Thursday, October 6, 2022

5 Kelebihan Kia Carens 2022, Hajar Innova Pakai Turbo!

by Firdaus Ali
Harga Kia Carens

Ada beberapa kelebihan Kia Carens 2022 dibanding para rivalnya seperti Toyota Innova. Salah satunya adalah bermesin turbo.

Hadirnya Kia Carens 2022 tentu menjadi angin segar di segmen mobil medium Multi Purpose Vehicle (MPV) 7-seater. Seperti diketahui, saat ini segmen tersebut dikuasai oleh beberapa merek saja, seperti Toyota Innova.

Kia Carens terbaru dihadirkan oleh PT Kreta Indo Artha dengan dua pilihan mesin. Ada mesin 4-silinder 1.5 liter yang dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan. Kemudian tersedia mesin bensin 4-silinder 1.4 liter turbocharged yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 7-percepatan DCT.

Nah, dalam pembahasan kali ini, kami akan mengerucut pada kelebihan Kia Carens 1.4 liter turbocharged. Biar semakin tidak penasaran, mari kita simak pembahasannya berikut ini.

1. Desain Eksterior Futuristik

Kelebihan Kia Carens 2022

Desain modern dan futuristik

Kelebihan Kia Carens 2022 yang pertama adalah pada tampilan desain eksterior yang futuristik. Dibandingkan dengan Toyota Innova, Carens terlihat lebih modern dan futuristik. Berbeda halnya dengan Toyota Innova yang tampilan eksteriornya tergolong masih konservatif.

Desain yang modern pada Kia Carens terbaru bisa dilihat dari ciri khas Tiger Nose Kia yang dikombinasikan dengan desain headlamp LED dan bumper yang telihat selaras. kemudian, pada bumper belakang diberi aksen krom dan reflektor dengan tampilan yang cukup kekar.

Baca juga  15 Jenis-jenis mobil di Indonesia & Pasaran Harga

Lalu pada bagian samping disematkan body cladding hitam, serta dipasangkan velg dual tone 16 inci. Secara dimensi, Kia Carens memiliki panjang 4.540 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.700 mm.

2. Tampilan Interior Elegan dan Modern

Kelebihan Kia Carens 2022

Interior Kia Carens 2022 tampil lebih elegan dan modern

Kelebihan Kia Carens 2022 selanjutnya adalah tampilan interior yang elegan dan modern. Pertama kita akan disuguhkan headunit layar sentuh berukuran 8 inci di bagian dasbor yang sudah terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android.

Kemudian, bangku baris kedua juga sudah captain seat, sehingga kesan mewah dan lega kental terasa. Tak hanya itu saja, Carens terbaru juga menyematkan bangku depan berventilasi serta sistem pengisian ulang baterai nirkabel. Selain itu, masih ada juga beberapa port pengisian daya Type C di semua baris.

Oh ya, Kia Carens baru juga memberikan kemudahan untuk penumpang masuk ke baris ketiga dengan one-touch E-tumble yang melipat kursi baris kedua sebelah kiri secara electric. Kemudian ada pula ambient light dengan mode pilihan 64 warna didalam kabin plus sunroof dengan tilt and slide mode.

Diantara beberapa kelebihan interior Carens yang ditawarkan, ada beberapa yang tidak dimiliki oleh Innova. Seperti sunroof dengan tilt and slide mode, pengaturan bangku baris kedua menggunakan one-touch E-tumble, serta pengisian daya Type C di semua baris.

Baca juga  Inilah Sosok MPV Wuling 9-Seater Bemesin Turbo

Untuk mendukung kenyamanan berkendara, Carens terbaru juga sudah menyediakan sistem audio premium buatan Bose dengan speaker 8 titik yang terbagi dibeberapa sudut kabin interior.

3. Fitur Lengkap dan Modern

Kelebihan Kia Carens 2022

Fitur cukup lengkap

Soal kelengkapan fitur, ini juga menjadi salah satu kelebihan Kia Carens terbaru dibanding Toyota Innova. Dimana Carens terbaru sudah menyediakan fitur enam buah airbag untuk menjamin keselamatan pengemudi dan seluruh penumpangnya.

Kemudian ada juga fitur paddle shift, ventilated front seat, smart keyless system with engine remote start, serta cruise control.

SOal keselamatan, Carens memiliki ESC (electronic stability control), VSM (vehicle stability management), BAS, HAC, DBC (Downhill Brake Control), All Wheels Disc Brake, Highline Tyre Pressure Monitoring System, ABS, serta Rear Parking Sensors.

4. Mesin Pakai Turbo

Kelebihan Kia Carens 2022

Mesin Kia Carens 1.4 Turbo

Jantung mekanis juga menjadi kelebihan Kia Carens terbaru. Mobil buatan Korea Selatan ini menggunakan mesin 4-silinder berkapasitas 1.400 cc turbocharged yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 7-percepatan DCT.

Di atas kertas memang kapasitas mesin Carens lebih kecil dibandingkan Toyota Innova yang mengusung mesin 2.000 cc. Namun begitu, performanya jauh lebih baik dari kompetitor. Ambil contoh untuk tenaga tembus 138 hp. Sementara untuk tenaga maksimum dari Toyota Innova hanya 137 hp.

Baca juga  5 Perbedaan Kia Sonet 7-Seater Vs 5-Seater, Jangan Keliru!

Tak hanya tenaga saja, torsi dari Carens juga terbukti lebih unggul dibanding Innova. Sebab, Carens terbaru sudah menggunakan teknologi turbocharged. Torsinya bisa menembus angka 242 Nm. Sementara untuk Toyota Innova, torsi puncaknya di angka 183 Nm.

5. Pilihan Warna Lebih Banyak

Kelebihan Kia Carens 2022

Kia Carens warna Intense Red

Kelebihan Kia Carens selanjutnya adalah pilihan warna lebih banyak jika dibandingkan dengan Toyota Innova. Adapun pilihan warna yang ditawarkan Kia Carens terbaru yaitu Aurora Black Pearl, Gravity Gray, Intense Red, Moss Brown, Pearl White, dan Sparkling Silver.

Sementara untuk Toyota Innova hanya tersedia dalam 4 pilihan warna. Yaitu Super White 2, Silver Metallic, Dark Gray Mica Metallic, dan Attitude Black.

6. Harga Kompetitif

Kelebihan Kia Carens 2022

Harga lebih kompetitif dibanding Innova Venturer

Selanjutnya, kelebihan dari Kia Carens terbaru adalah dari sisi harga jualnya. Yaitu mulai dari Rp ulai dari Rp 389 juta untuk varian 1.5LMPI – Premiere (7-seater) dan Rp 449 juta untuk varian 1.4 Turbo – Premiere (6-seater).

Jika Carens 1.4 Turbo dibandingkan dengan Innova varian tertingginya (Venturer) yang dibanderol Rp 494,4 juta, jelas harga Carens baru lebih ramah dikantong. Sebagaimana diketahui, keduanya merupakan varian tertinggi dari masing-masing pabrikannya.

Moladiners, itulah ulasan mengenai beberapa kelebihan Kia Carens 2022. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika