by

5 Modifikasi Motor Legenda dan Astrea Grand Terunik

Modifikasi Motor Legenda – Siapa yang masih kenal Astrea Legenda dan Grand? Kalau kamu tidak tahu, percayalah kedua motor tersebut punya tingkat kepopuleran setara Honda Beat.

Hanya saja, itu terjadi pada dua puluh tahun lalu. Generasi 1990-an pasti paham. Astrea Grand dan Legenda merupakan motor bebek Honda yang punya basis sama. Desainnya pun serupa. Cuma kelahirannya pada tahun berbeda.

Astrea Grand meluncur pada 1991. Sementara Astrea Legenda hadir pada 2000an. Bisa dibilang Legenda merupakan Astrea Grand yang lahir kembali.

Reinkarnasi tersebut diciptakan untuk melawan gempuran produk-produk asal China. Alhasil Astrea Legenda sukses, bahkan sampai hadir versi facelift (Legenda 2).

Meski kini jadi motor tua, belum berarti harus purnabakti. Sejumlah hasil modifikasi motor Legenda dan Astrea Grand masih bisa kita lihat di jalanan. Tampilannya pun unik-unik.

Buat kamu yang penasaran dengan modifikasi motor Legenda dan Grand, simak bahasan berikut:

Modifikasi Motor legenda atau Restorasi?

restorasi motor legenda
Banyak klub motor bebek restorasi yang bisa dijadikan sumber referensi

Sebenarnya untuk motor tua seperti ini, ada dua aliran besar. Restorasi atau modifikasi? Kalau restorasi berarti mengembalikannya ke kondisi seperti sedia kala. Jadi, bukan sekadar motor bisa diajak berkendara.

Baca Juga: 7 Motor Matik Retro Yang Mirip Vespa.

Biaya yang dihabiskan restorasi juga tidak sedikit, sampai puluhan juta. Mencari komponen aslinya pun tidak mudah. Kamu wajib rajin-rajin mengikuti komunitas online dan offline.

Tentunya untuk restorasi Astrea Legenda dan Grand dibutuhkan kesabaran lebih. Salah satu gaya restorasi yang cukup populer adalah motor tukang pos. 

Restorasi Astrea Legenda dan Grand Pak Pos

modifikasi motor legenda
Astrea Legenda dan Grand pernah digunakan sebagai kendaraan operasional PT Pos Indonesia

Bagaimana tidak? Zaman dulu, pengataran surat dari PT Pos Indonesia dilakukan dengan kendaraan operasional Astrea Grand dan Legenda. Bisa jadi lantaran itulah, keduanya begitu populer.

Baca juga  Spesifikasi Lengkap Royal Alloy GP 150 4V di Indonesia

Saat ini banyak yang menginginkan tampilan motor Legenda dan Astrea Grand miliknya direstorasi layaknya milik Pak Pos. Tentu tidak mudah.

Salah satunya dari sisi pewarnaan bodi, wajib pakai balutan cat oranye. Kemudian ada logo pak pos dan sebagainya. Itu baru tampilan, motor restorasi juga wajib mengembalikan seluruh komponen seperti semula.

Ambil contoh panel instrumen, sistem pencahayaan, dan lain-lain wajib aktif. Motor juga perlu dipakaikan tutup rantai, seperti aslinya. Pastinya perlu kesabaran ekstra sampai semuanya bisa terwujud.

Keunggulan Motor Astrea Legenda dan Grand

modifikasi motor legenda 002
Astrea Grand dan Legenda punya banyak keunggulan, lantaran itu banyak dicari

Banyak yang memburu motor bebek ini, meski usianya sudah tua. Alasannya karena Astrea Legenda dan Grand memiliki banyak keunggulan. Mulai dari mesin bandel, konsumsi bahan bakar irit, dan sparepart mudah dicari.

Tidak ketinggalan, gaya motor bebek membuat keduanya mudah ditunggangi. Jadi ketika direstorasi atau modifikasi, kuda besi tersebut masih sangat nyaman untuk diajak berkendara di jalan raya.

Buat kamu yang mau tahu lebih detail soal keunggulan motor Astrea Legenda dan Grand, cek daftar berikut:

Mesin Irit

Ada perumpamaan kalau Honda Astrea Grand diisi full tank, bisa sampai ke Mekkah. Ini memang cuma candaan, tapi setidaknya menggambarkan betapa iritnya motor bebek tersebut.

Tidak hanya irit, tapi juga bandel. Buktinya sampai sekarang, masih banyak Honda Astrea Grand dan Legenda yang masih layak jalan, walau tidak banyak diganti komponen mesinnya.

Sparepart Mudah Dicari

Meski sudah lawas, namun sparepart kedua motor tersebut sangat mudah didapatkan. Entah itu lewa toko online atau di bengkel-bengkel pinggir jalan. Beberapa komponen bahkan bisa kanibal dengan motor Honda lain.

