by

5 Masalah yang Timbul Akibat Piston Motor Rusak

Piston merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi berlangsungnya kinerja sebuah mesin kendaraan bermotor. Tanpa piston, sebuah kendaraan tidak akan bisa dihidupkan. Bahkan jika piston motor rusak, kendaraan bisa mogok sewaktu-waktu.

Tugas piston dalam kinerja sebuah mesin sangat vital, diantaranya adalah mengatur volume silinder, menghisap udara ke dalam silinder, mengompres material dalam silinder, mengubah daya ekspansi pembakaran menjadi gerakan energi mekanik serta mendorong gas sisa pembakaran keluar, seperti dikutip dari laman resmi astramotor.co.id.

Oleh karenanya, untuk menghindari piston motor rusak, perawatan yang paling mudah untuk menjaga kondisi piston tetap bagus adalah dengan rajin mengganti oli mesin secara berkala.

Nah, bagaimana jika piston mengalami masalah atau rusak, masalah apa yang akan sering muncul?

Kerusakan yang muncul akibat piston bermasalah

piston motor rusak
Jangan biarkan piston motor rusak, karena membuat motor kamu jadi tidak enak dipakai

1. Muncul asap putih dari knalpot

Efek piston motor rusak umumnya akan mengeluarkan asap putih dalam kuantitas yang cukup banyak. Hal ini disebabkan oleh ring piston yang sudah aus dan harus segera diganti.

Baca juga  7 Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas, Waspadalah!

2. Oli motor cepat habis

Ketika knalpot mengeluarkan asap putih dengan intensitas banyak, baiknya sepeda motor segera dibawa ke bengkel resmi atau bengkel langganan.

Sebab, jika motor terus dipaksakan imbasnya oli mesin akan cepat habis dan bisa mengakibatkan komponen lain juga mengalami kerusakan.

3. Mesin susah dinyalakan

Jika mesin motor susah dinyalakan atau sudah sering mogok, bisa jadi itu pertanda piston motor rusak.

Mesin motor susah dihidupkan merupakan imbas rentetan dari menipisnya volume oli di dalam mesin serta masalah pada setang seher. Akibatnya kinerja piston menjadi terhambat dan tidak optimal.

Jika hal tersebut diabaikan terlalu lama, efeknya kepala piston bisa pecah dan motor akan mati total.

4. Suara mesin terdengar kasar

Munculnya suara kasar dari mesin merupakan indikasi terjadi kerusakan di dalam komponen mesin, yaitu piston.

Biasanya kerusakan piston awalnya disebabkan oleh rusaknya setang seher. Nah, akibat kerusakan dua komponen tersebut munculah suara gesekan yang terdengar kasar saat mesin dinyalakan atau saat tuas gas diputar.

Baca juga  5 Jenis Busi Motor Terbaik, Awas Salah Pilih!

5. Performa mesin menurun

Nah, masalah yang satu ini merupakan salah satu indikator yang mudah dirasakan jika piston motor rusak. Yup, performa mesin tentunya akan menurun jika piston tidak dalam kondisi normal.

Tarikan motor akan terasa berat, karena piston berkaitan erat dengan proses pembakaran. Maka jika komponen piston ini bermasalah tentunya akan mempengaruhi keseluruhan hasil pembakaran serta kinerja baik piston itu sendiri serta komponen mesin lainnya.

“Fungsi piston sangat berpengaruh pada kinerja sebuah mesin motor, layaknya jantung mesin. Jadi jika piston bermasalah, otomatis kinerja mesin dan performa motor akan menurun karena proses pembakaran tidak sempurna,” ucap Argo selaku Kepala Mekanik Gator.

Moladiners, jika kuda besi kalian mengalami hal serupa seperti penjelasan di atas, segera bawa sepeda motor kesayangannya ke bengkel resmi atau bengkel langganan untuk dicek agar kerusakan tidak merembet ke komponen lainnya.

Pantau terus Moladin.com untuk mendapatkan informasi seputar otomotif yang menarik.

Terbaru