka harapan Indah di masa depan.”

Lantas apakah produsen mobil Chery akan kembali berjualan di Indonesia? 

Chery Sempat di Indonesia, Lalu Menghilang

Chery Indonesia
Chery Tiggo sempat masuk Indonesia

Chery, perusaan otomotif asal Tiongkok ini sebelumnya pernah hadir di Indonesia mulai tahun 2006. Saat itu Chery Indonesia di bawah asuhan PT Unicor Prima Motor.

Perusahaan tersebut merupakan joint-venture antara Chery Automobile Co. Ltd. dan PT Indomobil Group. Tetapi sejak 2016, Chery tidak terdaftar lagi sebagai anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Baca juga  BMW X7 Rakitan Indonesia Meluncur, Harga Lebih Murah!

Selama 10 tahun berkiprah di Indonesia, penjualan Chery juga melempem. Produk yang dipasarkan kebanyakan berbentuk mungil, sebut saja Chery QQ, Tiggo, dan lain-lain.

Tercatat dari data whole sales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), dalam tahun pertama, Chery hanya berhasil menjual 269 unit mobilnya di Indonesia.

Tahun kedua penjualan Chery meningkat mencapai 759 unit. Kemudian meningkat menjadi 853 unit di tahun berikutnya.

Penurunan penjualan Chery mulai terasa pada tahun 2009, penjualan Chery merosot menjadi 407 unit, dan naik sedikit pada 2010 menjadi 2010.

Penjualan Chery Indonesia kian anjlok setelah Indomobil melepas Chery dari jajaran produknya, salah satu dampaknya pada 2013 – 2015 menurut data Gaikindo yang kami dapati, tidak ada mobil Chery yang terjual saat itu.

Tiggo Terbaru Kemungkinan Jadi Senjata Pertama Chery Indonesia

Chery Indonesia
Chery Tiggo terbaru, kalau masuk Indonesia bakal jadi rival Wuling Almaz

Dari postingan Instagram tersebut, besar kemungkinan Tiggo terbaru akan menjadi peluru baru Chery di Indonesia.

Dilansir laman Rushlane, Chery Tiggo 2021 mengusung konfigurasi SUV 7-Seater. Jika hadir di Indonesia mobil ini akan turut bersaing dengan saudara satu negaranya Wuling Almaz.

Baca juga  Spesifikasi Toyota Land Cruiser 300 GR Sport, Varian Termahal

Di laman tersebut Tiggo dikatakan berbekal mesin 1.500 cc dengan tambahan turbocharger yang bisa menghasilkan tenaga 144 daya kuda serta torsi 210 Nm.

Mobil tersebut juga jauh lebih besar dibanding generasi sebelumnya yang beredar di Indonesia, dengan dimensi 4.7 meter, lebar 1.8 meter dan tinggi 1.7 meter.

Sistem pengereman di keempat roda berukuran 18 incinya sudah cakram. Di China sendiri unit ini ditawarkan dengan harga 99 ribu Yuan atau setara Rp219 juta.

Salah satu fitur unggulan Tiggo terbaru adalah sistem hiburan berukuran 10 inci, mirip-mirip dengan ukuran spesifikasi SUV modern kelas menengah saat ini.

Penasaran kan dengan Tiggo Indonesia, kita tunggu saja update informasi lengkapnya ya guys. Untuk mendapatkan artikel-artikel terbaru seputar otomotif, pantau terus Moladin.com.

Terbaru