Baca juga  Modifikasi Honda ADV 150 Monoshock Ala X-ADV, Modal Rp6 Jutaan!

Jumlah komponen KW dari Astrea Legenda dan Grand pun masih banyak beredar. 

Baca juga:

Inspirasi Modifikasi Motor Legenda dan Astrea Grand

modifikasi motor legenda
Banyak gaya modifikasi yang bisa diaplikasikan ke motor bebek ini

Kalau kamu merasa tidak cocok dengan restorasi, modifikasi motor Legenda mungkin lebih pas. Kenapa? Dalam modifikasi, semuanya bisa disesuaikan dengan keinginan kamu.

Artinya tidak perlu menggunakan komponen asli atau mengembalikan wujud sejati motor. Dunia modifikasi bahkan membiarkan kamu sebebas mungkin berkresasi.

Penggunaan Honda Astrea Legenda dan Grand sebagai bahan modifikasi juga sudah tepat. Salah satu alasannya, mesin kedua motor ini cukup bandel. Di samping itu, mencari suku cadangnya pun terbilang mudah.

Jika kamu ingin modifikasi motor Legenda dan Grand, ini beberapa inspirasinya:

1. Street Cub

modifikasi motor legenda
Gaya Street Cub

Gaya street cub paling konvensional untuk modifikasi motor Legenda dan Astrea Grand. Ciri khasnya pakai ban lebar, kemudian setang telanjang dengan ketinggian lebih rendah dari standar.

Modifikasi ini bisa dikatakan tidak sulit, namun terlihat istimewa. Selain ban lebar dan setang telanjang, ubahan utamanya paling lampu dan potong bodi belakang. Sepatbor depan dan belakang juga ikut ditanggalkan.

Kalau kamu street cub yang heboh juga bisa. Misal dengan mengganti suspensi depan agar terlihat lebih retro, pakai punya Astrea 700. Kemudian sayap bodi diganti punya C70. 

2. Thailook

Astrea legenda Thailook 001
Gaya Thailook heboh dan warna-warni

Modifikasi motor Legenda dan Astrea Grand jenis Thailook lebih mudah lagi. Kamu cukup ganti ban ukuran kecil, motor diceperkan, dan cat bodi warna-warni. Itu sudah masuk kategori Thailook.

Hanya saja sebagai modifikator tentu punya personalisasi. Biasanya motor bebek Thailook ala Sultan menggunakan komponen ekstra mahal. Sebut saja suspensi Ohlins, rem Brembo, dan lain-lain.

Baca juga  5 Ide Modifikasi Aerox 155, Dijamin Beda!

Satu yang penting dari modifikasi Thailook, kamu wajib perhatikan keselamatan berkendara. Pasalnya motor dengan ban kecil dan ceper, bisa menimbulkan masalah tersendiri di jalan.

Contoh pergerakan motor jadi kurang nyaman, lantaran licin. Kemudian bodi bawah sering bersinggungan dengan aspal.

3. Low Rider

Astrea Grand Lowrider 001
Tampilannya telanjang seperti sepeda low rider

Modifikasi low rider mengambil basik dari sepeda. Ciri khasnya penggunaan bodi telanjang, tanpa kover. Kemudian joknya juga rendah dan single seater. Pelek pun dipertahankan pakai jari-jari agar kesan sepeda lebih tampak.

Dengan tampilan sederhana, modifikasi ala low rider justru terlihat istimewa. Kemudian detail cat juga perlu diperhatikn supaya tidak terkesan murahan.

4. Cafe Racer

astrea grand cafe racer
Ciri khas cade racer ada di penggunaan setang bengkok dan jok single seater

Motor cafe racer menggunakan jok single seater dengan bagian belakang layaknya ekor tawon. Jok tersebut membulat di buritannya. Lalu setang pakai gaya jepit yang mengharuskan pengendara agak menunduk.

Saat dipakai berkendara, kamu bakal merasa seperti sedang berada di sirkuit. Tertarik melakukan modifikasi motor Legenda seperti ini?

5. Retro Merupakan Opsi Modifikasi Motor Legenda dan Astrea Grand yang Banyak Dipakai

modifikasi motor legenda
Astrea Legenda dan Grand sering dimodifikasi jadi C70

Kamu ingin tampilan retro yang lebih kental. Bisa pasangkan berbagai komponen Honda C70 di Astrea Legenda atau Grand. Paling penting adalah lampu bulat, setang melengkung, dan kover aki.

Setidaknya komponen-komponen tersebut membuat modifikasi motor Legenda kamu benar-benar berubah retro. Mesin tetap dipertahankan, karena diklaim lebih bertenaga dibanding C70. Alhasil masih nyaman untuk dipakai berkendara di jalan raya.

Jika kamu ingin mencari Motor Bekas yang berkualitas, kamu bisa juga cek di Moladin!

Terbaru